19
Jan
12

[Fiksi] Dunia Lain

Aku sedang berpikir keras. Aku sedang mengingat saat-saat terakhir hidupku. Biarkan aku berpikir.

Ah! Aku ingat sekarang! Waktu itu, sesosok makhluk muncul begitu saja di depanku. Entah dari mana datangnya, tahu-tahu saja dia muncul!

Aku sedang mengendarai mobil di tengah hujan deras. Jarak pandang tak terlalu jauh. Lalu, makhluk itu muncul di tengah jalan! Entah makhluk apa itu, aku tak bisa mengingatnya. Menghindari makhluk itu, aku banting setir ke kanan, ban mobilku selip, dan entah bagaimana kejadiannya, mobilku terbalik. Terbalik berkali-kali, aku terguncang-guncang di dalamnya, merasakan tubuhku remuk redam.

Aku tak ingat lagi apa yang terjadi. Hanya perasaan kaget sesaat sebelum kecelakaan itu yang aku ingat. Sesudah itu, gelap. Hanya gelap. Aku tak bisa merasakan tubuhku. Aku tak bisa merasakan degup jantungku. Aku bahkan tak tahu apa aku bernafas atau tidak.

Aku tak bisa merasakan waktu. Hampa. Tak berada. Diriku tak berwujud, terombang-ambing dalam kegelapan dan kehampaan.

Pasrah. Aku pasrah. Sebuah kepasrahan total. Terserah kegelapan itu mau membawaku ke mana.

Kemudian, ada cahaya itu. Ya, ada seberkas cahaya biru di kejauhan. Titik cahaya itu memanjang, mengulur lurus ke arahku. Aku, dalam wujudku yang tak berwujud, mendekati cahaya itu. Mungkin aku salah mengira, mungkin saja aku yang mendekat, atau cahaya itu yang mendekatiku.

Aku seperti masuk ke dalam inti cahaya itu. Tak terasa apa-apa. Semua menjadi terang, dari biru perlahan menjadi putih. Kegelapan berganti menjadi terang. Namun, tetap saja sunyi. Aku masih tak bisa merasakan wujud dan bentukku.

Lalu, aku mulai bisa melihat deretan-deretan gambar yang mendekat ke arahku. Gambar-gambar itu semakin dekat, semakin jelas aku melihatnya. Butuh waktu yang lama —itupun kalau memang benar aku merasakan aliran waktu— untuk aku bisa menyadari bahwa itu adalah rekaman kehidupanku, rekaman masa laluku.

Tapi aneh, rekaman kehidupanku itu hanya bisa aku ingat samar-samar. Aku sendiri tak terlalu ingat apa pekerjaanku. Aku tak ingat apakah aku memiliki sanak saudara atau tidak. Ingatanku seperti telah dikeluarkan dari dalam otakku.

Proses dalam ruang ini berlangsung entah berapa lama. Seperti yang aku katakan tadi, aku tak bisa merasakan waktu, ruang, dan wujudku. Alur gambar-gambar itu terus saja melaju melewatiku, hingga sampailah aku di ujung deretan gambar. Sebuah bingkai pigura ada di sana. Aku terhisap ke dalamnya, mulai terasa ada tekanan pada diriku.

Bayangkan, perasaan seperti di dalam pesawat —sebagai penumpang, ketika pesawat akan lepas landas. Tubuh terasa seperti tertarik ke belakang. Seperti itulah rasanya tekanan itu. Hanya saja, tekanan yang aku rasakan ini berkali-kali lipat lebih keras daripada itu.

Begitu sadar, aku sedang terbaring di sebuah kamar. Di sinilah aku berada sekarang. Aku bisa merasakan lagi tubuhku, aku merasakan udara mengalir ke dalam hidung dan paru-paruku, dan aku bisa merasakan detak jantungku dalam kesunyian ini.

Ya, masih sunyi, tak ada bunyi apapun. Tak ada apapun di ruangan ini kecuali ranjang tempat aku berbaring. Semua serba putih. Dinding putih dan ranjang putih. Tak tampak pula pintu dan jendela. Semua polos.

Sunyi. Aku tak bisa bicara. Tanganku yang bisa kugerakkan, kucoba menyentuh mulutku. Aneh, aku tak menyentuh apa-apa. Tanganku menembus rahang.

Semua yang aku katakan tadi hanya ada di dalam pikiranku. Semua yang aku katakan tadi adalah semua yang bisa aku ingat sejauh ini. Aku masih tak ingat siapa namaku. Aku tak ingat kehidupanku sebelum ini. Aku pun tak tahu apa alasan aku berada di sini dan mengapa aku mesti di sini.

Terjebak dalam kesunyian, dunia tanpa suara. Sampai kapan aku berada di sini?

*****

Ini cerita tentang apa yaa??

———————————————————————————————————————————————————–

Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

158 Responses to “[Fiksi] Dunia Lain”


  1. 19 January 2012 at 13:07

    tentang orang yang habis kecelakaan..

    • 22 January 2012 at 17:47

      Selain itu?

  2. 19 January 2012 at 13:15

    masnya pinter juga ya bikin fiksi 😀

    • 22 January 2012 at 17:46

      Nggak ah. 😐

  3. 19 January 2012 at 13:16

    tuhh.. efek baca novel thriller-suspense-mistery 😀

    • 22 January 2012 at 17:46

      Hahahaha tahu aja 😆

  4. 19 January 2012 at 13:22

    Mas Asop, keren banget bahasanya…
    Saya suka cerpen atau novel bergaya seperti ini… 😀

    Ayo lanjutkan… 😆

    • 22 January 2012 at 17:39

      Ini bukan cerpen. Terlalu pendek.

  5. 9 Ely Meyer
    19 January 2012 at 13:29

    kok kayak baca kisah nyata ya Sop 😀

    • 22 January 2012 at 17:54

      Berarti cerita saya berhasil.

  6. 19 January 2012 at 13:37

    cerita tentang hayalan seorang Asop hihihi 🙂 menarikkkk~

    • 22 January 2012 at 17:55

      Pintarrr 😀 😀

  7. 19 January 2012 at 13:39

    mungkin kah itu roh yang melayang :X

    ajariin bikin cerita fiksi donk 🙂

    • 22 January 2012 at 17:55

      Haduh saya aja bikin ini lama banget. 😐

  8. 19 January 2012 at 13:42

    cerita tentang orang yang koma..
    abis kecelakaan..
    ada di alam lain..

    • 22 January 2012 at 17:56

      🙂

  9. 19 January 2012 at 14:24

    waw….. maknyus…. menarik mas ceritanya….. 🙂

    like this yo… 😀

    • 22 January 2012 at 17:57

      Lek dis yo. 😆

  10. 19 January 2012 at 14:30

    cerita horor ya 🙂
    Om dapet sala dari pascal. diajakin ain angry birds

    • 22 January 2012 at 17:54

      Hahaha asik asik, saya mau figurine-nya Angry Birds dong… 😀

  11. 19 January 2012 at 14:37

    ahirnyaa, bikin fiksi juga.. 😀
    bagus mas, apiik..
    ceritanya habis kecelakaan ya itu? 😀

    • 22 January 2012 at 17:52

      Iya. Terus gimana ya?

  12. 23 jarwadi
    19 January 2012 at 15:09

    itu cerita thriller psikologi kayaknya, ayo dilanjut, sudah mulai penasaran nih 🙂

    • 22 January 2012 at 17:52

      Maap Mas, saya sendiri bingung lanjutannya…

  13. 19 January 2012 at 15:16

    katanya lemah dalam memaknai puisi tapi jago bikin kata-kata puitis 😳
    keren fiksi-nya (atau nyata??) 🙄

    • 22 January 2012 at 17:51

      Soal ini dan itu lain. 😛

  14. 19 January 2012 at 15:59

    itu cerita tentang kegalauan kang :p

    • 22 January 2012 at 17:50

      Bukan.

  15. 19 January 2012 at 16:33

    Wow keren… usul nih judulnya “hampa” aja hihihi

    • 22 January 2012 at 17:50

      Hmmmm usul saya masukkan ke dalam kantong penyimpanan.

  16. 19 January 2012 at 16:43

    mungkin diculik mahluk UFO pak…

    • 22 January 2012 at 17:48

      Saya pikir bukan.

  17. 19 January 2012 at 16:56

    seperti sedang amnesia ya mas ceritanya?
    tp ngeri jg klo itu kejadian secara nyata 😦

    • 22 January 2012 at 17:47

      Jangan sampai. 😦

  18. 19 January 2012 at 17:07

    tentang dunia lain!!! tentang mimpi!!! tentang alam bawah sadar manusia *sok tau banget aku. hahah..
    jadi, tentang apa Asop??? 😛

    • 22 January 2012 at 17:47

      Lho, saya yang tanya. 😀

  19. 37 sawitri
    19 January 2012 at 18:00

    kereeen om ceritanya..deg-degan bacanya, kalo saya baca ini kayak…kayak..kayak apa ya? saya juga nggak tau je..

    • 22 January 2012 at 17:46

      Saya juga ga tahu.

  20. 19 January 2012 at 18:07

    hahaha, bener kayak komen diatas sop, mungkin ini pengaruh dari novel2 yang sering kamu baca.. tapi dhe suka dengan fiksinya, jadi sedikit tegang ketika baca alur ceritanya.. weee, asop mulai merambah dunia fiksi ternyata.. sukses yaa sop 😉

    • 22 January 2012 at 17:39

      Hehe, bisa jadi. Saya suka thriller sih.
      Tak ada maksud apa2 dalam menulis ini. Saya bikin ini aja lamanyaa minta ampun.

  21. 19 January 2012 at 19:05

    jadi ceritanya lupa ingatan nih Sop? haduuh tapi gak lupa saya kan?? #halaahh 😀

    Ayo Sop, menulis fiksi yang banyak lagi. 😉

    • 22 January 2012 at 20:15

      Hoho, doakan saja.

  22. 19 January 2012 at 21:27

    horeeee ini fiksi yg ke berapa Sop?
    ceritanya amnesia?

    • 22 January 2012 at 20:17

      Ini yang kedua.

      Amnesia? Sepertinya sih bukan.

  23. 19 January 2012 at 21:29

    mati suri jangan2 :O
    kayak katanya dumbledore, “tentu saja ini smua terjadi dlm kepalamu, Harry. tapi kenapa ia harus tidak nyata?” 😀

    • 22 January 2012 at 20:17

      Ya, semua hanya terjadi di dalam kepalaku.

  24. 19 January 2012 at 21:34

    Ini pasti ceritanya tentang cerita fiksi, iya kan?

    • 22 January 2012 at 20:18

      Itu sih sudah pasti. 😀

  25. 19 January 2012 at 21:40

    tentang apa ya? Tentang orang yang baru saja kecelakaan dan nggak sadarkan diri?? Dan ini adalah proses yang dihasilkan otaknya selama ia tidak sadar itu?? hahaha 😛

    Anyway, keren nih ceritanya 😛

    • 22 January 2012 at 20:19

      Ini hanya cerita super pendek.

  26. 19 January 2012 at 22:10

    Widih, ini bakal ada kelanjutannya ga? Hehe cieee keren euy. Mampir ke blog fiksi Gita di imaginadine.blogspot.com juga dong Kang 😛 *shameless promotion*

    • 22 January 2012 at 20:20

      Insya Allah secepatnya ya. 🙂

  27. 19 January 2012 at 22:17

    Tentang apa? Ga ngerti @_@
    Ohhh orang koma tho… *baca komen komennya*

    • 22 January 2012 at 19:13

      Yaaah, pendapat sendiri, dong. 😐

  28. 19 January 2012 at 23:33

    Sebuah imajinasikah , atau nyatakah di tulis sangat apik dan indah. Met malam

    • 22 January 2012 at 19:11

      Imajinasi.

  29. 20 January 2012 at 07:25

    seperti seseorang yg dalam koma antara hidup dan mati…,
    hmmm…jadi ingat kematian…,tatuuuut…..,

    • 22 January 2012 at 19:10

      Mari perbaiki amalan baik kita… 😥

  30. 20 January 2012 at 08:02

    Ayo siapa bisa tebak ayo ayo tebak cerita tentang apakah ini.

    Bagus sop :-bd

    • 22 January 2012 at 19:10

      Jangan puji saya. 😐 😐

  31. 20 January 2012 at 08:59

    hahaha… memang fiksi telah merajalela..bahkan asop pun bisa terpengaruh 😀

    • 22 January 2012 at 19:08

      Iya.

  32. 63 riez
    20 January 2012 at 09:46

    bercerita tentang orang yg kecelakaan dan mengalami amnesia.

    • 22 January 2012 at 17:57

      😎

  33. 20 January 2012 at 10:06

    bener-bener pasrah ,,
    cerita kecelakann dan mengalami amnesia..

    • 22 January 2012 at 17:56

      Bisa jadi. 😐 😐

  34. 20 January 2012 at 10:59

    Cerita humor to ini… Wkwkwk… /Piss

    • 22 January 2012 at 20:15

      Pinter.

  35. 20 January 2012 at 11:03

    Sooooop…
    tumben dramatis gini euy…
    pasti lagi naksir cewek yah!!!*nuduh*

    Besok eyke dateng bareng ama Nchie yaaaa…
    sekitar jam 1 an lah…
    mudah2an gak ujan deh…
    see you soon…

    • 22 January 2012 at 20:15

      Apa hubungannya Teh, cerita suram begini ama kasmaraaan? 😆 *aya aya wae*

  36. 20 January 2012 at 11:14

    hmmm ada bagian-bagian yang pernah aku rasakan terutama sebelum bertemu cahaya biru itu 🙂

    • 22 January 2012 at 20:16

      Waduh, Mbak Imel habis kena apa?? 😯

  37. 20 January 2012 at 11:25

    huooo…. semoga ketemu badannya lagi,sop. *horor seketika dalam ruangan

    • 22 January 2012 at 20:17

      ….bisa lepas gitu ya.

  38. 20 January 2012 at 11:43

    seberkas cahaya biru <— bukan kampanye partai kan? hehehe

    • 22 January 2012 at 20:20

      Hush ya bukan lah.

  39. 20 January 2012 at 14:12

    sepertinya keren, hehehe…

  40. 20 January 2012 at 15:03

    ceritanya tokoh utamanya itu hantu yah bos? 😛

    • 22 January 2012 at 19:08

      Mungkin. :mrgreen:

  41. 20 January 2012 at 15:28

    pernah mengalaminya,pas kecelakaan naik sepeda motor pertengahan 2010, amnesia retrogade namanya, lupa ingatan sebagian

    • 22 January 2012 at 19:05

      Dahsyat. 😀

  42. 20 January 2012 at 15:53

    ayo dilanjutin ceritanya..
    abis ini tiba2 ada orang dateng bawa bunga.. terus teruss.. 😀

    • 22 January 2012 at 19:05

      Orangnya dateng dari mana? ‘kan gak ada pintu dan jendela. 😐

  43. 20 January 2012 at 17:28

    Cerita asop tertidur dan mimpi hikhikh…

    • 22 January 2012 at 17:32

      Bisa jadi.

  44. 20 January 2012 at 18:36

    cerita tentang…tentang apa ya bang?

    cerita fiksi mah yang jelas.. :mrgreen:

    • 22 January 2012 at 17:29

      Yah kalo itu sih saya juga tahu..

  45. 20 January 2012 at 20:01

    Kayaknya ini versi teks-nya lagu Last Kiss-nya Pearl Jam ya? hehe

    • 22 January 2012 at 17:28

      Oh ya? Saya belom pernah baca liriknya.

  46. 20 January 2012 at 20:40

    tentang orang yang lagi bingung…

    • 22 January 2012 at 17:27

      bingungnya bingung apa?

  47. 20 January 2012 at 20:41

    Tentang apa, ya… saya juga bingung nih, Sob. Hehe….

    Oh iya, saya juga pernah bikin fiksi lho, walaupun mungkin nggak sebagus postingan Asop ini :p
    Bisa dibaca di sini: http://ditter.wordpress.com/2010/02/25/anak-tikus/

    • 22 January 2012 at 17:26

      Duh, bagusan cerita Mas Ditter, jangan merendah ah, dan jangan puji saya… 😦

  48. 94 ichi
    20 January 2012 at 20:52

    thriller, suspense, misteri. ketiganya ditautkan sempurna di fiksi bebas di atas. tapi, di akhir, kurang mengejutkan sebab ketegangannya sudah ditebarkan di awal dan di tengah.

    • 22 January 2012 at 17:25

      Iya, makasih ya atas kritiknya. SAya sendiri emang bingung mau mengakhirinya gimana… 😦

  49. 20 January 2012 at 21:33

    nampaknya cerita bersambung.
    diculik alien kah? hehe :mrgreen:

    • 22 January 2012 at 17:23

      Alien? Kayaknya nggak.

  50. 20 January 2012 at 22:24

    wuiiihh,
    Seru bgt nihh,,
    Baca nya ngalir gtu aja..
    Salut..
    😀

    • 22 January 2012 at 17:19

      Jangan puji berlebihan… 😦

  51. 21 January 2012 at 00:05

    wah, mas asop bikin fiksi, mantab, dilanjut part 2 nya.

    • 22 January 2012 at 17:17

      Hahaha saya malah gak yakin dengan cara mengakhiri cerita ini… 😆

  52. 21 January 2012 at 00:35

    novel tentang lnjutan bourne(yg saya mksud trilogi the bourne) yg lagi galau wkwkwke

    • 22 January 2012 at 16:22

      Wah, lanjutan trilogi Bourne nanti mau ada lho. 😀

  53. 21 January 2012 at 05:39

    itu orang habis tubrukan terus ada mulai tersadar dgn menderita amnesia 😀

  54. 21 January 2012 at 05:42

    bisa jadi seperti itu ya apa yg dialami seseorang setelah kecelakaan (dan mgkn koma)… eniwei, memang makhluk itu nggak bisa mencelakakan manusia tapi bisa menyebabkan kecelakaan.. ini kata temanku yg bisa melihat.. wallahu’alam

    • 22 January 2012 at 16:21

      Bisa jadi. 😐

  55. 21 January 2012 at 06:35

    Sop, bangun Sop
    ayo main bloa lagi 😀

    • 22 January 2012 at 15:56

      hahahaha gak bisa, belom sadar nih! 😆

  56. 21 January 2012 at 07:31

    nyureng saya bacanya. ini cerita tentang apa ya sop? beneran deh saya bingung… *mewek*

    • 22 January 2012 at 15:52

      Lho, tolong jelasin ke saya dong… 😐

  57. 21 January 2012 at 08:29

    yg di tengah jln itu gozilla y?

    • 22 January 2012 at 15:51

      Entah. :mrgreen:

  58. 21 January 2012 at 09:33

    duh.. gak kebayang kalo ngerasain itu semua mah.. 😕 pasti panic at the disco kalo aku.

    • 22 January 2012 at 15:49

      Ini fiksi, tenang. 🙂

  59. 21 January 2012 at 09:38

    sepertinya Asop berminat menjadi penulis…….tekuni saja Sop….siapa tahu itu memang takdir bagimu 😎

    • 22 January 2012 at 15:46

      Kalau memang benar begitu, biarkan saya berlatih dahulu. 🙂

  60. 21 January 2012 at 10:02

    keren keren keren sob keren

    • 22 January 2012 at 15:48

      Jangan berlebihan. 😐

  61. 21 January 2012 at 10:05

    Wah .. Asop ternyata bisa bikin cerpen juga. Gak ikutan lomba2 cerpen Sop?

    • 22 January 2012 at 17:30

      Ini bukan cerpen, terlalu pendek utk disebut cerpen.

  62. 121 Arnolegsa Maupasha
    21 January 2012 at 10:49

    saya baca bolak balik tiga kali…. ooouuww ternyata ini tulisan tentang kisah kasih dua insan yah #lho?

    • 22 January 2012 at 17:30

      Dua insan?
      Kok bisa??

  63. 21 January 2012 at 14:49

    bahasanya simpel,,tapi bisa menggiring saya seolah sayalah yang mengalaminya,,,

    • 22 January 2012 at 17:29

      alhamdulillah….

  64. 21 January 2012 at 15:16

    hayow mas asop maunya sampai kapan…??
    😛

    • 22 January 2012 at 17:27

      Maunya apa ya?

  65. 21 January 2012 at 15:56

    wow

    • 22 January 2012 at 17:24

      Wow juga.

  66. 21 January 2012 at 16:14

    tiba tiba aku terbanting dengan kisah yang ini
    mbulet hahahaha

    • 22 January 2012 at 17:20

      Mbulet ya… nanti saya bikin deh fiksi yang ringan. 😀

  67. 131 Tina Latief
    21 January 2012 at 17:15

    ayo lanjutkan…
    ceritanya belum habis kan…

    • 22 January 2012 at 17:19

      Entahlah saya sudah bingung mau cerita apa lagi…

  68. 21 January 2012 at 18:49

    jadi inget film yg tokohnya tuker jiwa itu.. hehe..pilihan katanya bagus..

    • 22 January 2012 at 17:17

      Wah, tuker jiwa? Itu serem banget. 😯

  69. 21 January 2012 at 21:07

    cuma bisa bilang. behhhh… mantafff 😉

    • 22 January 2012 at 16:20

      Mantaf apa mantap? 🙂

  70. 21 January 2012 at 21:24

    ini ikutan ff itu yah?

    asyik euuuyyy..

    • 22 January 2012 at 15:56

      Bukan, kalo ikutan FF pasti di judul saya kasih FF. 🙂

  71. 21 January 2012 at 21:51

    kisah traumatis seseorang?

    • 22 January 2012 at 15:53

      Kayaknya sih bukan…

  72. 141 citute
    21 January 2012 at 22:10

    Hahahaha.. boleh juga cerpennya,,, 😀

    • 22 January 2012 at 15:51

      Ini bukan cerpen, terlalu pendek untuk disebut cerpen.

  73. 22 January 2012 at 16:06

    sampe kapan ya … ^_^

    • 22 January 2012 at 20:44

      Tolong jawab dong.

  74. 22 January 2012 at 19:56

    Asop ternyata ointer bikin fiksi, heee

    Suka dech…aku juga ada yang serupa tapi tak sama ya..beda,,,kalau gak salah nie orang ada dalam keadaan MDE (something alike, dech..:D) jadi dalam keadaan dia lepas dari jiwanya..aku dulu (8 th yang lalu) pernah bikin penelitian sendiri tentang apa yang di lihat and dirasaka orang dalam keadaan pingsan, koma atau mati suri…

    Dua jempol ye, jujur akusuka banget fiksi dengangenre beginian…..

    • 22 January 2012 at 20:31

      Hahahaha banyak kawan bilang ini karena pengaruh novel thriller-suspense yang sering saya baca. 😀

  75. 23 January 2012 at 08:56

    ini teh cerita benar atau karangan ?

    • 25 January 2012 at 22:19

      Karangan. Namanya juga fiksi.

  76. 24 January 2012 at 10:22

    ejieeeeeeeeeeeeee.. baru kali ini baca fiksinya bang asop 😀

    • 25 January 2012 at 21:10

      Gimana menurutmu?

  77. 24 January 2012 at 12:21

    tentang orang yang rohnya lagi mengembara bukan Sop? koma…

    • 25 January 2012 at 22:11

      Bisa jadi.

  78. 153 sebutmawar
    1 February 2012 at 22:03

    Pencabutan nyawa bukan? Hehehe :p

    • 3 February 2012 at 16:40

      Hmmmm mungkin. Silakan beranggapan bebas.

  79. 3 February 2012 at 11:18

    pengalaman pribadi gan

    • 3 February 2012 at 16:54

      Siapa? Pengalaman situ?

  80. 25 March 2012 at 16:50

    saya belum jelas awal dan akhirnya. menurut saya, itu hanya potongan cerita — kayaknya di bagian tengah. mohon maaf kalau salah. 🙂

    • 25 March 2012 at 19:14

      Belum jelas?
      Oke, tak apa, makasih atas masukannya. 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: