Kresek atau Krèsèk

Saya ingin tahu bagaimana cara narablog dan pembaca sekalian menyebut kantong plastik di bawah ini.

tas plastik kresek

Ada yang hitam, ada yang putih… apa isi kantong yang hitam?

Mari, mana yang benar….

Kresek atau Krèsèk? 😀

è seperti pada bebek (hewan), ataukah…

e seperti pada sepet ?

******

Mana yang narablog pilih? :mrgreen: 

———————————————————————————————————————————————————–

Gambar di atas adalah hasil jepretan saya sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

192 Comments

  1. saya nyebutnya kresek kayak nyebutin sepet
    kebiasaan aja..
    tapi waktu kuliah dulu,, temen2ku malah banyak yang ga ngerti… mereka biasa nyebut kresek kayak nyebut bebek

    Reply

  2. Tergantung di mana saya berada. Kalo di tanah Bandung, saya nyebutnya kresek seperti bilang “bebek”, tapi semenjak saya pindah ke Surabaya saya menyebutnya kresek seperti menyebut “sepet” 🙂

    Reply

  3. Yuhuu..
    Ada Om ASop..

    Ngapain bawa keresek..
    Abis dari warung ya beli cemilan..
    Mau donk Olive..

    Mampir ya Om ke blog potonya Olive..

    Reply

  4. walaupun bunyinya kresek- kresek, tapi aku lebih suka menyebutnya Krèsèk dengan pemenggalan Krè-sèkk, lebih ‘hot’ lebih gimana gitu 😀

    Reply

  5. tergantung mas. liat bahasa yg dipakai…

    kalo awalnya pake bahasa jawa, saya spontan nyebutnya kresek seperti kata sepet. tapi kalo awalnya pake bahasa indonesia, saya nyebutnya kresek seperti kata bebek. 😀

    Reply

  6. bebek! 😀
    tp saya baru tau kata2 ‘kresek’ itu semenjak merantau di jawa ini. di aceh dulu saya tetap menyebut benda di atas itu sebagai kantong plastik 😀

    Reply

  7. Berhubung saya org batak maka bilangnya Kresek (pada bebek)…bhakan sebut Sepet pun kek pada bebek…=p

    Reply

  8. kalo ngomongnya e kayak pada sepet, biasanya artinya untuk kalo suara gak jelas tuh bilangnya kresek-kresek (nah ini e nya kayak pada sepet). jadi beda pengucapan huruf e, artinya jadi beda.

    Reply

  9. Hmmm, kedua cara nyebutnya pernah denger sih, hehehe 🙂 Tapi kalau aku kayaknya lebih “enak” kalau ngucapin kresek kayak sepet deh, hmmmmmm…. . Eh, tapi krèsèk juga nggak aneh juga sih, bingung saya malahan, huahahaha 😆 .

    Reply

  10. kresek yang penyebutannya kaya nyebutin “bebek” kali ya.
    Kalo Krèsèk baru yang penyebutannya kaya nyebutin “sepet”

    kalo gua mah biasanya nyebutnya kantong plastik aja. Mau apapun bentuknya, selama itu terbuat dari plastik maka gua nyebutnya kantong plastik. di keluarga gua juga nyebutnya kantong plastik, hehehe…

    Reply

  11. yg putih isi tauge yg item hasil dari pencernaan tauge yg sudah diekstrak (you knowlah)….
    😛

    apa ya namanya lebih enak kantong plastik…
    😛

    Reply

  12. kresek pernah jadi barang andalan saya kalo lagi ujan dan lupa bawa topi (payung??) lebih nyaman tapi menyiksa mata orang sekitar, wakakaka 😆
    saya sih nyebutnya kresek (bebek), kalo kresek (sepet) artinya suatu bunyi yang berasal dari kaki ketika berjalan ngendap-endap 😎 trus nginjak daun kering “…kresek…kresek…”, kalo udah ada bunyi gitu pasti kita ngria ada maling, hahahaha 😆

    Reply

  13. kalo lagi santai ngomongnya, bilangnya kresek dengan huruf e pada bebek
    tapi klo lagi bru2 butuh tu plastik, bilangnya kresek dengan huruf e pada sepet (kdg2 mikir, gtu aja ada waktunya hehehe :lol:)

    Reply

  14. klo dalam bahasa keseharian (bahasa jawa), nyebut kresek seperti sepet. tp klo dalam bahasa indonesia,prefer kresek seperti bebek :mrgreen:

    Reply

  15. yang bener itu… ga pake tas kresek. bawa kantong belanjaan sendiri.
    butuh ratusan tahun bagi bumi untuk bisa mengurai satu kantong kresek saja.
    kita sebagai pewaris bumi, seharusnya peduli karena bumi akan diwariskan pada anak-anak kita nantinya.
    mari kita peduli dengan lingkungan dengan mengurangi penggunaan kantong kresek. merdeka!
    <<< komen ganyambung, XDD

    Reply

  16. kantong plastik yang berwarna putih lebih direkomendasikan segai pembungkus makanan, tapi tidak dengan kantong plastik yang hitam…
    Ada penjual Salah di bis dan ada yang jual sikat sepet…
    A: Salak… Salakkk
    B: Sepet-sepet..

    Reply

  17. sunda = kerese
    jawa = kresek
    bahasa indonesia = kantong pelastik
    wah sob, mendingan gak pake lagi tuh barang, soalnya susah ancur, sering nyumpel di got, gimana kalo pake kertas aja, hehehe gak nyambung ya sama tema “piss” 😉

    Reply

  18. Saya nyebutnya ‘Krèsèk’ kaya’ nyebut ‘Pepes’, ‘Bebek’, dan E lainnya 😀 Hehehe, saya tahu isinya kantong plastik yang hitam itu. Isinya adalaahh…. Makanan!! :mrgreen:

    Reply

  19. beda nyebutinnya beda arti 😀
    Kresek (e=bebek) ya itu nama plastik itu buatku
    tapi klo kresek (e=sepeti) artinya bunyi plastik kresek itu kan kresek2 toh hihihihi

    Reply

  20. @vicky :
    Klw org bali atau lombok, umumnya sih bilang kresek sprti pd bebek,, tpi akan trjdi ksalahfahaman stiap hari klw org BIMA(sumbawa) tinggal disurabaya,,krn mrka gk akn prnh bsa menyebut kresek sprti pda sepet, 😀

    Reply

  21. sudah … disesuaikan saja dengan kebiasaan lidah dan dialek masing-masing 😆 … ada istilah di barat sono poteto-potato (di tulisnya tetap saja potato :mrgreen: )

    Reply

  22. saya pilih ngomong kresek, huruf ‘e’-nya dibaca seperti huruf ‘e’ pada kata ‘elang’ 😀 rasanya lebih tidak melelahkan rahang. menyebut krèsèk rasanya membuat rahang capek, lho 😀

    Reply

  23. kalo saya baca kresek e nya seperti pada bebek om haha.. ada2 aja ni postingan 😀
    Btw boleh tukeran link gak? saya dah pasang link blog ini di blog saya, silahkan di cek..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s