Balada Mahasiswa #10

SKRIPSI AKSELERASI

Saya ngobrol dengan seorang teman saya yang beda jurusan, dari obrolan hal-hal ringan, dan akhirnya menuju ke suatu hal yang menjadi momok bagi sebagian mahasiswa. :mrgreen:  Teman saya ini seangkatan dengan saya, angkatan 2006, dan belum lulus hingga saat ini.

Teman: “Sop, lu pas SMA dulu aksel, ‘kan?”
Saya    : “Iye…”
Teman: “Gue penasaran… SMA ada percepatan, buat Tugas Akhir ada program percepatan juga gak yah….?”
Saya    : “…….”
Teman: “Gue berasa tua, Sop, di tengah-tengah anak baru yang seger-seger dan bening-bening gini…”

(Eaaaaaaa kalo gitu segera selesaikan TA elu, dong… 😀 )

Seandainya benar-benar bisa di-aksel-kan… :mrgreen:

******

Seri Balada Mahasiswa terdahulu:
Balada Mahasiswa #1 Balada Mahasiswa #2
Balada Mahasiswa #3 Balada Mahasiswa #4
Balada Mahasiswa #5 Balada Mahasiswa #6
Balada Mahasiswa #7 Balada Mahasiswa #8
Balada Mahasiswa #9

———————————————————————————————————————————————————–

Gambar di atas diambil dari sini. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

174 Comments

  1. Wah, kita seangkatan ternyata, aku juga dulu angkatan 2006 waktu S1 😀

    Ah, di perkuliahan juga jelas ada akselerasi dong: yaitu kuliah dengan giat dan ngambil > 22 sks melulu setiap semester dan semuanya lulus, hahaha 🙂 Malah kalau niat, semua mahasiswa juga sebenarnya bisa ngambil akselerasi ini, hahaha 😀

    Reply

    1. Dan juga ada semester pendek yg bisa diikuti kan yak biar cepet habis sksnya.. mungkin karena si asop ini kemudaan zil.. jadi dia tetep harus ikut temen angkatan sbnrnya (2008) yg lulusnya 2012.. iya gak sop? :p *kaburrr lagi*

      Reply

    2. Iya Bang, kita seangkatan tapi kita beda dua tahun dalam umur, Bang. 🙂
      Abang hebat deh, sekarang malah udah melanglang buana ke luar negeri untuk sekolah…

      Iya, memang tinggal keinginan si mahasiswa aja ya…

      Reply

  2. ngakak bacanya
    kalo di kuliah mah akselerasinya adalah rajin belajar dan berdoa 😀
    kakak kelasku ada yang 3,5 kuliah tuh, dapat apa yah? sebentar doang kayak gitu 😀

    Reply

    1. Nah, itu dia John, masing2 orang punya jalan hidup masing2, itu yang aku pikirkan. 🙂
      Jadi, tak masalah orang lain mau lulus berapa lama. Pokoknya jalani hidup ini dan yakini bahwa yang kita jalani saat ini adalah yang terbaik.

      Reply

    1. Walah, kenapa semua berpikir saya belum lulus? 😕
      Apakah perihal kelulusan harus ditampilkan di blog dan digembar-gemborkan via status dan profpic facebook? 😦

      Reply

      1. Sabar sop. Lakon menang keri. Coba dulu aku lulus tepat waktu (instead of 10 semesters), rasa2nya gak bakal ngajar disini dan ketemu calon Suami, hehehe. Tiap orang jalan dan rejekinya berbeda-beda.

        Reply

    1. ….saya gagal dalam target lulus. Nanti saya wisuda umur saya bakalan udah 22 tahun, jauh dari target saya lulus di umur 20 tahun. 🙂

      Reply

  3. Saya nggak pernah akselerasi… karena otak nggak mencukupi 😛 Tambah dengan saya masuk kuliah telat setahun… berasa tuaaa banget di kelas :mrgreen:

    Reply

    1. Seru dong. Menurut saya masa paling indah itu ya kuliah, bukan SMA. 🙂

      Seru, ketemu banyak orang baru, ketemu orang dengan minat yang sama, ketemu orang dengan pola pikir yang berbeda, ketemu orang sebagai teman berdebat yang tak kunjung usai… waaaah buanyak lah. 😀

      Reply

  4. hahahaa
    ngomong2 soal skripsi..
    skripsi selalu menjadi hal yang horor bagi kebanyakan mahasiswa yang belum ngejalaninnya padahal gag ngerti jg ngerinya kek gimana :D*termasuk saya

    Reply

    1. Iya, saya aksel. Saya pikir kamu udah tahu. Di bagian “Tentang Saia…” udah saya jelasin ‘kan… 😀

      Per semester 8 bulan? Maksudnya per kelas alias 2 semester? :mrgreen:

      Saya dulu SMAN 5 Surabaya, bukan SMA 3. 😆

      Reply

  5. wakakaka, ini juga sindiran untuk ane, mahasiswa veteran lum lulus :D. mungkin klo ada bimbingan untuk “keluar” dari kampus, banyak yg minat.bukan hanya bimbingan masuk kampus yg selama ini ada hehehe

    Reply

  6. biasanya senior yang bijak yang semakin lama di kampus semakin memoles kebijakannya akan menjawab seperti ini “Lulus itu bukan masalah tepat waktu tapi pada waktu yang tepat” 😛 waktu yang tepatnya suka2 dia 😀

    Reply

  7. oh Asop angkatan 2006 toh, beda satu angkatan donk kita *serasa muda kembali*
    hihhihi, temennya ada-ada aja sih, TA kok di Aksel.
    kenapa dulu waktu kuliahnya gak diaksel aja yah 😀

    Reply

  8. jadi gimana ini soal perkuliahan ?
    apakah akan terus jadi masiwa senior ?

    enak sop lama jadi masiwa senior tuh,, kaya sayah dulu di kampus.. bisa mengintimidasi yang baru2,, tiap hari kalo nyampur sama yang baru biasanya kopi + rokok mah ga usah beli. asal modal ngobrol doank.
    hwehehehe

    Reply

  9. hahai. dah lama nggak maen k blog mas asop. Piye kabare mas?

    Aku juga baru memasuki dunia mahasiswa ujung tanduk nih mas. kemaren baru aja kuliah terakhir bareng temen-temen seangkatan. Mulai hari ini, semua pada misah…

    Reply

  10. teman saya ada yang aksel. ugh, kasian, anaknya masih pengen main, udah digempur badai perkuliahan yang kenceng banget. tugas bejibun. akhirnya dia terlambat dikit dari lain-lainnya. saya bilang aja, gapapa, percuma ngebut lulus kalau begitu lulus kamu belum cukup dewasa buat kerja. jangan maksain diri kaya kemaren2 pas smp dan sma. aksel semua dia. kasihan deh. saya kelahiran 89, dia 92.

    Reply

    1. Iya, itulah efek samping dari kelas aksel. Apalagi kalo SD-nya aksel (cuma lima tahun), SMP juga aksel, SMA-nya ikut aksel pula. Ck ck ck, pas kuliah umurnya berapa ya…
      Akibatnya, pola pikirnya tidak sejalan dengan teman2 seangkatannya. Pikirannya masih anak2, teman2 lain sudah dewasa. Bahkan lebih parahnya lagi, dengan umur yang belum mencukupi, si anak dipaksa untuk berpikir dengan jalan pikirorang dewasa. Dewasa sebelum waktunya. Ya susah banget… 😦

      Reply

  11. Ibarat bertani. Kuliah itu dalam tahap bertanam. Entar habis lulus, baru terasa ketagangan yang sesugguhnya (kata “ketegangan” digunakan dengan tidak tepat – efek sering nonton film thriller). Setelah lulus, kita baru muncul di permukaan, kita harus merawat dan menjaga dari serangan hama. Hidup penuh tantangan yang sesungguhnya adalah ketika kita menapaki dunia setelah lulus universitas/perguruan tinggi.

    Reply

  12. emg jurusn ape bang ? hahaa , smangat yahh . kuliah itu yg pnting proses , bukn hasil 😀
    itu sodara saya di PTS , angkatan 2007 , beli skripsi dari dosen . kenapa ga kuliahnya aja skalian minta di TA-in dosen >< !?
    #sensi hehee

    Reply

    1. Beli skripsi? 😯
      Itu maksudnya mbayar gitu, pake uang? 😯

      Kok bisa ya? Biasanya itu bukan beli skripsi, tapi minta topik skripsi ke dosen. Ck ck ck…. 😦

      Reply

  13. Tunggu dulu.. apa hubungannya akselerasi TA sama “minder” di angkatan baru? kalo temen asop TAnya emang udah waktunya kan? ato angkatan baru yang mau diakselerasi TAnya? bingung 😦

    Reply

  14. kalo rektornya blogger mungkin bisa mas katanya rektornya kami bisa syarat akselerasinya . Bikin arikel di posting ke blog dengan menulis 50 artikel bebas. Temanya apa saja sesuai nurani

    Reply

    1. Sial, saya kadang iri dengan mahasiswa baru. :mrgreen:
      saran saya, nikmatilah sebaik-baiknya hari2mu sebelum masuk tingkat akhir.
      Nikmati gejolak pertemanan dan cinta. Nikmati berkegiatan di unit kegiatan mahasiswa. Nikmati berkegiatan di organisasi kemahasiswaan. Jadikan masa kuliah sebagai masa terbaik dan paling menyenangkan seumur hidup. 🙂

      Reply

  15. waah Mas Asop SMA-nya aksel? Kereeen! 😀
    Kalo becandaan temen saya yang ngambil aksel sih katanya biar punya tabungan waktu buat jaga-jaga kalau telat lulus pas kuliah :mrgreen:

    Reply

    1. Astagaaaaa emangnya di jurusan Elektro dan Mesin? 😀

      Di kampus saya, jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, Pertambangan, dan Perminyakan, kalo bisa lulus empat tahun dianggap dewa. Kutu buku. Lulus lima tahun dianggap normal, dan enam tahun pas dianggap dianggap wajar. 😀

      Reply

    1. Waduh, jangan takut duluan dong. 😀
      Banyak faktor yang mempengaruhi. Kalo banyak orang lain bisa lulus empat tahun pas, kenapa kita gak bisa? Gitu aja mikirnya. ;)(

      Reply

  16. hehheheh TA, skripsi or whatever its name, emang jadi hal yg ditakuti (eh apa dimusuhi) ama mahasiswa ya?? xixix
    ayooo moga TA temannya cepat beres. dirimu udh beres kan Sop??

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s