Kemarin sabtu (14/1), saya mengantar ibu saya ke stasiun untuk pulang (dari Bandung) ke Surabaya. Nah, tampaknya sudah sejak tahun 2012 ini para pengantar dan penjemput nggak boleh masuk ke dalam area peron stasiun. Saya baru tahu. 😀 Jadi, orang-orang yang nggak ada urusan dengan kereta (baca: yang nggak punya tiket kereta api) nggak akan bisa masuk ke dalam area peron, hanya bisa menunggu di luar, di area loket pembelian tiket. Para pengantar penumpang hanya bisa mengantar sampai gerbang yang dijaga oleh seorang satpam. Begitupun para penjemput, nggak bisa masuk untuk membantu membawakan barang sang penumpang.
Sebelum kebijakan ini dilakukan, semua orang —entah itu yang mau mengantar atau menjemput penumpang, atau bahkan yang nggak punya urusan sekalipun— bisa masuk ke dalam area peron kereta api asal membeli karcis masuk sebesar Rp. 2000,00 (atau Rp. 2.500,00, saya lupa) di loket khusus. Sekarang, loket khusus karcis peron nggak ada lagi.
Kalau mau masuk bagaimana?
Ternyata ada cara baru. Sebagai pengantar atau penjemput kita bisa minta tanda pengenal khusus ke kantor customer service. Nggak bayar, hanya meninggalkan KTP. Ternyata mudah.
Inilah wujud kartu tersebut…
Kalau sudah dapat, tinggal kalungkan saja di leher.
Menurut saya…
Saya sih setuju aja sistem begini diberlakukan. Saya yakin hal ini untuk memaksimalkan keberadaan para kuli angkut di stasiun. Yah, hitung-hitung bagi-bagi pekerjaan. Jadi, seandainya barang bawaan berat atau banyak, mau nggak mau harus sewa kuli angkut. Itu seandainya kartu khusus yang saya sebut di atas sudah habis lho ya… 😀
Nah, kalau begini peraturannya, saya mau masuk ke dalam untuk mem-foto kereta api ‘kan tinggal ninggalkan KTP aja.
******
Apakah di stasiun-stasiun kota lain kebijakannya seperti ini, saya nggak tahu. Peraturan pengantar dan penjemput nggak boleh masuk setahu saya hanya ada di Stasiun Bandung dan Stasiun Gubeng Surabaya. 🙂
Kira-kira, setujukah narablog dan pembaca sekalian dengan konsep ini?
———————————————————————————————————————————————————–
sop masih banyak di statiun2 lain yg masih bisa masuk sekarepnya sendiri. klo stasiun2 besar emang sudah banyak diberlakukan masuk bayar keluar free.
Cuma stasiun kota2 besar ya? ❓
Ini dia penjemput kita nomor 64, saya bisa minta nomor cantik ndak ya :D.
Gak ada pengaruhnya nomor. 😀
Kebijakan ini memang baru, sekitar bulan Agustus sudah mulai diterapkan tapi baru berlaku efektif bulan November. Jadi ceritanya PT KAI ingin meniru sistem sistem boarding pass yang diterapkan pada angkutan udara. Tujuannya mencegah penumpukan penumpang di dalam stasiun KA dan menghindari penumpang liar yang masuk stasiun (mengingat sekarang untuk kereta api jarak jauh diberlakukan sistem kuota)
Waaaah kok persis seperti di halaman web kompas.com yang ini… 😀
Wueleh, sama ya? Waktu itu sih saya taunya karena tugas kuliah tentang analisa kebijakan 😀
udah jarang naik kereta *digeplak orang satu gerbong*
Huahahaha, iya deh iya, yang sering keliling indonesia pake pesawat..
Eh si asop ini sebenarnya orang Surabaya kah? Ibu kok tinggal di sini? Ayoo kopdarr, mumpung eike di Surabaya nih.. hihii..
baru tau kalo di gubeng juga udah kek gitu. soalnya kalo ke sana sy selalu punya tiket sih, ga pernah jadi pengantar, lah ndak ada yg mw diantar ini, keluarga di Makasar je 😀
pernah sih ke stasiun, tapi di Jakarta, kalo ga salah Stasiun Senen. Itu pun dah lama, 2010 kmaren. dan waktu itu sih masih bisa masuk walo ndak punya karcis kereta.
pada dasarnya sih setuju2 saja, malah ini lebih bagus kerna masih bisa ngakses tanda pengenal khusus. kalo di bandara kan sama sekali ga boleh kan ya ^^
Lho? Mbak Illa gak tahu? Belom baca halaman about saya ya… 😛
Saya kan sekarang di Bandung, cuma menetap sementara, kerja. 😀 Saya kemarin balik bentar banget ke Surabaya, ngurus eKTP. 🙂
kalo pengantar dan penjemput engga boleh masuk itu udah serentak kok di seluruh stasiun kayaknya. Kalo di stasiun tawang sudah sejak sehabis lebaran idul fitri tahun 2011, bulan september kayaknya.
Nah, tapi soal lartu pengenal khusus aku belum tahu.. Nanti coba ah kalo pas lagi ditawang hihihi 🙂
Nggak juga, nggak serentak. Mungkin Jakarta duluan. Desember 2011 dan awal 2012, waktu saya nganter orang tua saya, masih bisa bayar karcis peron. 🙂
setuju deh.. supaya gag bisa macem2. kalo macem2 kan ada KTPnya ini. tinggal kejaar 😀
Betul, sebagai penjamin adalah KTP.
Hahaha, tadi mau komentar, perasaan dulu pengantar/penjemput bisa bebas masuk koq asalkan membeli tiket peron gitu 😛 Ternyata sekarang tiket peron sudah nggak ada yah. Ini berlaku di Stasiun Bandung aja atau sudah di stasiun-stasiun besar kota lain juga nih?
Ya, menurutku sih ini bagus lah ya. Selain supaya para kuli angkut mendapat jatah kerjaan lebih banyak, juga supaya di dalam areanya stasiun nggak terlalu padat orang gitu. Kalau terlalu penuh kan nggak nyaman juga kan, hehehe 🙂
Btw, tanda pengenal khususnya minta dimana tuh? Di loket karcis kah??
Nah, setahu saya cuma di Bandung ama Surabaya. Tapi ada yang ngasih tahu di komentar di Semarang juga udah begitu. Kayaknya di stasiun2 besar aja. 🙂
Nggak, di ruangan customer service. 🙂
wah, udah lama ga ke gubeng
Waaah, Mas Agung pernah ke Surabaya? 😀
seumur2 belum pernah naik kereta saya #edisijujur.. :lol;
…gak jadi toss deh.
hmm, saya sih setuju-setuju aja, toh, saya jarang banget ke stasiun~ 🙄
Setiap saya pulang dari Bandung ke Surabaya, saya selalu menggenggam erat tangan ibu saya di peron sampai tiba panggilan penumpang untuk masuk kereta yang mau berangkat.
Saya tidak pernah melepaskan tangan ibu saya sebelum panggilan itu karena saat-saat saya bersama ibu saya adalah momen yang sangat jarang dan berharga.
Dengan adanya sistem kartu tanda pengenal khusus ini, saya kuatir saya tidak bisa punya quality time dengan keluarga jika saya kehabisan kartu ini.
Yah, memang ini alasan sentimental sih, tapi saya rasa itu sebabnya naik kereta itu lebih romantis daripada naik pesawat. Kita seharusnya melihat wajah-wajah sedih para pengantar yang ditinggal ketika roda kereta itu mulai bergerak pergi melihat mereka 🙂
….sampe segitunya ya, di stasiun… 😥
Tapi Mbak, saya gak suka dengan kereta api Indonesia. 😦
Mungkin nanti saya bikin posting-an khusus.. 🙂
Belum pernah berinteraksi dengan peron *semoga ini bukan indikator kurang gaul. haha*
Hahahaha nggak lah… 😀
jadi lebih terkontrol, tapi, jadinya gak ada pemasukan buat stasiunnya donk..
udah lama gak ke stasiun nih Asop. terakhir taun lalu rasanya. jadi gak ngerti gimana perkembangannya. 🙂
mantap nih stasiun bandung
Hahahaha toh sama aja, Mas.. 😆
di stasiun gubeng juga ya? wah saya baru tahu. wehehe
Saya juga baru tahu pas balik ke Bandung dari Surabaya beberapa waktu yg lalu. 😐
Ternyata sama kayak di Semarang
Saya sempat kaget ketika ngantar anak saya dan saya nggak diperbolehkan masuk. Sudah kayak bandara.
Tapi saya nggak tau, apakah di Semarang juga bisa mendapat kalung untuk bisa masuk. Masalahnya saat itu nggak ada pengantar yg ikut masuk. PT Keretapi kurang sosialisasi.
Iya, seperti biasa, kurang sosialisasi. 😦
seumur2 ane ga pernah naik kereta, ironis memang
sedikit ribet tapi itulah perubahan yang baik agar lebih tertib….
aduh tapi kan jadi gak bisa irit sop… wakakak 😀
mental pengiritan
Gak apa, hidup memang harus irit. 🙂
itu masa aktif atau habisnya kartu berapa lama?
Yaaaaa sampe saya pulang habis nganter. 🙂
Setuju aja deh ….
bagus banget. Keren.
Sayang disini ga ada kereta, jd saya ga tau, sop
Seandainya ada kereta yang menghubungkan Sulawesi dan Jawa…. 🙂
betul sekali sob, kebijakan yang sekarang lebih tertib, saya merasakan nilai positif dari kebijakan baru ini, seperti didalam gerbong sekarang sudah tidak ada lagi penumpang yang berdiri, karena jumlah penumpang sudah sesuai dengan kursi yang ada, bagus kan 😉
Iya, bagus. 🙂
Setuju saja bila tujuannya memaksimalkan pelayanan
bagus juga ya seperti itu, jadinya isi stasiun gak semrawut kan… bagaimana dengan anak pelajar yg dibawa mesti nunjukkin kartu paan ya….kartu pelajar kali ya…wkwkkk…
Nah, itu juga boleh. Pokoknya meninggalkan identitas. 😀
aku malah baru tahu ttg tanda pengenal khusus ini Sop, menurutku bagus juga 🙂
di sini gak ada kereta T.T uaa
Yuk ke Jawa. 😀
asoopp mbak pu dah selesai nuntasin libri di luca…jadi kan barternya…???hehehe…
Jadi dong! Udah saya kirim ya Mbak, bukunya. 😀
waaah tambah rapi ya manajemen perkeretaapian indonesia, mudah2an jadi ga simpang siur ya antara penumpang dan pengantar jempunya…
Iya, mari kita doakan semoga PT. KA bisa terus berbenah. 🙂
Kalau di Bogor sistem kaya’ gini belum ada. Saya kalau ngantar teman saya naik kereta, pasti saya masih masuk aja ke peron, bayar seribu-dua ribu, terus duduk dah di peron sama teman saya nungguin kereta datang. Para pengantar lainnya juga begitu. 😀
Iya, dulu saya juga begitu kalo nganter ibu-ayah saya. 🙂
di Semarang kemaren kemaren sih sama mas, tapi belum apdate apa sudah ada kalungnya… 🙂
Harusnya ada. 🙂
oh jadi tanda pengenal masuk untuk pengantar itu jumlahnya terbatas ya sop? bagus juga ya, biar gak di dalam kepenuhan orang, yang mana banyakan pengantarnya dibanding penumpangnya. hehehe.
Hahahaha bisa jadi ya, banyakan pengantar ketimbang penumpang. 🙂
wah, ga tau sop..udah lama nih ga naek kereta api..
terakhir kali naik sih masih bisa masuk..
Seru ya kalo nanti ada kereta api penghubung Sulawesi dengan Jawa. 🙂
biar aman kali mas,jadi di adakan peraturan kaya begitu..
Betul sekali.
Setuju deh, Sop. Kalo mau masuk, mesti bayar/punya tiket.
Jadi lebih rapi ya…
setuju aja sih, karena mesti ninggalin ktp jadinya terkontrol 🙂
Benar sekali, Bang. ^^
kebijakannya lebih bagus lebih tertib, di jatinegara, di cirebon juga sdh spt ini…..di gambir juga sama nggak boleh masuk cuma ttg kartu sy nggak tahu tuh blm coba…:) kereta api lbh manusiawi..nggak punya tiket ? ke luar !! nggak boleh berdiri 🙂 mendingan kereta berikutnya kalo msh ada….bravo PT KAI
Inilah perubahan yang harus berani dilakukan oleh BUMN. 🙂
setuju pisan aye mah 🙂 lebih mudah ye ^^
seumurumur belum pernah nganter dan jemput sampe masuk ke dalem, paling cuma ngedrop atau tunggu di parkiran aja 😀
Yaaaaah pisahannya gak sampe ke dalem?
Paling banter aku naik kereta cuma ke Bogor, Sop 😀
setujuuuu ^^ habisnya selama ini kalo ngantar si pacar selalu aja harus pura2 beli tiket hanya untuk bisa duduk nemenin. semoga berlakunya di stasiun manapun termasuk jabodetabek deh.
Huidiiiih mesranya, nganter pacar… 😳
kalau stasiun kecil belum sepertinya, ya. Baru diberlakukan ke stasiun2 besar
Iya, kayaknya begitu. 🙂
katanya PT. Kereta Api sedang bebenah dibawah mentri BUMN baru ini … sekarang jauh lebih rapi dan tertib … kata mereka yang menggunakan kereta di bekasi … mungkin sudah menyebar ke setiap stasion sop 😀 …
Hebat, semoga efek Pak Dahlan Iskan bisa menyeluruh ke semua BUMN. 🙂
bagus lah… orang2 jadi lebih tertib
di stasiun purwokerto juga gitu. minggu lalu baru dari sana, tp anehnya, ga dibilang kalo untuk pengantar ada tanda pengenal khusus. pokoknya pengantar dilarang masuk peron aja. bagus sih jadi disiplin kalo ga sembarang orang bisa masuk peron, lebih aman juga karena ga crowded bgt di peron. tapi jadi sebel juga karena ga dikasih tau kalo ada tanda pengenal khusus pengantar. apa memang di stasiun purwokerto gak ada tanda pengenal pengantar/penjemput yah…
Nah… itu juga rasanya di hari itu cuma gue doang yang dapet tanda pengenalnya…. 😦
tinggal masing” daerahnya sih 😀
Benar. 🙂
Stasiun Tugu sudah berlaku juga mas.
Stasiun Bekasi belum.
Makasih atas infonya. 🙂
kurang ngerti nih… maklum jarang2 naek KA. hehhee
Wah, naiknya pesawat nih…. 😳
ya, jadi makin tertib memang. Yang susah itu, sistem yang sekarang ribet deh. Apa-apa harus naik dari stasiun pool. :’) membuat mereka yang rumahnya jauh jadi kesusahan, ya, emang jadi makin tertib.
Aaaaa.. setuju banget kalau ada yang kayak gitu. Tapi saya jarang ke stasiun KA, sih. Kalau di bandara diberlakukan yang kayak gitu, boleh juga ^___^
Asik ya bisa masuk sampe penumpang naik ke pesawat. 🙂
Saya setuju…kan irit 2000 perak tuh :D…coba kalo di terminal bus juga digituin…mungkin tar taon 2080 kali yak
Pas sekali. 🙂
di stasiun lempuyangan dan tugu, jogja, juga ga boleh masuk gan…
tapi, saya belum tahu apakah ada kebijakan “kalung” pengunjung itu..
thx banyak infonya ya….
Mungkin ada di semua stasiun, kartu tanda pengenalnya. 🙂
ngarep yang beginian ada juga di bandara euy, jadi bisa nganterin bonyok ngurusin surat2 na sampe kelar semua, dan do’i tinggal terbang aja, hihihi~
Iya, saya juga ngarepnya begitu… 😐
KA memang harus banyak berubah, ditempat saya malah pedagang2 itu bebas keluar masuk gerbong, padahal banyak juga dari mereka yang bukan pedagang 😦
pada akhirnya banyak penumpang gelap. 😐
setahu aku di gambir juga demikian, dan kuli angkut di gambir banyak looh 😀
Yoi, kayak di Surabaya juga banyak. 🙂
OOOOhhh… begitu ya gan….. 😀
pokoknya nggak naik di atas gerbong… kereta masih bisa jadi alternatif buat bepergian, apalagi udah ada pengantar/penjemputnya
Sip! 🙂
Kalau di stasiun Gambir Jakarta, pengalamanku dua tahun lalu, pengantar sudah mulai dibatasi. Apalagi Gambir kalau di sore hari padet banget dengan penumpang KRL yang pulang kantor dan kereta api jarak jauh yang akan berangkat. Biasanya kalau aku dan suami mengantar sodara, kami sekalian beli tiket KRL, jadi kami bisa masuk mengantar, kemudian pulang dengan kereta KRL. 🙂
Nah, Gambir memang stasiun yang besar. 🙂
Sop rasanya hampir semua stasiun memberlakukan peraturan itu kok. Di Jogja dan Madiun juga begitu. Tapi aku malah baru tahu kalau bisa dikasih tanda pengenal. Kurasa ini untuk mengurangi penumpang gelap atau pedagang yang suka ikut dalam gerbong ya.
Mungkin juga untuk mengurangi kepadatan di dalam stasiun. Biar lebih tertib gitu. 🙂
Saya mah seumur hidup baru ngerasain sekali naik kereta api itu pun jarak dekat Banjar – Ciamis sob 🙂
mas achoey rasain atuh krl jabotabek atau yang deket ajah bojong gede – Bogor pp motor taro stasiun
Pengguna KRL. 🙂
Kalo di joogja biasanya emang bayar peron 2500, nggak ada pake kartu-kartuan segala.. padahal kan niatnya nganterin yaa sampai kereta berangkat. sama prinsipnya kayak di bandara kali ya, pengantar nggak boleh masuk ke boarding room.
kudu jadi pejabat dulu mungkin baru boleh gratis. 😛
Huidih, mana ada pejabat naik KA selain Pak Dahlan Iskan? 😛
ooh baru tahu juga kalau sekarang gak ada karcis peron
Wah saya baru tau nih bro, maklum jarang naik kereta (biasa naik angkot hehehe)
Nice share bro 🙂
Wah gue baru tau tuh, thanks infonya ya kakak.. 😀
Sama-sama. 😀
dhe udah lama gk naik kerta api sop, jarang pulang sih sekarang, hehe.. kalo dulu mah para pengantar atau penjemput harus bayar lagi 2500, gk tau deh kalo sekarang.. tapi kalo pake id card gitu, kayaknya lucu yaa, lebih simple daripada harus bayar.. hahahaha 😀
Yoi Dhe, enak gak usah bayar ya. 🙂
wahh belum nemu stasiun kek gitu 😀 mungkin buat stasiun besar aja kali yah
Bisa jadi. 🙂
St Hall bandung??? apa kabar riwayatmu kini…….mengenangdotcom!!
Sekarang biasa aja. 😀
hihii , kalo di gubeng seingat saya desember kemarin uda gitu kang 😀
waah :O aku baru tahu
klo dulu2 sih, nganter gg punya tiket, ya nebeng tiketnya temen masih boleh masuk, asal penjaganya gg teliti ajaa hhohho
Iya, kalo membuntuti yang punya tiket kadang masih bisa ikut masuk…
karena gak ada kereta api di pontianak aku diem aja deh.. hahaha
Kayaknya asik kalo ada kereta api dari pulau jawa ke kalimantan. 🙂
kalo di surabaya pasar turi masih bisa masuk tuh
kalo di gambir juga boleh tapi bayar 2500
Lhooo Prof habis dari Surabaya? 😀
seumur2 belum pernah naek kereta api 😦
Naik dong, ke mana gitu, ke Jogja atau Solo… 😛
udah kayak di bandara saja…
ada kedatangan penumpang….
jemputnya disitu…
😛
Bagus dong ‘kan, kayak bandara.
loh, baru tau kalo ada kartu kayak gitu yang bisa dipinjem di cs 😀
Yuk mari coba nanti ya.
Wah baru tahu kebijakan itu.
Bagus lah… 😀
di stasiun Tawang, Semarang juga make kebijakan ini, tapi bener2 ga boleh masuk, dan ga ada semacam kartu pengenal maupun ninggalin ktp. ga masuk ya ga masuk. 😦
dulu, waktu saya jadi kuli angkut, kayanya belum ada sop. ga tau deh sekarang. sekarang saya jadi kuli tinta aja deh… 😀
Hahahaha kamu jadi kuli angkut? Angkut apaan? Angkut cinta?
saya pas idul fitri kemaren di surabaya gubeng emang pengantar ga boleh masuk, tapi pas januari ini kemarin entah gimana bapak saya boleh aja masuk bantuin bawa tas saya 😀
Iya nih, gimana bagi yang nggak mampu mengangkat beban? Pakai kuli. 🙂
stasiun kereta api bisa lebih tertib ya dgn diadakannya kebijakan ini. 😀
Iya. Ini bagus.
Di Gambir masih bebeas-bebas aja tuh Sop… Mungkin bakal diterapin kalo pas hari liburan kali ya… Soalnya hari biasa sih gak terlalu ramai..
Bagus juga buat meminimalisasi praktek korupsi ya…
Salam,
Benar sekali.
Waaah terakhir Gita ke stasiun tuh pas Gita main ke Semarang, tahun lalu. Waktu itu sepupu yang nganterin Gita masih boleh masuk pake tiket peron itu hehehe.
Sekarang gak bisa lagi. 😦
di sini ngga ada porter sih, jadi asal beli karcis ya boleh saja masuk stasiun 😀
Setahuku sistem meninggalkan KTP untuk antar/jemput diberlakukan di bandara Soeta deh. Tapi bayarnya berapa aku lupa. Terutama untuk tamu VIP
Waduh, udah ninggalin KTP, mbayar pula. 😯
sy jarang naik kereta … letak stasiun KA jauh sedangkan terminal bis dekat rumah
jadi ya saya memilih jadi bismania saja
Oke, gak masalah.
setuju sih sama konsep seperti itu,,banyak kebaikannya,,bagi-bagi pekerjaan dan tentunya lebih tertib
biar gax nerdesalan kali mas,jadi penjemput dan pengantar gax boleh masuk
baru tahu kalo ada yang beginian. maklum gak pernah jadi pengantar ataupun penjemput. seringnya malah jadi penumpangnya….
kalo aku sih setuju-setuju aja dengan sistem kayak gitu. biar di kursi tunggu penumpang gak rame sama pengantar ataupun penjemput 😀
Saya juga setuju, asalkan ada peraturan tertulis terpampang jelas bagi penumpang.
Iya, hari rabu minggu lalu saya juga baru tau kalo udah gak ada peron. Nyesel belum baca ini, jadi gak tau klo bisa ninggal KTP buat masuk ke dalam. Kata temen, aturan ini juga gara-gara sempet ada insiden kereta api yang dibajak, masinisnya ditodong, disuruh nganter dari Malang ke Jakarta. Saya belum konfirmasi ke internet beritanya bener ato engga sih.
Astagaaaaa saya baru denger ada pembajakan keretaaaa
setuju sih. mungkin bisa mengurangi tingkat kriminalitas di dalam area peron ya? copet, gitu, misalnya.
Bisa berkurang, tapi gak bisa berkurang nol sama sekali.
wah, ada peraturan baru begitu ya sejak 2012? saya selalu masuk sebagai penumpang, jadi belum tau, hehe
tapi ada yang berubah sih sejak tahun ini, nggak tau karena memang ada pembatasan tiket kereta ekonomi atau apa… jadi tiket ekonomi malang-surabaya itu sekarang bisa kehabisan, padahal dulu-dulu biarpun belinya mepet nggak pernah habis
Hmmmmm pernah pengen nyoba Malang-Surabaya pake sepeda motor?
Pake ktp pun dilarang masuk klo di stasiun bekasi, kencing pun toilet didalam tdk bisa masuk klo nggk ada kartu… kata Securitynya. Sudah bilang penjemput istri bawa anak balita pun bawa ktp tetap tdk bisa masuk.