Hari-hariku Tanpa Kopi

Hitam.
Pekat.
Asam.
Nikmat.
Tanpa gula.

******

Apalagi kalau bukan kopi. 😐

Dunia terasa hampa tanpa seruputan kopi. :mrgreen:  *halah lebay* 

Saya nggak lebay, saya udah sejak bulan desember nggak minum kopi.

hari tanpa kopi terasa hampa

Jadi ceritanya, pertengahan bulan desember tahun lalu, maag saya mendadak kambuh. Entah apa yang memicunya, tiba-tiba perut saya terasa nggak enak, terasa agak kembung, dan anehnya, tak bisa merasakan lapar. Puncaknya, saya merasa nggak enak badan, demam. Tepat tanggal 21 desember setelah saya ke dokter, saya tahu bahwa maag saya kambuh, maag yang terakhir kali saya alami saat SMA. 😐  Padahal jadwal makan saya teratur, lho. Sehari saya bisa makan antara 4-5 kali, tapi dengan porsi kecil.

Ternyata, lambung saya terluka karena kebiasaan setiap pagi saya minum kopi saat perut kosong. 😦  Ya, habis bangun tidur saya minum air putih, setelah itu saya makan pisang (kalau ada) dan dilanjut minum kopi. Kopinya kopi tubruk. Lambung kosong, dituangi kopi, ya jelas dinding lambung teriritasi. Rutinitas ini sudah berlangsung selama lebih dari setengah bulan dimulai sejak tahun 2011.

Dan kebodohan pun terjadi, tanggal 28 masih di bulan yang sama, saya makan banyak sekali lobak. Ya, sayur lobak yang warna putih itu. Saya mengonsumsinya saat makan Soto Bandung. *makanan kesukaan saya*  Saat itu saya nggak tahu bahwa lobak menghasilkan gas di lambung. Makanan penghasil gas semacam itulah (seperti kubis dan kembang kol) yang seharusnya menjadi pantangan sementara saya. Saya hanya tahu kubis dan kembang kol sebagai makanan penghasil gas. 😦

Kurangnya pengetahuan itulah yang membuat saya riang gembira memakan banyak sekali lobak. Alhasil, malam di hari yang sama, saya terkapar dalam demam kembali.

Peringatan!

Saya ingatkan, bagi narablog dan pembaca sekalian yang punya maag akut atau maag-nya sedang kambuh, kopi dan teh adalah pantangan. Jangan minum minuman dingin, jangan makan makanan pedas, makanan yang ber-vetsin atau ber-MSG, mi instan, gorengan, dan sayuran yang menghasilkan gas seperti lobak, ubi-ubian, kubis, dan kembang kol. Bahkan kata sang dokter kacang merah juga jangan.

Semoga narablog dan pembaca sekalian sudah tahu, dan semoga kalian semua dalam keadaan sehat. Aamiin! 🙂

…Dan saya amat merindukan secangkir kopi.

Pesan saya, mari jaga kesehatan organ pencernaan kita masing-masing!

———————————————————————————————————————————————————–

Gambar di atas adalah buatan saya. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

205 Comments

  1. I get cranky when someone disturbing me when I’m enjoying morning coffee 😀 …

    saya juga sekarang engga bisa kalau engga minum kupi di pagi hari … tapi mmm … itu emang bener kalau engga merasakan lapar itu penyakit yang berhubungan dengan lambung?

    Reply

    1. Iya, Bang, ‘kan yang jadi penentu lapar atau nggak di lambung, bukan di usus.
      Jadi, kalau lambung luka, dia bakal menghasilkan gas berlebih (dari asam lambung). Perut terasa kembung, dan saya rasa akibat itulah perut terasa terisi terus. Bukan terisi oleh makanan, tapi oleh gas.

      Reply

  2. mungkin penyakit memang tidak bisa diajak musyawarah ya, datang seenaknya tanpa mau dijadwal. Memang gak enak sekali kalau ada kopi tapi dilarang minum … huhuhuhuhu

    Reply

  3. saya suka (banget) kopi, tapi membiasakan diri untuk tidak terbiasa
    *ribet banget kata2 gw*

    ya saya juga punya maag soalnya
    tapi yang bikin kumat sebenernya gara2 lupa makan >_<
    (kok bisa gemuk ya)

    Reply

  4. Jauuh2 dah maag, bisa pengsan aku klo ga boleh ngopi…bru tau klo kacang merah bergas tinggi, thanks infonya sop…cpt smbuh dan bisa nyerumput kopi lagi…*slruuuup

    Reply

  5. Wah sayang sekali ngga bisa minum kopi. Sekarang sudah sembuh kan, mas? Semoga lekas sembuh ya…

    BTW, saya baru tahu kalau teh juga jadi pantangan kalau sedang sakit maag. Trims infonya.

    Salam

    Reply

  6. Kopi memang salah satu pemicu sensasi kembung/begap bagi yg punya maag. Saya siasati jgn sampai perut kosong pd saat minum kopi. Dan banyak2 minum air putih hangat .

    Reply

  7. waaahhh,, gimana neh, tiap pagi ngopi tuuhh nikmmmaaaaaaaaaattt banget.. hahahaha
    cepet sembuh lah, ayo ngopi bareng. 🙂

    Reply

  8. alhamdulillah yah.. aku gag punya penyakit maag, punyanya amandel. itu juga mesti ngehindarin beberapa yang disebutin di atas. awalnya memang berat, rindu setengah mati, tapi lama-lama jadi biasa loh, Bang 🙂

    Reply

  9. semoga lekas sembuuuuh!
    aku sih lebih pilih cokelat panas/susu sekalian, drpd kopi.. hehehe..
    ama teh tawar deh.. klo itu malah doyan banget 😀

    Reply

  10. Wah ternyata Asop baru sehat ya … waduh saya doyan ngopi. Salahny seringkali belum makan saya sudah ngopi …. pantesan mulai ada gejala maag nih …. hiks

    Reply

  11. Aku kalau kopi pahit malah nggak suka, hehe 😀 Dan aku juga jarang banget sih minum kopi. Belum tentu juga seminggu sekali. Tapi kalau orang-orang Belanda sini kayaknya minum kopi terus tiap hari deh. Seenggaknya sehari sekali, haha 😛

    Dan aku baru tahu lho kopi bisa menimbulkan maag gitu, hmmm. Wah, harus berhati-hati dong ya, soalnya banyak orang yang minum kopi sebagai sarapan! 😯

    Reply

    1. Lho, Bang, kalo minum kopinya habis sarapan ya gak masalah. Jadi masalah ketika minum kopinya sebelum sarapan.
      Saya juga pas sarapan temennya kopi. Susu saya minum malam-malam.

      Reply

  12. belum tau dilep penyakit datang bulan yang hanya diderita kaum hawa kan kang asop ?
    disaat lapar , maag dan keinginan untuk membuang hajat itu tumbuh menjadi satu . ditambah keringat dingin menahan sakit , berasa sakau 😦

    Reply

  13. OOohhh… begitu, ya…. Syukurlah saya nggak nyimpen penyakit maag. Kebetulan juga jarang minum kopi. Tapi, hampir setiap hari saya minum teh. Dan saya adalah penggila sambal bawang. Kadang-kadang saya makan sambal bawang yg super pedas, dan saya sangat menikmatinya 😀

    Reply

  14. Asop, dah baikan belum?

    Maaf lama gak singgah. Btw, makasih banyak koreksi dan komentarnya di blog tentang #SerialTwitter itu, hehehe, itu kan cerita iseng2 aja, Sop. Tapi udah saya terusin n mulai dari awal lagi. Postingnya gak di anazkia.com, di blog saya yang satu lagi

    Reply

  15. Saya berusaha menjadi penikmat kopi, tapi tak pernah berhasil. dari sononya kali, ya. kalau dulu sih, suka sama kopi latte, cuma ya gitu, ga kuat lagi. Akhirnya jadi penikmat air mineral saja

    Reply

  16. HINDARI MAKANAN BERGAS/MENIMBULKAN GAS DI LAMBUNG <<< ini tulisan yang selalu ada di 'kotak saran' kalo bikin menu diet buat pasien pas praktek di RS beberapa bulan lalu. hihihi…
    jangankan orang sakit. orang normal yg agak sensitif aja kadang benar-benar merasa terganggu kalo habis makan makanan bergas.

    get well soon Asop 🙂

    Reply

  17. Yang jelas, kalau sudah divonis maag oleh dokter, mau akut mau kagak, sudah jelas kagak boleh makan atau minum kopi, bagaimana pun bentuk dan jumlahnya. Haha. Syukur sekali aku tidak/belum tervonis maag. Makanya, kalau sakit jangan ke dokter, biar kagak kena vonis macem-macem. 😀

    Reply

  18. tadi ak baru tahu kopi lelet yang katanya khas Rembang itu, yg ampas kopinya dikeringin pake tisu, dicampur susu, terus dibalurin ke rokok, katanya enak, pengen nyoba ya masa musti ngerokok yak
    tapi sekarang udah sembuh bang ? semoga lekas sembuh total ya bang, aamiin.

    Reply

    1. Kopi lelet? 😀 Aku baru denger… 😳 Jadi rokok rasa susu dong. 😆

      Obatnya belum habis, Tir, jadi belum sembuh nih… 😦

      Reply

  19. Saya biasanya minum kopi kalau malam-malam… buat tenaga ngerjain tugas – makalah, esai, laporan, dan lain-lainnya. Yap, dulu saya juga sering minum kopi pagi-pagi pas perut masih kosong, tapi berhenti gara-gara dimarahin ibu saya. Alhamdulillah belum sampai sakit 🙂

    Reply

    1. Doakan saya sehat. 😀

      Hmmmmmm untuk sementara ini saya mbolos ngopi dulu deh. Nanti beberapa minggu lagi saya bakal ngopi lagi. 🙂

      Reply

  20. wew…. teh jg gak boleh ya…. sy jg penderita maag nih 😦 bnyk bgt ternyata pantangannya y…. thnx infonya Sop. btw, ada PR buatmu tu. smoga berkenan dikerjain y…. mksh sblmnya…. 🙂

    Reply

  21. Ah,…kasihan banget ya Sop, kamu oooops kok aku ngledek…aku jg penderita maag akut sebenanya Sop, 4 tahun yang lalu sempat bedrest selama 2 bulan gara2 si maag akut ini, namun karena dokter yang nanganin aku juga cukup detail kalau ngasih penjelasan ke aku (karena aku cerewet n bawel kata dokter) jadi aku tahu makanan atau buah yang mengandung banyak gas, nah kalaupun minum kopi, kapan bisa minum n berapa banyak porsinya aku jg diberitahu…biasanya kalau udah ngerasa kembung dan mual aku hentikan dulu kopi barang seminggu karena kadang masih suka bandel makan makanan yang sebenarnya pantangan, seperti mis instan kaya semalam jadinya semalaman aku gak tidur gara2 kesakitan…

    Biar cepat pulih banyakin aja makan singkong rebus atau kukus atau talas lebih bagus Sop…biar bisa minum kopi lagi… cepat sembuh ya,,,

    Reply

    1. Waaaaah, makasih banyak atas sarannya, Mbak Han. 😳

      Saya mulai sekarang gak akan minum kopi pagi2 dengan perut kosong. 🙂

      Reply

  22. kopi item emang seger. tapi aku lebih sering minum kopi instan yang pake krim2an atau rasa2an.
    berarti masalah gas di lambung ya… hmm…..

    Reply

  23. kasusnya seperti yg menimpaku beberapa tahun lalu bro, sekarang aku hanya minum white coffee, ngga berani minum kopi pekat lagi

    Reply

  24. aku juga punya asam lambung yang lumayan parah. Tp ga bisa berenti menikmati kopi. Sebenernya oke aja minum kopi, asal di campur dengan krim atau susu. jangan minum kopi hitam. perutku juga langsung rewel kalau minum teh hitam.

    Reply

  25. coba ganti minum yang white coffee.. kayaknya asamnya lebih sedikit dan tetep bisa mengobati kangennya kopi.

    saya suka kopi, tapi kalo tiap pagi.. hemmm gak kuat juga, biasanya siangnya kembung. hahaha

    Reply

    1. Kalo Luwak itu saya sekeluarga pernah nyoba. Dan rasanya gak enak! Bukan kayak kopi! 😡
      Apaan, terlalu manis. 😦

      Saya gak mau lagi nyobain itu.

      Reply

  26. saya juga maag akut, 2009 kemarin maagnya sempat kambuh (pas banget di malam ultah saya* wal hasil ada 7 atau 9x waktu itu munti2 gara2 siangnya makan pecel (yg pastinya ada kolnya) sementara paginya saya tidak sarapan, hiikss, maag itu emang penyakit umum banget yaa.
    untung saya gak suka ma kopi, klo minum kopi rasanya aneh, gak suka pahit. bahkan minum vanilla late dan sejenisnya secara terus menerus jantung jadi berdebar gak karuan, makanya sekarang sesekali saja minum late dan sejenisnya.
    ayooo kontrol diri, jauhkan kopi dari dirimu ya Sop 🙂
    moga gak kambuh lagi maag nya 😉

    Reply

  27. wahh coffee freak,, saya justru kebalekkan nya mas. saya paling ga bisa minum kopi. pusing mulu tiap selesai minum kopi.
    di Pekanbaru ada namanya kedai kopi kimteng. terkenal lo mas, katanya rasanya itu sesuatu bgt 😀
    *walopun saya blm pernah nyoba

    Reply

    1. Lho, bagi saya dan ayah saya, kopi malah sebagai obat sakit kepala lho. 😀

      Duh, itu harus disambangi ya kalo saya ke Pekanbaru. 😳

      Reply

  28. kopi memang enak sih, tapi saya cenderung minumnya kalau butuh begadang aja, soalnya lebih suka susu, hehe
    cepet sembuh om asop, biar bisa menikmati kopi lagi, tapi jangan kondisi perut kosong 😀

    Reply

  29. lambung saya juga manja Sop, makanya saya ngga suka kopi. pernah kejadian jaman kuliah demi begadang buat belajar karena besoknya ujian yg susah bgt saya bela2in minum kopi, padahal cuma capuccino2 begitu. itu beneran saya sukses ngga tidur, dan besoknya pas ujian malah ngga bisa mikir karena demam, ujian beres pulang ke rumah, pingsan, masuk RS, huehehehehe. sejak itu kapok ngga lagilagi deh soksokan minum kopi.

    Reply

    1. Waaah, jangan samakan lambung saya dengan lambung manja. 😛

      Saya memang kapok minum kopi di pagi hari dengan perut kosong, tapi nggak dengan kopinya. 🙂

      Reply

  30. Aku juga penderita maag, Sop. Tapi kata dokterku, maag itu pemicu utamanya justru stres. Jadi, selain pantangan makanan, juga nggak boleh stres ^_^

    Sekarang gimana, udah sembuh? Udah boleh ngopi lagi, dong *bisikansetan

    Reply

    1. Iya sih, kata dokter saya juga begitu, bisa juga stres… Tapi saya gak ada stres… Barangkali benar juga ya, mungkin saya banyak pikiran… 😦

      Reply

  31. alhamdulillah saya tidak doyan kopi
    tidak bisa dibayangkan kalau saya harus pantang makan kembang kol, karena doyan tingkat tinggi sama sayuran satu ini. klo lobak g boleh gpp, ga terlalu doyan juga huehue …

    lekas sehat maag nya ya Sop biar bisa ngombe kopi lagi hehehe

    Reply

  32. aku juga maag, tapi kambuhnya ketika hamil. sesekali di luar hamil dengan rasa perut yang penuh. kopi emang ga bagus untuk lambung krn asalnya kan biji,,jadi mengandung gas2…
    waah asop ga minum kopi ??? apa kata dunia..hehe..tapi daripada kambuh ya ditahan dulu ya sop…^^

    Reply

  33. Aku maag juga Sop suka makan pedas dan makan kol/lobak juga tapi gak kambuh. Pasti kambuh kalau makannya telat.

    Reply

  34. banyak kesamaan rupanya,, tidak suka yang manis manis, suka kopi tapi lambung tak bersahabat.. jangan dirindukanlah sop, kalau akhirnya bikin kamu sakit..
    oia, saya minum madu setiap pagi, sebelum makan makanan lain,, alhamdulillah………….. asop masihkan minum madunya,,

    Reply

  35. saya masih blom ada riwayat maag, tp uda menghindari minum kopi di pagi hari sebelum ngisi perut kayak roti / kue kecil, dan berusaha ga telat makan, setelah ber-ngeri ria diceritain sama temen2 yang mayoritas punya riwayat maag semua 😦

    Reply

  36. saya juga pecinta kopi yang fanatik. seperti kang asop, ngopi adalah bagian sehari-hari saya. di jogja, ada beberapa warung yang tawarkan kopi tubruk Jawa Timuran, favorit saya. tapi, syukur puji tuhan, hingga saat ini saya belum alami maag.
    ini info yang amat bermanfaat. teruslah berbagi, kang 🙂

    Reply

  37. tos dulu lah kita kang asop…
    sama-sama magh akut dan sama-sama penikmat kopi..hehehehe
    tapi menurut “keilmuan” yang saya dapet, katanya kopi kalo diminum saat bangun tidur sebelum apapun masuk ke perut itu bagus yah?
    saya pernah nyoba, jantung malah berdegap lebih kencang…

    Reply

    1. Nah, saya pun begitu tiap pagi, tapi akhirnya lambung saya luka. 😦

      Nah, kalo dada terasa berdegup, lebih baik jangan diteruskan kebiasaan itu, Mas. Mending kita ngopi habis makan aja ya. 🙂

      Reply

  38. Hemm.. kopi dan teh adalah pantangan ya? Eh tunggu, definisi teh nya seperti apa? Kalau habis puasa seharian kan biasanya kita minum teh manis anget tuh. Kasih tahu ya, hehee..

    Reply

    1. Waduh, teh ya teh. Semua jenis teh saya rasa.

      Lagipula, minum teh manis pas buka puasa itu gak baik lhoooo… Lihat di sini deh, pernah saya bahas di posting-an lama saya. Pertama, perut kosong habis puasa gak boleh diisi makanan manis terutama yang pake gula. Itu penyebab tubuh gemuk. Baca ya di posting-an saya itu. :mrgreen:
      Kedua, bagi penderita maag, kalo perut kosong kayak habis puasa seharian, terus minum teh atau kopi, itu malah bahaya. Bisa melukai dinding lambung.

      Reply

  39. Jadi kopi yang dimaksud itu kopi hitam, pekat, dan tanpa gula? *ngebayangin rasanya*
    Kalau saya sih doyan sama Coffee Latte ;D

    Cepat sembuh ya sop
    #biar bisa ngopi lagi
    qiqiqiiq

    Reply

    1. Yap. Itu benar.

      Coffee latte bikinan kafe atau yang instan nih? 😀

      Makasih ya doanya. 😀
      Sekarang sih saya udah bisa minum kopi, tapi kopi encer, takaran kopi dan airnya gak seperti dulu.

      Reply

  40. Waah, semoga ga maag lagi ya, sob

    Kalau saya sih awalnya demen kopi gara-gara harus begadang buat belajar pas ujian. Tapi sekarang jadi ketagihan minum kopi tiap kali akhir pekan atau pas besoknya tanggal merah 😆

    Reply

  41. haaaaaaa……… makanan favorit saya jadi pantangan semua (saya penderita maag juga 😦 dan penyuka soto bandung juga) nooooooooooo 😥

    Reply

  42. btw sop, aku udah tekad (tekad untuk ksekian kalinya, smoga kali ni bisa bertahan) untuk gak minum kopi dalam rangka persiapan menuju kehamilan. jadilah skrg diganti ama susu coklat. tp kok rasanya terlalu susu ya? kurang coklatnya, hiks. jadilah abis ni mo nyobain cocoa bubuk, moga2 cukup sebage pengganti goodday mochacinno kesayanganku 😥

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s