07
Jan
12

Hari-hariku Tanpa Kopi

Hitam.
Pekat.
Asam.
Nikmat.
Tanpa gula.

******

Apalagi kalau bukan kopi. 😐

Dunia terasa hampa tanpa seruputan kopi. :mrgreen:  *halah lebay* 

Saya nggak lebay, saya udah sejak bulan desember nggak minum kopi.

hari tanpa kopi terasa hampa

Jadi ceritanya, pertengahan bulan desember tahun lalu, maag saya mendadak kambuh. Entah apa yang memicunya, tiba-tiba perut saya terasa nggak enak, terasa agak kembung, dan anehnya, tak bisa merasakan lapar. Puncaknya, saya merasa nggak enak badan, demam. Tepat tanggal 21 desember setelah saya ke dokter, saya tahu bahwa maag saya kambuh, maag yang terakhir kali saya alami saat SMA. 😐  Padahal jadwal makan saya teratur, lho. Sehari saya bisa makan antara 4-5 kali, tapi dengan porsi kecil.

Ternyata, lambung saya terluka karena kebiasaan setiap pagi saya minum kopi saat perut kosong. 😦  Ya, habis bangun tidur saya minum air putih, setelah itu saya makan pisang (kalau ada) dan dilanjut minum kopi. Kopinya kopi tubruk. Lambung kosong, dituangi kopi, ya jelas dinding lambung teriritasi. Rutinitas ini sudah berlangsung selama lebih dari setengah bulan dimulai sejak tahun 2011.

Dan kebodohan pun terjadi, tanggal 28 masih di bulan yang sama, saya makan banyak sekali lobak. Ya, sayur lobak yang warna putih itu. Saya mengonsumsinya saat makan Soto Bandung. *makanan kesukaan saya*  Saat itu saya nggak tahu bahwa lobak menghasilkan gas di lambung. Makanan penghasil gas semacam itulah (seperti kubis dan kembang kol) yang seharusnya menjadi pantangan sementara saya. Saya hanya tahu kubis dan kembang kol sebagai makanan penghasil gas. 😦

Kurangnya pengetahuan itulah yang membuat saya riang gembira memakan banyak sekali lobak. Alhasil, malam di hari yang sama, saya terkapar dalam demam kembali.

Peringatan!

Saya ingatkan, bagi narablog dan pembaca sekalian yang punya maag akut atau maag-nya sedang kambuh, kopi dan teh adalah pantangan. Jangan minum minuman dingin, jangan makan makanan pedas, makanan yang ber-vetsin atau ber-MSG, mi instan, gorengan, dan sayuran yang menghasilkan gas seperti lobak, ubi-ubian, kubis, dan kembang kol. Bahkan kata sang dokter kacang merah juga jangan.

Semoga narablog dan pembaca sekalian sudah tahu, dan semoga kalian semua dalam keadaan sehat. Aamiin! 🙂

…Dan saya amat merindukan secangkir kopi.

Pesan saya, mari jaga kesehatan organ pencernaan kita masing-masing!

———————————————————————————————————————————————————–

Gambar di atas adalah buatan saya. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

205 Responses to “Hari-hariku Tanpa Kopi”


  1. 7 January 2012 at 12:03

    gua sih gak terlalu suka kopi sop…. 😀

    • 7 January 2012 at 19:36

      Mas Arman selamat. 😆

      • 3 Abed Saragih
        14 January 2012 at 17:39

        Kopi memang membuat sesuatu yang gelap menjadi terang 🙂

        Mas bro konfirmasi blog disave.wordpress pindah ke http://www.disave.blogspot.com

        link mas juga udah saya pasang.

        Terima kasih.

        Salam Persahabatan.

  2. 7 January 2012 at 12:17

    I get cranky when someone disturbing me when I’m enjoying morning coffee 😀 …

    saya juga sekarang engga bisa kalau engga minum kupi di pagi hari … tapi mmm … itu emang bener kalau engga merasakan lapar itu penyakit yang berhubungan dengan lambung?

    • 7 January 2012 at 19:34

      Iya, Bang, ‘kan yang jadi penentu lapar atau nggak di lambung, bukan di usus.
      Jadi, kalau lambung luka, dia bakal menghasilkan gas berlebih (dari asam lambung). Perut terasa kembung, dan saya rasa akibat itulah perut terasa terisi terus. Bukan terisi oleh makanan, tapi oleh gas.

  3. 7 January 2012 at 12:19

    get well soon …

    biar bisa mencicipi kupi di pagi hari 😀

    • 7 January 2012 at 19:31

      Makasih doanya, Bang!

  4. 7 January 2012 at 12:21

    aku sedang minum kopi ni Sop..
    Mau?? :mrgreen:

    • 7 January 2012 at 19:31

      Mau sih… kalo bisa di-email-kan.

  5. 7 January 2012 at 12:24

    waaah.. tks infonya yah bro…

  6. 7 January 2012 at 12:30

    mungkin penyakit memang tidak bisa diajak musyawarah ya, datang seenaknya tanpa mau dijadwal. Memang gak enak sekali kalau ada kopi tapi dilarang minum … huhuhuhuhu

    • 7 January 2012 at 19:30

      Iya, Om Mandor…

  7. 7 January 2012 at 12:34

    TOS niih,, nay juga udah lama gak berani deket2 ma kopi gara2 maag, sekarang udah sembuh kan mas Sop 🙂 met aktfitas ye

    • 7 January 2012 at 19:29

      Belom… masih ada obatnya.

  8. 7 January 2012 at 12:36

    aku jarang minum kopi, soalnya mudah bikin aku ke belakang :mrgreen:

    • 7 January 2012 at 19:28

      Yap, itu memang benar, kopi bersifat deuretik.

  9. 7 January 2012 at 12:44

    saya suka (banget) kopi, tapi membiasakan diri untuk tidak terbiasa
    *ribet banget kata2 gw*

    ya saya juga punya maag soalnya
    tapi yang bikin kumat sebenernya gara2 lupa makan >_<
    (kok bisa gemuk ya)

    • 7 January 2012 at 19:26

      Haha, gak ada hubungannya antara punya maag dan gak bisa gemuk.
      Orang maag ‘kan bisa aja makan banyak. :mrgreen:

  10. 19 bella sirait
    7 January 2012 at 12:50

    Jauuh2 dah maag, bisa pengsan aku klo ga boleh ngopi…bru tau klo kacang merah bergas tinggi, thanks infonya sop…cpt smbuh dan bisa nyerumput kopi lagi…*slruuuup

    • 7 January 2012 at 19:20

      Aamiin! Makasih doanya, saya ingin minum kopi lagiiiiii

  11. 7 January 2012 at 13:26

    Ayo Mas, bawa sini persediaan kopinya :D.

    • 7 January 2012 at 19:15

      Hahaha malah saya yang mau minta dibelikan kopi bali.

  12. 7 January 2012 at 14:05

    Wah sayang sekali ngga bisa minum kopi. Sekarang sudah sembuh kan, mas? Semoga lekas sembuh ya…

    BTW, saya baru tahu kalau teh juga jadi pantangan kalau sedang sakit maag. Trims infonya.

    Salam

    • 7 January 2012 at 19:13

      Belum… Obatnya masih ada.
      Makanya nih saya sampe sekarang belum bisa minum kopi.

  13. 7 January 2012 at 14:14

    Kopi memang salah satu pemicu sensasi kembung/begap bagi yg punya maag. Saya siasati jgn sampai perut kosong pd saat minum kopi. Dan banyak2 minum air putih hangat .

    • 7 January 2012 at 19:13

      Iya, memang seharusnya minum kopi jangan dengan perut kosong…

  14. 7 January 2012 at 14:23

    wih parah banget kayaknya, samapi gak bisa merasakan lapar.

    • 7 January 2012 at 19:03

      IYa, kalo udah parah lambung pun bisa berontak. 😦

  15. 7 January 2012 at 14:26

    saya juga mag dan memang gak suka kopi 😀

    • 7 January 2012 at 19:43

      Alin termasuk kategori beruntung, tak mengenal kopi. 😆

  16. 7 January 2012 at 14:31

    peringatan bagi saya yang suka sarapaan jam 12 siang :mrgreen:
    sebenarnya saya mau berubah, tapi kok ya susahh 😦

    • 7 January 2012 at 19:42

      Hah? 😯
      Mas Ari makan siang jam berapa? 😆

      • 8 January 2012 at 15:57

        makan siang ya seingetnya.. 😀
        kadang-kadang jam 9 baru makan siang.. haha..

  17. 7 January 2012 at 14:39

    terima kasih pesannya ya, saya ada maag tapi tidak akut

    • 7 January 2012 at 19:42

      Jangan sampai menjadi akut, Mbak. 😐

  18. 7 January 2012 at 14:52

    duhhh ksian bang asop,,, huhuuuuu *nyodor2in kopi* 😆

    • 7 January 2012 at 19:41

      Jangan gitu ah, nanti saya sakit lagi. 😐

  19. 38 kira
    7 January 2012 at 15:03

    waaahhh,, gimana neh, tiap pagi ngopi tuuhh nikmmmaaaaaaaaaattt banget.. hahahaha
    cepet sembuh lah, ayo ngopi bareng. 🙂

    • 7 January 2012 at 19:40

      Tawaran ngopi bareng saya terima. 😆

  20. 7 January 2012 at 15:08

    alhamdulillah yah.. aku gag punya penyakit maag, punyanya amandel. itu juga mesti ngehindarin beberapa yang disebutin di atas. awalnya memang berat, rindu setengah mati, tapi lama-lama jadi biasa loh, Bang 🙂

    • 7 January 2012 at 19:39

      Yoi, saya juga udah mulai menjaga pola makan saya. Saya sangat pilih2 makanan. Mau tahu apa makanan yang saya hindari? Lihat posting-an ini atau yang ini. 🙂
      Efeknya memang sangat terasa. Tubuh terasa lebih enak. 🙂

  21. 7 January 2012 at 15:11

    wah kopinya kelas beras, sampe kayak aspal…
    kata temen, kopiku kopi kelas bayi… hhh… lah segelas paling kopinya cuman setengah sendok…

    • 7 January 2012 at 19:37

      kelas beras??

  22. 7 January 2012 at 15:39

    yeuuuh..lobak apa enaknya itu ka..

    • 7 January 2012 at 19:36

      Hahahahaha enak tahuuuu
      Yah, selera kita beda sih ya. Lobak itu enaknya direbus. Dimakan langsung ama nasi enak juga.

  23. 7 January 2012 at 15:49

    semoga lekas sembuuuuh!
    aku sih lebih pilih cokelat panas/susu sekalian, drpd kopi.. hehehe..
    ama teh tawar deh.. klo itu malah doyan banget 😀

    • 7 January 2012 at 19:35

      Cokelat panas saya gak doyan.
      Susu, saya doyan banget. Saya minumnya malem2.

  24. 7 January 2012 at 16:09

    Wah ternyata Asop baru sehat ya … waduh saya doyan ngopi. Salahny seringkali belum makan saya sudah ngopi …. pantesan mulai ada gejala maag nih …. hiks

    • 7 January 2012 at 19:33

      Obatnya masih ada, Mbak, belum sembuh total.
      Doakan saya ya Mbak.

  25. 7 January 2012 at 16:51

    Wkwkwk, kasiannn sekali. *kasian tapi di-wkwkwk in*
    Cepat sembuh ^^
    Jaga pencernaan 😀

    • 7 January 2012 at 19:32

      Makasih doanya.

  26. 7 January 2012 at 17:07

    Padahal 4 sehat 5 sempurna dan 6 komplit itu ya tambah kopi… 😀

    • 7 January 2012 at 19:31

      Betul!

  27. 7 January 2012 at 17:15

    Aku kalau kopi pahit malah nggak suka, hehe 😀 Dan aku juga jarang banget sih minum kopi. Belum tentu juga seminggu sekali. Tapi kalau orang-orang Belanda sini kayaknya minum kopi terus tiap hari deh. Seenggaknya sehari sekali, haha 😛

    Dan aku baru tahu lho kopi bisa menimbulkan maag gitu, hmmm. Wah, harus berhati-hati dong ya, soalnya banyak orang yang minum kopi sebagai sarapan! 😯

    • 7 January 2012 at 19:29

      Lho, Bang, kalo minum kopinya habis sarapan ya gak masalah. Jadi masalah ketika minum kopinya sebelum sarapan.
      Saya juga pas sarapan temennya kopi. Susu saya minum malam-malam.

  28. 7 January 2012 at 17:33

    mau kayak mbah surip sop?

    • 7 January 2012 at 19:28

      Gyahahahaha kok tahu sih?
      Kata Mbah Surip, kalo mau umur panjang kurangi tidur dan perbanyak minum kopi.

  29. 7 January 2012 at 18:16

    belum tau dilep penyakit datang bulan yang hanya diderita kaum hawa kan kang asop ?
    disaat lapar , maag dan keinginan untuk membuang hajat itu tumbuh menjadi satu . ditambah keringat dingin menahan sakit , berasa sakau 😦

    • 7 January 2012 at 19:27

      Iya, belom. Saya bersyukur deh lahir sebagai laki-laki…

  30. 7 January 2012 at 18:32

    Wah… ni sy lagi bloging sambil ngopi
    habis enak sih… hehe..

    • 7 January 2012 at 19:27

      Nikmatnya…

  31. 62 Ely Meyer
    7 January 2012 at 18:40

    aku malah pusing kalau minum kopi jadi ya nggak minum kopi 😀

    • 7 January 2012 at 19:14

      Nah, kalo ini lain soal.

  32. 7 January 2012 at 18:59

    Untung gua selalu minum tehnya setelah makan ;p

    • 7 January 2012 at 19:03

      Itu bagus banget, Bang. Memang seperti itulah yang disarankan. Jangan kayak saya. 😀

  33. 7 January 2012 at 19:17

    OOohhh… begitu, ya…. Syukurlah saya nggak nyimpen penyakit maag. Kebetulan juga jarang minum kopi. Tapi, hampir setiap hari saya minum teh. Dan saya adalah penggila sambal bawang. Kadang-kadang saya makan sambal bawang yg super pedas, dan saya sangat menikmatinya 😀

  34. 67 Tina Latief
    7 January 2012 at 19:20

    sisi-sini saya lagi menikmati secangkit kopi hangat di kala hujan deras…

  35. 7 January 2012 at 19:47

    Asop, dah baikan belum?

    Maaf lama gak singgah. Btw, makasih banyak koreksi dan komentarnya di blog tentang #SerialTwitter itu, hehehe, itu kan cerita iseng2 aja, Sop. Tapi udah saya terusin n mulai dari awal lagi. Postingnya gak di anazkia.com, di blog saya yang satu lagi

    • 8 January 2012 at 09:27

      Sudah, Mbak, tapi obat saya masih belum habis. 😐

  36. 7 January 2012 at 20:08

    Minum Kopi = Merasakan Pahitnya Kehidupan

    • 8 January 2012 at 09:27

      Bukan, asamnya kehidupan yang bener. 😛

  37. 7 January 2012 at 20:11

    bener banget kang, apalagi sekarang lagi musim hujan, banyak yang sakit

    • 8 January 2012 at 09:27

      Semoga saya gak terserang flu atau penyakit tenggorokan, ya. 😐

  38. 7 January 2012 at 20:35

    Saya berusaha menjadi penikmat kopi, tapi tak pernah berhasil. dari sononya kali, ya. kalau dulu sih, suka sama kopi latte, cuma ya gitu, ga kuat lagi. Akhirnya jadi penikmat air mineral saja

    • 8 January 2012 at 09:26

      Hahahaha, air mineral juga sehat kok. 😀

  39. 7 January 2012 at 21:15

    kalo aku ya mase,
    kopi itu malah buat cepet tidur,,
    aneh banget da ni badan…

    • 8 January 2012 at 09:26

      Hahahaha iya, aneh banget tuh badan. 😆

  40. 7 January 2012 at 21:31

    ada hikmah dari sakitnya y, sop …

    ayo mulai hidup sehat dengan menjaga pola makan kita …

    +berasa lagi kampanye+

    ^_^V

    • 8 January 2012 at 09:26

      Yoi, benar sekali. 😐

  41. 7 January 2012 at 21:52

    Zaman kuliah dulu, saya suka sekali kopi. Tp sekarang, beberapa jam setelah minum kopi, dipastikan denyut jantung saya tidak pas

    • 8 January 2012 at 09:26

      Maksudnya dada terasa berdegup gak beraturan gitu ya?
      Saya juga dulu begitu, pas minum kopi merek Indocafe. 😐

  42. 7 January 2012 at 22:05

    HINDARI MAKANAN BERGAS/MENIMBULKAN GAS DI LAMBUNG <<< ini tulisan yang selalu ada di 'kotak saran' kalo bikin menu diet buat pasien pas praktek di RS beberapa bulan lalu. hihihi…
    jangankan orang sakit. orang normal yg agak sensitif aja kadang benar-benar merasa terganggu kalo habis makan makanan bergas.

    get well soon Asop 🙂

    • 8 January 2012 at 09:25

      Makasih doanya. 😥

  43. 7 January 2012 at 22:13

    lumayan suka sih, cuman kalo nginget2 dampaknya bikin gigi menguning 👿 gua sih pikir2 lagi kang buat ber-maniac sama ni minuman.. 🙄 😆

    • 8 January 2012 at 09:25

      Hahahaha iya sih, kata orang juga gitu, kopi bikin gigi menguning. Apalagi kalo ditambah rokok. Wahahahaha 😆

  44. 7 January 2012 at 22:40

    Yang jelas, kalau sudah divonis maag oleh dokter, mau akut mau kagak, sudah jelas kagak boleh makan atau minum kopi, bagaimana pun bentuk dan jumlahnya. Haha. Syukur sekali aku tidak/belum tervonis maag. Makanya, kalau sakit jangan ke dokter, biar kagak kena vonis macem-macem. 😀

    • 8 January 2012 at 09:18

      Ah, nggak mau ah, nanti kalo obatnya udah habis saya mau minum lagi. Masa’ sih gak boleh lagi? 😐

  45. 7 January 2012 at 23:53

    tadi ak baru tahu kopi lelet yang katanya khas Rembang itu, yg ampas kopinya dikeringin pake tisu, dicampur susu, terus dibalurin ke rokok, katanya enak, pengen nyoba ya masa musti ngerokok yak
    tapi sekarang udah sembuh bang ? semoga lekas sembuh total ya bang, aamiin.

    • 8 January 2012 at 09:20

      Kopi lelet? 😀 Aku baru denger… 😳 Jadi rokok rasa susu dong. 😆

      Obatnya belum habis, Tir, jadi belum sembuh nih… 😦

  46. 8 January 2012 at 00:59

    Mantap. emang gak kopi tuh berasa hampa abis… pokoknya kopi harus ada dah sehari dua kali gue.. 😀

    • 8 January 2012 at 09:24

      Sepakat! 😀

  47. 8 January 2012 at 05:57

    sekarang aku juga kurangin kopi.. dan hindarin yg sachet..

    • 8 January 2012 at 09:23

      Saya masih belum bisa ngurangi kopi. Hati saya adalah kopi. 😐 *halah*

  48. 94 Ahmad Alkadri
    8 January 2012 at 07:57

    Saya biasanya minum kopi kalau malam-malam… buat tenaga ngerjain tugas – makalah, esai, laporan, dan lain-lainnya. Yap, dulu saya juga sering minum kopi pagi-pagi pas perut masih kosong, tapi berhenti gara-gara dimarahin ibu saya. Alhamdulillah belum sampai sakit 🙂

    • 8 January 2012 at 09:23

      Duh, saya sampai jadi sakit… 😐

  49. 96 wahyu asyari m
    8 January 2012 at 08:36

    nah, jadi bisa jadi pelajaran nih buat yang laen 🙂

    • 8 January 2012 at 09:23

      Betul. 😐

  50. 8 January 2012 at 10:30

    Sampai nggak bisa ngerasa lapar?
    Apa maksudnya perut nggak lapar tapi tiba-tiba sakit, gitu ya? Kalau gitu sama seperti maag saya pas awal 2010 dulu.

    • 8 January 2012 at 13:51

      Bukan, Mas, maksudnya ya saya bener2 gak ngerasa lapar, padahal normalnya di saat itu saya seharusnya sudah lapar. 😐

  51. 8 January 2012 at 10:50

    selamat sehat, asop 🙂
    tapi kalo sekali-kali kopinya encer gapapa kali. sebulan sekali gitu 😀

    • 8 January 2012 at 13:52

      Doakan saya sehat. 😀

      Hmmmmmm untuk sementara ini saya mbolos ngopi dulu deh. Nanti beberapa minggu lagi saya bakal ngopi lagi. 🙂

  52. 8 January 2012 at 11:29

    wew…. teh jg gak boleh ya…. sy jg penderita maag nih 😦 bnyk bgt ternyata pantangannya y…. thnx infonya Sop. btw, ada PR buatmu tu. smoga berkenan dikerjain y…. mksh sblmnya…. 🙂

    • 8 January 2012 at 13:54

      Banyak banget. 😦
      Makanya, mari kita sama2 jaga kesehatan pencernaan. 😳

  53. 8 January 2012 at 11:46

    kang Asop,,,kali ini saya hanya tertarik dengan BANDREK…adakah???

    • 8 January 2012 at 13:54

      Hehe, di Bandung sih banyak Bandrek, Mas Bud. 😀

  54. 8 January 2012 at 12:26

    wah, saya punya maag, lebih suka minum susu daripada minum kopi. hehehe.

    • 8 January 2012 at 13:55

      Kalau susu gak masalah, aman. 🙂

  55. 8 January 2012 at 12:50

    Saleum,
    Oke deh sop, peringatannya sangat berharga buat penikmat kopi sejati,
    saleum dmilano

    • 8 January 2012 at 13:54

      Sebagai sesama penikmat kopi, mari saling mengingatkan. 😐

  56. 8 January 2012 at 12:52

    jangan sering2 lho mas….
    bisa batu ginjal…
    teman saya sekarang sudah berhenti ngopi….
    🙂

    • 8 January 2012 at 13:55

      Saya yakin asalkan saya minum banyak air putih, ginjal saya aman2 aja. 😉

  57. 112 Agung Rangga
    8 January 2012 at 13:37

    banyak sekali pantangannya~ 😯
    cepet sembuh ya kak~ 🙂

    • 8 January 2012 at 13:55

      Makasih doanya. 🙂

  58. 8 January 2012 at 15:13

    aduuhh sayang sekali…padahal kopi adalah sahabat paling setia loh 😛 cepet sembuh yah

  59. 8 January 2012 at 15:21

    Ah,…kasihan banget ya Sop, kamu oooops kok aku ngledek…aku jg penderita maag akut sebenanya Sop, 4 tahun yang lalu sempat bedrest selama 2 bulan gara2 si maag akut ini, namun karena dokter yang nanganin aku juga cukup detail kalau ngasih penjelasan ke aku (karena aku cerewet n bawel kata dokter) jadi aku tahu makanan atau buah yang mengandung banyak gas, nah kalaupun minum kopi, kapan bisa minum n berapa banyak porsinya aku jg diberitahu…biasanya kalau udah ngerasa kembung dan mual aku hentikan dulu kopi barang seminggu karena kadang masih suka bandel makan makanan yang sebenarnya pantangan, seperti mis instan kaya semalam jadinya semalaman aku gak tidur gara2 kesakitan…

    Biar cepat pulih banyakin aja makan singkong rebus atau kukus atau talas lebih bagus Sop…biar bisa minum kopi lagi… cepat sembuh ya,,,

    • 8 January 2012 at 20:52

      Waaaaah, makasih banyak atas sarannya, Mbak Han. 😳

      Saya mulai sekarang gak akan minum kopi pagi2 dengan perut kosong. 🙂

  60. 8 January 2012 at 15:59

    kopi item emang seger. tapi aku lebih sering minum kopi instan yang pake krim2an atau rasa2an.
    berarti masalah gas di lambung ya… hmm…..

  61. 118 jarwadi
    8 January 2012 at 17:14

    kasusnya seperti yg menimpaku beberapa tahun lalu bro, sekarang aku hanya minum white coffee, ngga berani minum kopi pekat lagi

    • 8 January 2012 at 20:50

      Saya akan mencoba nekat. 👿

  62. 8 January 2012 at 18:24

    wah saya suka kopi, dan sekarang masih sering ngopi

  63. 8 January 2012 at 18:38

    Aku pecandu berat kopi hitam, pecandu rokok, tapi bukan pemilik Maag….
    Maafkan aku Sop,… aku menang 😆

    • 8 January 2012 at 20:50

      Sial, saya kalah. 😆

    • 9 January 2012 at 00:52

      Yes, aku juga ikutan menang lah, Bang 😀
      Cepat sembuh Mas Asop

      • 9 January 2012 at 07:29

        Hiks… saya dikalahkan dua orang perokok… 😦

        Makasih atas doanya.. 😀

  64. 125 ichaawe
    8 January 2012 at 19:45

    aku juga punya asam lambung yang lumayan parah. Tp ga bisa berenti menikmati kopi. Sebenernya oke aja minum kopi, asal di campur dengan krim atau susu. jangan minum kopi hitam. perutku juga langsung rewel kalau minum teh hitam.

    • 8 January 2012 at 20:48

      Ooooh, oke, gitu ya? Makasih tips-nyaaaaaa! 😳

      *senang*

  65. 8 January 2012 at 19:51

    coba ganti minum yang white coffee.. kayaknya asamnya lebih sedikit dan tetep bisa mengobati kangennya kopi.

    saya suka kopi, tapi kalo tiap pagi.. hemmm gak kuat juga, biasanya siangnya kembung. hahaha

    • 8 January 2012 at 20:49

      Kalo Luwak itu saya sekeluarga pernah nyoba. Dan rasanya gak enak! Bukan kayak kopi! 😡
      Apaan, terlalu manis. 😦

      Saya gak mau lagi nyobain itu.

  66. 8 January 2012 at 20:15

    aku suka kopi, tapi aku -alhamdulillah- ngga maag 🙂

  67. 8 January 2012 at 20:16

    wah addict to coffee ternyata. aku minum koipi malah langsung sariawan wahahahah

    • 8 January 2012 at 20:49

      Huahahah kok bisa?? 😀
      Aneh ah, emang kopi menyerap nutrisi vitamin C ya? 😛

  68. 8 January 2012 at 20:29

    Semoga cepat sembuh yah 🙂

    • 8 January 2012 at 20:48

      Makasih atas doanya… 😳

  69. 8 January 2012 at 21:20

    saya juga maag akut, 2009 kemarin maagnya sempat kambuh (pas banget di malam ultah saya* wal hasil ada 7 atau 9x waktu itu munti2 gara2 siangnya makan pecel (yg pastinya ada kolnya) sementara paginya saya tidak sarapan, hiikss, maag itu emang penyakit umum banget yaa.
    untung saya gak suka ma kopi, klo minum kopi rasanya aneh, gak suka pahit. bahkan minum vanilla late dan sejenisnya secara terus menerus jantung jadi berdebar gak karuan, makanya sekarang sesekali saja minum late dan sejenisnya.
    ayooo kontrol diri, jauhkan kopi dari dirimu ya Sop 🙂
    moga gak kambuh lagi maag nya 😉

    • 9 January 2012 at 07:28

      Iya nih, saya gak akan minum kopi dg kondisi perut kosong lagi. 😡 Menyesal!! 😡

      Makasih atas doanya… 😳

  70. 8 January 2012 at 22:44

    wahh coffee freak,, saya justru kebalekkan nya mas. saya paling ga bisa minum kopi. pusing mulu tiap selesai minum kopi.
    di Pekanbaru ada namanya kedai kopi kimteng. terkenal lo mas, katanya rasanya itu sesuatu bgt 😀
    *walopun saya blm pernah nyoba

    • 9 January 2012 at 07:30

      Lho, bagi saya dan ayah saya, kopi malah sebagai obat sakit kepala lho. 😀

      Duh, itu harus disambangi ya kalo saya ke Pekanbaru. 😳

  71. 9 January 2012 at 00:50

    Saya pernah baca disuatu majalah, kopi juga punya banyak manfaat untuk kesehatan lho.

    • 9 January 2012 at 07:29

      IYa, makanya itu saya gak mau meninggalkan kopi… 😦

  72. 9 January 2012 at 05:39

    oh kopi…
    Saya lbh sk teh mas..

    • 9 January 2012 at 07:30

      Teh juga enak. 😳

  73. 9 January 2012 at 06:21

    Semoga tidak terulang lagi sakitnya

  74. 9 January 2012 at 07:21

    kopi memang enak sih, tapi saya cenderung minumnya kalau butuh begadang aja, soalnya lebih suka susu, hehe
    cepet sembuh om asop, biar bisa menikmati kopi lagi, tapi jangan kondisi perut kosong 😀

    • 9 January 2012 at 07:28

      Makasih doanya ya, Tante Faye… 😥

  75. 9 January 2012 at 07:44

    lambung saya juga manja Sop, makanya saya ngga suka kopi. pernah kejadian jaman kuliah demi begadang buat belajar karena besoknya ujian yg susah bgt saya bela2in minum kopi, padahal cuma capuccino2 begitu. itu beneran saya sukses ngga tidur, dan besoknya pas ujian malah ngga bisa mikir karena demam, ujian beres pulang ke rumah, pingsan, masuk RS, huehehehehe. sejak itu kapok ngga lagilagi deh soksokan minum kopi.

    • 9 January 2012 at 12:05

      Waaah, jangan samakan lambung saya dengan lambung manja. 😛

      Saya memang kapok minum kopi di pagi hari dengan perut kosong, tapi nggak dengan kopinya. 🙂

      • 9 January 2012 at 16:33

        hahahaha
        tapi udah sembuh sop sekarang?
        besokbesok isi perut dulu kalo mau minum kopi 🙂

        • 11 January 2012 at 09:25

          Obatnya udah habis. Iya, dan saya kapok minum kopi dengan perut kosong. 😐

  76. 9 January 2012 at 08:30

    Aku juga penderita maag, Sop. Tapi kata dokterku, maag itu pemicu utamanya justru stres. Jadi, selain pantangan makanan, juga nggak boleh stres ^_^

    Sekarang gimana, udah sembuh? Udah boleh ngopi lagi, dong *bisikansetan

    • 9 January 2012 at 12:08

      Iya sih, kata dokter saya juga begitu, bisa juga stres… Tapi saya gak ada stres… Barangkali benar juga ya, mungkin saya banyak pikiran… 😦

  77. 9 January 2012 at 10:33

    alhamdulillah saya tidak doyan kopi
    tidak bisa dibayangkan kalau saya harus pantang makan kembang kol, karena doyan tingkat tinggi sama sayuran satu ini. klo lobak g boleh gpp, ga terlalu doyan juga huehue …

    lekas sehat maag nya ya Sop biar bisa ngombe kopi lagi hehehe

    • 9 January 2012 at 12:12

      Kembang kol, kubis, lobak, itu semua sayuran favorit saya… 😳

      Yoi Mbak, makasih doanya. 😐

  78. 9 January 2012 at 10:35

    aku juga maag, tapi kambuhnya ketika hamil. sesekali di luar hamil dengan rasa perut yang penuh. kopi emang ga bagus untuk lambung krn asalnya kan biji,,jadi mengandung gas2…
    waah asop ga minum kopi ??? apa kata dunia..hehe..tapi daripada kambuh ya ditahan dulu ya sop…^^

    • 9 January 2012 at 12:12

      Yap, saya akan menahannya. 😉

  79. 9 January 2012 at 10:51

    Aku maag juga Sop suka makan pedas dan makan kol/lobak juga tapi gak kambuh. Pasti kambuh kalau makannya telat.

    • 9 January 2012 at 12:15

      Hebat. Berarti saya bisa minum kopi lagi! 😀

  80. 157 riez
    9 January 2012 at 10:59

    Kalo udah nyandu emang gitu sob…diaturlah mulai sekarang saya sendiri juga penggemar kopi

  81. 9 January 2012 at 11:25

    Padahal kopi itu enak bangetttttttttttttttttt 😛

    • 9 January 2012 at 12:17

      Itu benaaaaarrrr… 😳

  82. 9 January 2012 at 11:50

    coba bikin list makanan2 yg diperbolehkan dan lo suka, sop. FOKUS di situ 😀

  83. 161 Sayyidah 'Ali
    9 January 2012 at 11:52

    banyak kesamaan rupanya,, tidak suka yang manis manis, suka kopi tapi lambung tak bersahabat.. jangan dirindukanlah sop, kalau akhirnya bikin kamu sakit..
    oia, saya minum madu setiap pagi, sebelum makan makanan lain,, alhamdulillah………….. asop masihkan minum madunya,,

    • 9 January 2012 at 12:17

      Waaah, madu sih saya jalan terus! 😀

  84. 163 eyha
    9 January 2012 at 13:27

    lambung saya juga masih belom sembuh, kang… 😦

    • 11 January 2012 at 10:05

      Hiks… kok penyakit kita mirip ya, Mbak, di lambung… 😦

  85. 9 January 2012 at 18:33

    saya masih blom ada riwayat maag, tp uda menghindari minum kopi di pagi hari sebelum ngisi perut kayak roti / kue kecil, dan berusaha ga telat makan, setelah ber-ngeri ria diceritain sama temen2 yang mayoritas punya riwayat maag semua 😦

    • 11 January 2012 at 09:59

      Bagus, jagalah terus pola makanmu. 🙂

  86. 9 January 2012 at 22:12

    saya suka kopi! tapi gak boleh sering2 minum, dan gak boleh dlm keadaan perut kosong 😦

  87. 10 January 2012 at 00:24

    Sruputtt kopiku mantap 🙂 tosss

    • 11 January 2012 at 09:54

      *toss* 😀

  88. 10 January 2012 at 11:54

    Segera obati kang Biar Bisa Ngopi lagi
    Saya Punya Obat nya Kang Silahkan berkunjung Ke web Saya…

    • 11 January 2012 at 09:30

      Wah promosi. 😀

  89. 10 January 2012 at 15:26

    Kopi dangdut aja Sob, mangtab…:)
    ” Irama kopi dangdut yg ceria… membuat aku lupa akan cintaku yg telah lalu..”

    • 11 January 2012 at 10:05

      Hyahahahaha 😆

  90. 174 kurusetra
    10 January 2012 at 17:43

    saya juga pecinta kopi yang fanatik. seperti kang asop, ngopi adalah bagian sehari-hari saya. di jogja, ada beberapa warung yang tawarkan kopi tubruk Jawa Timuran, favorit saya. tapi, syukur puji tuhan, hingga saat ini saya belum alami maag.
    ini info yang amat bermanfaat. teruslah berbagi, kang 🙂

    • 11 January 2012 at 10:01

      Oke, jagalah kesehatan selalu ya, Mas. 🙂

  91. 10 January 2012 at 20:47

    aku dulu pernah sakit maag. jadinya nggak berani minum kopi sampai sekarang…

    • 11 January 2012 at 09:59

      Bagus Mbak, jangan dipaksakan. 🙂

  92. 10 January 2012 at 21:49

    tos dulu lah kita kang asop…
    sama-sama magh akut dan sama-sama penikmat kopi..hehehehe
    tapi menurut “keilmuan” yang saya dapet, katanya kopi kalo diminum saat bangun tidur sebelum apapun masuk ke perut itu bagus yah?
    saya pernah nyoba, jantung malah berdegap lebih kencang…

    • 11 January 2012 at 09:57

      Nah, saya pun begitu tiap pagi, tapi akhirnya lambung saya luka. 😦

      Nah, kalo dada terasa berdegup, lebih baik jangan diteruskan kebiasaan itu, Mas. Mending kita ngopi habis makan aja ya. 🙂

  93. 11 January 2012 at 08:07

    hahaaaha, hampa tanpa kopi. Tapi sekarang udah nemu kopi kan

    • 11 January 2012 at 09:25

      Hmmmm bukan masalah nemu atau nggak kopinya, tapi lambung masih belum bersahabat. :mrgreen:

  94. 11 January 2012 at 11:24

    Makasih om, inponya … btw saya juga penggemar kopi …. 🙂

    • 13 January 2012 at 19:23

      toss dulu! 😀

  95. 11 January 2012 at 17:50

    Hemm.. kopi dan teh adalah pantangan ya? Eh tunggu, definisi teh nya seperti apa? Kalau habis puasa seharian kan biasanya kita minum teh manis anget tuh. Kasih tahu ya, hehee..

    • 13 January 2012 at 19:00

      Waduh, teh ya teh. Semua jenis teh saya rasa.

      Lagipula, minum teh manis pas buka puasa itu gak baik lhoooo… Lihat di sini deh, pernah saya bahas di posting-an lama saya. Pertama, perut kosong habis puasa gak boleh diisi makanan manis terutama yang pake gula. Itu penyebab tubuh gemuk. Baca ya di posting-an saya itu. :mrgreen:
      Kedua, bagi penderita maag, kalo perut kosong kayak habis puasa seharian, terus minum teh atau kopi, itu malah bahaya. Bisa melukai dinding lambung.

  96. 12 January 2012 at 10:43

    Jadi kopi yang dimaksud itu kopi hitam, pekat, dan tanpa gula? *ngebayangin rasanya*
    Kalau saya sih doyan sama Coffee Latte ;D

    Cepat sembuh ya sop
    #biar bisa ngopi lagi
    qiqiqiiq

    • 13 January 2012 at 19:08

      Yap. Itu benar.

      Coffee latte bikinan kafe atau yang instan nih? 😀

      Makasih ya doanya. 😀
      Sekarang sih saya udah bisa minum kopi, tapi kopi encer, takaran kopi dan airnya gak seperti dulu.

  97. 12 January 2012 at 17:36

    Waah, semoga ga maag lagi ya, sob

    Kalau saya sih awalnya demen kopi gara-gara harus begadang buat belajar pas ujian. Tapi sekarang jadi ketagihan minum kopi tiap kali akhir pekan atau pas besoknya tanggal merah 😆

    • 13 January 2012 at 19:12

      Aamiin! 😥

      Waduh, kok minumnya mingguan? 😆

  98. 14 January 2012 at 21:49

    E- eeeeeeeeeeeeeeh banyak juga ya pantangannya. Repot ya kalo sakit… Semoga maag-nya ga usah kambuh-kambuh lagi ya, Kang.

    • 15 January 2012 at 11:41

      Iya, namanya oang sakit ya repot. 😦
      Makanya, jangan sakit ya, Git. 😦

      Makasih atas doanya. 😥

  99. 192 Hurul Aini
    16 January 2012 at 07:22

    haaaaaaa……… makanan favorit saya jadi pantangan semua (saya penderita maag juga 😦 dan penyuka soto bandung juga) nooooooooooo 😥

    • 17 January 2012 at 21:19

      Toss dulu! 😀 😀 😀 😀

  100. 16 January 2012 at 08:08

    aku penderita maag jg.. untungnya aku ga suka kopi, soalnya klo abis minum kopi pasti jd pusing ‘n kembung.. Tapi aku suka bau kopi… hihihi..

    • 17 January 2012 at 21:17

      Bau kopi itu nikmat…. 😳

  101. 17 January 2012 at 08:47

    saya mau numpang ngomen dan memberi saran,lebih baik minum xamthone plus insa allh penyakit maah nya sembuh..

    • 17 January 2012 at 20:53

      Saran diterima. 🙂

  102. 17 January 2012 at 14:55

    kopi tuh sahabat baik kita…
    yang nemenin segala aktifitas…

    sama kaya lagunya mbah surip…

    • 17 January 2012 at 20:51

      Setuju. 😳

  103. 18 January 2012 at 18:29

    masih puasa kopi?

    • 22 January 2012 at 20:12

      Alhamdulillah nggak lagi.

  104. 20 January 2012 at 13:32

    sejak pulang mudik agustus lalu, setiap pagi harus minum kopi Indonesia non instant 😦

    • 22 January 2012 at 19:10

      Non-instan? Bagus dong. Murni. 🙂

  105. 26 January 2012 at 18:12

    btw sop, aku udah tekad (tekad untuk ksekian kalinya, smoga kali ni bisa bertahan) untuk gak minum kopi dalam rangka persiapan menuju kehamilan. jadilah skrg diganti ama susu coklat. tp kok rasanya terlalu susu ya? kurang coklatnya, hiks. jadilah abis ni mo nyobain cocoa bubuk, moga2 cukup sebage pengganti goodday mochacinno kesayanganku 😥

    • 30 January 2012 at 09:09

      Iya Mbak, katanya wanita hamil gak boleh minum kopi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: