31
Jan
12

Sambut Hari, Keterbukaan Nurani

Indahnya dunia
Di kala subuh
Mengendapkan rasa
Semalam suntuk

*

Alunan melodi
Menggenapkan hati
Risau telah hilang
Senangkan hati

*

Udara segar menanti
Fisik siap bergerak
Pikiran cerah terbuka
Tatap lurus ke depan
Aku senang
Sambut dunia
Menuju keterbukaan nurani

Gambar bukan punya saya, lihat disclaimer

******* 

Seharusnya ini diterbitkan pas subuh, bukan tengah malam begini. 😳

Jangan tanya mengapa saya kepikiran hal ini. Saya nggak tahu. Gara-gara melihat banyak posting-an narablog yang berpuisi atau ber-“kalimat indah”, lama-lama saya tergugah juga untuk membuat yang beginian. :mrgreen:

Jadi begini. Saya juga lihat banyak sekali posting-an narablog yang bercerita tentang senja. Betapa mereka menyukai dan menyanjung senja, betapa mereka menganggap senja itu indah. 🙂  Bagi saya berbeda. Saya tidak terlalu menyukai waktu senja, karena saya pikir senja adalah transisi dari siang hari (terang) ke malam hari (gelap). Bulan, yang cahayanya tak terlalu kuat, akan menggantikan matahari. Menurut saya, dari terang ke gelap itu sungguh kelam dan muram. 😐

Makanya, saya lebih suka subuh. Kebalikan dari senja, subuh ialah transisi dari gelap ke terang, saat-saat di mana hari yang baru akan dimulai. Saat di mana kita bangun dan menikmati udara segar. Pikiran kita plong, bagaikan komputer Window$ yang habis di-defrag. *pengandaian yang jelek sekali* 😆   Matahari akan terbit menghangatkan bumi. Indahnya alunan melodi alam yang digubah oleh kicauan burung-burung dan (tentunya) kokokan ayam. 😀

Betapa ruginya orang yang tak bisa menikmati subuh. 😳

Narablog sekalian lebih suka subuh atau senja? Di saat subuh, apa yang narablog dan pembaca sekalian pikirkan? 🙂

———————————————————————————————————————————————————–

Gambar dicomot dari sini. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

237 Responses to “Sambut Hari, Keterbukaan Nurani”


  1. 31 January 2012 at 22:37

    Kartini banget nih… “Habis Gelap Terbitlah Terang” hehe… 😛

    • 1 February 2012 at 19:27

      Pokoke beginilah pikiran saya.

  2. 31 January 2012 at 22:39

    Sop aku juga lebih suka pagi hari, pagi hari lebih indah lebih seger.
    Apalagi bisa mandi sebelum subuh huiii seeger. 🙂

    • 1 February 2012 at 19:48

      Nah itu dia salah satu kenikmatan subuh ya Mas, menikmati udara segar dan mandi pagi!

  3. 31 January 2012 at 23:04

    Ente rabun senja ya Sop, sampai segitunya… :mrgreen:

    • 1 February 2012 at 20:37

      Nggak lah Bang, hahaha.. 😆

      Memang begitulah saya.

  4. 31 January 2012 at 23:06

    di saat subuh atau senja, yg terpikirkan cuma kamu, iya kamu!
    *gatau nunjuk siapa* :))

    • 1 February 2012 at 20:36

      *hampir jari Mbak Indah nyolok saya*

      • 3 February 2012 at 10:29

        *ngakak baca komennya mba indah*

      • 3 February 2012 at 17:01

        Awas jangan ikut2an nunjuk gak karuan… 😆

  5. 31 January 2012 at 23:12

    Saya lebih suka senja, krn di kesempatan itulah sy bisa puas bercengkrama dgn keluarga kecil sy 🙂

    • 1 February 2012 at 20:36

      Oh… ini masalah lain.

  6. 31 January 2012 at 23:38

    Wah..aku juga paling suka suasana subuh..
    menyegarkan..
    bisa lari pagi,sapu-sapu jalan,tanpa ada yang nanya emak2 rumpi..
    aman..aman..

    eh potona cantik ..

    *oya nagih poto kopdar kemaren mana?? tag donk..!!*

    • 1 February 2012 at 20:33

      Wuih, itu bagus banget Teh, nyapu pagi2. Udara segar dapet, olahraga ringan dapet, halaman bersih pula. 😀

      Maap Teh, saya gak unggah ke fesbuk, saya kirim via email mau?

  7. 31 January 2012 at 23:46

    tergantung…
    kalo lagi libur, suka subuh, excited soalnya. kalo lagi kerja… gak suka subuh… masih pengen tidur soalnya! hahaha

    • 1 February 2012 at 20:31

      Hehehe kayak mahasiswa aja.

  8. 1 February 2012 at 00:01

    lebih suka tengah malem kayaknya. 😕 soalnya suasananya lebih tenang..

    • 1 February 2012 at 20:30

      Nah, itu juga bagus. Habis solat tahajjud rasanya nikmat banget. 🙂

  9. 1 February 2012 at 00:15

    Hahaha… makanya, tumben ada puisi di sini…

    Kalau saya suka keduanya dengan alasan yang berbeda. Namun, intinya sama, saya merasa lebih produktif. Halah, maksudnya?
    Senja, dengan suhu udara yang mulai turun, ketegangan beraktivitas mulai berkurang. Ini adalah saat yang pas untuk bersantai. Tapi biasanya saya sudah istirahat pas sore hari. Jadi ketika senja datang, saya bisa menggunakan waktu santai untuk melakukan hal-hal ringan seperti blogging dkk. (Produktif santai).
    Subuh, awal hari, sudah dari sananya banyak orang bersemangat ketika pagi hari. Ini adalah saat yang pas untuk membangkitkan semangat. Ide-ide fresh bermunculan bersama dengan freshnya badan. Nah, saya bisa menggunakan waktu ini untuk sedikit mencicil tugas yang akan dikerjakan di kantor nanti. (Produktif beneran).

    Saya malah mikir sekarang. Mungkin saya makhluk nocturnal. Produktif malah malam hari ketika suasana sedang tenang. Ini adalah waktu yang pas untuk mengerjakan sesuatu kalau lagi nglembur atau hal-hal yang penting. Tidur cuma beberapa jam, bangun lagi. Mengerjakan lagi. malah kerja bisa lebih cepet kalau malam hari. Paling tidak produktif kalau siang hari, sudah kebayang tempat tidur dengan angin yang semilir. LOL

    • 1 February 2012 at 20:29

      Hehe, jadi malu, saya gak pernah bikin puisi…

      Nah…. siang hari dan angin semilir? Iya, itu sungguh menggoda untuk tidur siang. 😐

      Saya juga begitu Mas, dulu pas masih kuliah. Untuk belajar pas UAS/UTS, atau pas ngerjain tugas, saya biasa tidur jam 7 atau sekitar habis maghrib. Nah, saya bangun jam 1 malam. Lumayan cukup, tidur 6 jam. Udah deh, habis solat tahajjud, rasanya enak banget berasa sendirian di kosan. Udara sejuk, sunyi, rasanya bisa konsen penuh untuk ngerjain dan belajar. 🙂

  10. 21 wibisono
    1 February 2012 at 00:49

    lebih suka subuh.. tapii kadang abis subuh langsung tidur lagi.

    • 1 February 2012 at 20:14

      Hmmmm.. itu wajar.

  11. 1 February 2012 at 00:54

    Kayak Kartini aja, habis gelap terbitlah terang, hahahaha 😆

    Kalau aku sih sekarang lebih suka senja, soalnya kalau subuh enakan tidur sih, hihihihi 😆 . Btw, tapi musim dingin kayak sekarang ini subuhnya (pas matahari terbit maksudnya) juga paling jam 8 gitu sih. Trus senjanya jam 5 sore, hahaha.

    • 1 February 2012 at 20:13

      Iya ya Bang, saya baca di eropa katanya sekarang suhu lagi ekstrem. Kalo pagi katanya suhu bisa minus celcius ya. 😦
      Terus kalo di negara empat musim, pas musim dingin siangnya pendek ‘kan ya… 🙂

  12. 1 February 2012 at 01:37

    saya sih suka dua duanya 😀

    • 1 February 2012 at 19:54

      Jawaban yang dilomatis.

  13. 1 February 2012 at 01:38

    betewe komen kamu banyak amat sih sop
    ambo takjub 😛

    • 1 February 2012 at 19:53

      …. biasa aja ah, setengahnya ‘kan komentar daku sendiri…

  14. 1 February 2012 at 05:28

    jelas aku lebih suka subuh. soalnya kalo senja nyamuk2 sudah mulai bermunculan. hihii

    • 1 February 2012 at 19:52

      Hmmmm…. benar juga ya.

  15. 1 February 2012 at 05:57

    saya juga suka suasana ketika subuh mas,..
    subuh udaranya segar,..
    apalagi saya sering jalan-jalan ke pasar yang di simpang dago, sambil beli makan mas, 🙂

    • 1 February 2012 at 19:51

      Nah, itu dia indahnya jadi mahasiswa di Cisitu ya…

  16. 1 February 2012 at 06:25

    ehcieh bikin puisi nih… *kilik2asop*

    lebih suka subuh. karena subuh adalah “awal” menuju terang. sementara senja berkebalikan.

    • 1 February 2012 at 19:51

      *aduh kegelian!*

      Saya gak tahan dikitik-kitik, serius.

      Toss dulu! 😀

  17. 1 February 2012 at 06:27

    eh habis baca, ternyata pemikiran kita sama. nyahahaha. aku juga ga begitu suka senja. senja itu bagiku menakutkan… *gemetaransendiri*

    • 1 February 2012 at 19:49

      Toss dooloo!

      Kalo senja itu, rasanya kelam.

      Yah, meskipun benar ada yang bilang bahwa kala senja itu waktunya istirahat dari rutinitas… tapi tetep aja, suasananya saya lebih suka subuh. 😀

  18. 1 February 2012 at 06:44

    sebagai orang yang suka jalan, saya suka keduanya…

    • 1 February 2012 at 20:40

      Oh, bukankah jalan pas senja gak enak, Bang?
      Polusi udara banget kan? 😦

  19. 1 February 2012 at 07:11

    Aku pilih subuhhh, tapi menikmati keduanya. 😀

    • 1 February 2012 at 20:39

      Hmmm… saya menikmati subuh. 🙂

  20. 1 February 2012 at 08:30

    abis shubuh saya tidur lagi e :p

    • 1 February 2012 at 20:38

      Mbak…. gak olahraga? 😀
      Siapa tahu nemu jodoh pas olahraga pagi, Mbak…

  21. 1 February 2012 at 08:46

    Nay lebih suka subuh, karna kalo senja udah pasti pikirannya cuma atu yaitu molor…hehehee
    kalo subuh kan pikiran masiih fresh, bisa ngaji sampe satu surah truss bisa nuangin ide2 buat blog dehh #tetepp 😀

    • 1 February 2012 at 20:37

      Luar biasa, subuh memang luar biasa indah ya.

  22. 1 February 2012 at 08:53

    Sambut Hari dan nikmati secukupnya…;)

    • 1 February 2012 at 20:36

      Hmmmmm, benar juga, jangan berleha-leha pas subuh atau senja. 🙂

  23. 1 February 2012 at 09:07

    saya sendiri suka keduanya Sop, tapi kalau disuruh milih, lebih suka senja
    karena artinya tiba saatnya untuk beristirahat, meninggalkan kerjaan yang membuat penat dan tidur hihihi

    • 1 February 2012 at 20:35

      Alasan yang masuk akal.

  24. 49 jarwadi
    1 February 2012 at 09:39

    menurutku subuh memancarkan harapan dan kehidupan, senja meniupkan kedamaian. itu menurutku. menurutmu bagaimana? hihi

    • 1 February 2012 at 20:34

      Menurut saya, ya seperti yang telah saya tulis di atas.

  25. 1 February 2012 at 09:57

    “i love jakarta until 9:00 AM 😀 ..” Tapi ternyata Jakarta jauh lebih indah dikala subuh … mobil masih jarang 😆 serasa lebaran …

    • 1 February 2012 at 20:31

      Nah itu dia, kayaknya keras ya, kehidupan di jakarta….

      • 1 February 2012 at 21:02

        Jakarta emang keras! Jam 5 aje, orang-orang udah mulai keluar rumah untuk nyari sesuap nasi di Jakarta.

        • 3 February 2012 at 16:20

          Iya nih ya, kehidupan ibu kota…

  26. 55 riez
    1 February 2012 at 10:00

    saya orangnya easy going kapan pun waktunya haayo

    • 1 February 2012 at 20:31

      Jadi, pilih dua2nya? 😀

  27. 1 February 2012 at 10:55

    Ngomong2 defdrag, defdragin lapi saya, Shop…

    Jadi inget puisi Fajar dan Senja

    • 1 February 2012 at 20:15

      Ashop? Nama saya berubah ya..

      Defrag sih mudah banget, Mbak. 😀

  28. 1 February 2012 at 11:32

    mncap bgt dah ah

    • 1 February 2012 at 20:14

      asoyyyy

  29. 1 February 2012 at 11:47

    tadi pagi selepas subuh saya tidur lagi sebelum renang, duh jadi malu 😳

    • 1 February 2012 at 20:14

      Lho, kenapa mesti malu, Mas? Mas Arif udah hebat, bisa dan mau renang. Lha saya, akhir2 ini olahraga cuma sabtu minggu doang…

  30. 1 February 2012 at 12:27

    Saya suka senja…. mungkin karena terbiasa dengan ritme pekerjaan yang mulai mereda saat senja. 🙂

    • 1 February 2012 at 19:54

      Oh, bisa jadi ya….

  31. 1 February 2012 at 12:58

    *membuka hatikuuuuuuuu*

    • 1 February 2012 at 19:52

      *membuka baju*

  32. 1 February 2012 at 13:18

    cihuyy..kang asop makin puitis

    • 1 February 2012 at 19:52

      Eh waduh baru juga satu buah yang saya tulis…

  33. 1 February 2012 at 14:35

    aku juga lebih suka subuh 🙂

    • 1 February 2012 at 19:51

      Toss dulu!

  34. 1 February 2012 at 14:42

    suka senja Sop

    ehh ya juga yaa.. harusnya lebih senang Subuh, karena disaat Subuh itulah rejeki dbagikan, siapa cepat utk menjemput rejekinya maka dia akan mendapatkan keberkahan kan yak 🙂

    • 1 February 2012 at 19:49

      Tuh, bener ‘kan, subuh itu begitu besar rahmatnya.

  35. 1 February 2012 at 14:54

    ane pilih 2 2 nya
    subuh itu waktu yang cocok buat ngejernihin pikiran sambil menghirup udara segar
    kalo senja itu cocok buat nyantai sambil nungguin maghrib apalagi kalo sambil makan bakso + es kelapa muda
    *eh

    • 1 February 2012 at 20:38

      Wuidih, mantap tuh bakso ama kelapa muda. 😀

  36. 1 February 2012 at 14:55

    Bicara subuh,,tadi subuh aku kesiangan,,jadi gak smgat mau ngapain,hicks.. 😦

    • 1 February 2012 at 20:36

      Janga terulang ya..

  37. 1 February 2012 at 14:57

    mantabs bener nih artikelnya, dan jarang juga orang yang bangun subuh…………..jadi bagus nih artikel bisa menarik seseorang merasakan indahnya susana subuh

    • 1 February 2012 at 20:41

      Syukurlah kalau memang posting-an ini bermanfaat. 🙂

  38. 1 February 2012 at 15:16

    senja seperti terminal linux 😀
    subuh seperti GNOME dan KDEnya Linux

    • 1 February 2012 at 20:34

      …saya tepok jidat.

  39. 1 February 2012 at 15:40

    Selamat pagi!

    • 1 February 2012 at 20:33

      Saya balas komentar ini sudah malam..

  40. 1 February 2012 at 16:26

    hmm kata2 mas asop membuatku jadi pengen buat puisi tentang subuh, tentunya dgn pengandaian Rusia lagi :mrgreen:

    • 1 February 2012 at 20:32

      Huihihihi, nanti jadi “Subuh di Lapangan Merah”.

  41. 1 February 2012 at 16:49

    saya suka ke dua2nya. gak ada yg dilebihkan..soalx sama2 indah..

    • 1 February 2012 at 20:31

      Jawaban diplomatis.

  42. 1 February 2012 at 16:59

    saya suka dua2nya,tapi subuh selepas sholat waktunya istirahat setelah bergadang walau sesaat……:)

    • 1 February 2012 at 20:30

      Nah, ingat kata Bang Rhoma Irama, jangan begadang kalo gak penting2 amat.

  43. 1 February 2012 at 17:28

    saya suka subuh subuh biasanya ada yang ketok ketok pintu, eh…ada yang mau melahirkan 😛

    • 1 February 2012 at 20:16

      Huidiiih, Bu Bidan!

  44. 1 February 2012 at 17:37

    sebenernya lebih suka subuh, karena buat saya bangun pagi sangat nikmat. masalah, yaitu, saya susah banget bangun pagi sekarang. paling pagi jam 9… wkwkwkwk

    • 1 February 2012 at 20:15

      Eaaaaaa kok jam 9 baru bangun…

  45. 1 February 2012 at 17:54

    Hihihi subuh juga menyenangkan koq 😉
    Serangan fajar!
    Eh 😀 haha

    • 1 February 2012 at 20:14

      Waduh, jadi perang gerilya atau blitzkrieg nih….

  46. 95 Tina Latief
    1 February 2012 at 18:21

    subuh yang sepi, dingin dan masih segeerrr…sipppp

    • 1 February 2012 at 19:54

      Yoi, sip ya Mbak.

  47. 1 February 2012 at 18:46

    tapi justru momen2 kayak gitu yang banyak digunain di film2 romantis.

    • 1 February 2012 at 19:53

      Hmmmmm… masuk akal sih, karena malam segera datang.

  48. 1 February 2012 at 18:51

    saya mah suka subuh juga senja
    keduanya punya sensasi yang berbeda
    semangat menjelang keduanya juga beda
    dan sulit dijabarkan dalam kata2 *halah*

    • 1 February 2012 at 19:52

      Hahaha, seperti biasa, Mbak Nique. :mrgreen:

  49. 1 February 2012 at 19:08

    menurutku, Subuh dan Senja sama indahnya.. kalau Subuh berarti awal hari yang baru, jika senja berarti sebentar lagi waktunya istirahat yg recharge… seperti skrg ini… maghrib… ^_^

    • 1 February 2012 at 19:51

      Hmmmm alasan yang bisa diterima.

  50. 1 February 2012 at 19:33

    habis terang muncullah gelap 🙂

    • 1 February 2012 at 19:48

      Nice one.

  51. 1 February 2012 at 20:41

    Dan untuk “mendapatkan” subuh itu luar biasa sulit buat aku sop dibandingkan dengan senja. Yak, kalau untuk sesuatu yang spesial aku lebih memilih subuh 🙂

    • 1 February 2012 at 20:42

      Untuk someone special? Hihihihihi

      *ngegodain Mbak Irni* 😀

  52. 1 February 2012 at 20:51

    Kalo saya sih suka dua2nya mas 😀
    Soalnya keduanya, baik antara subuh ataupun senja memiliki keindahan masing2.
    Toh sama2 cantiknya 😀

    • 3 February 2012 at 16:17

      Boleh, boleh, setiap orang punya alasan masing-masing…

  53. 1 February 2012 at 21:07

    Liat fotonya, saya jadi kepingin balik lagi ke Madinah. Buat saya, setelah subuh di Madinah itu waktu yang paling menyenangkan. Kalau magrib ga enak, semua orang buru-buru pingin dapat tempat solat yang enak. Saya ga bisa menikmati senja dengan damai.

    • 3 February 2012 at 16:21

      Hiks… enaknya ya udah pernah umroh ke sana….

      • 3 February 2012 at 22:37

        Umroh emang enak banget kok. Saya kerajingan. Bahkan kepingin kerja dan tinggal disana. AMIEN.

        • 4 February 2012 at 20:32

          Eits… serius pengen tinggal di Arab Saudi?
          Serius?
          Baca dulu bukunya Bang Vabyo “Kedai 1001 Mimpi”. Dia mantan TKI di Arab sana.
          Enakan di Indonesia lho…

  54. 1 February 2012 at 21:17

    Kalau saya cenderung suka senja
    Saya tidak tahan udara dingin ketika subuh 🙂

    • 3 February 2012 at 16:22

      Haiayaaaa itu udara dingin enak tahuuu

  55. 1 February 2012 at 21:28

    karena siklus hidup saya terbalik dengan orang kebanyakan, maka saya lebih suka senja, saat fajar biasanya kurang dapat saya nikmati, biasalah jam segitu sudah saat nya bersiap ke pembaringan atau cari sarapan, 😀

    • 3 February 2012 at 16:25

      Eaaaaaa makhluk nokturnal

  56. 117 sebutmawar
    1 February 2012 at 21:56

    Saya juga menyukai pagi. Terutama di hari Senin. Sibuk, hiruk pikuk, tapi tetap sejuk 🙂

    • 3 February 2012 at 16:41

      Sejuk? Di mana itu?

  57. 1 February 2012 at 21:59

    aseeeek :O si abang berpuitis ria euy 😀
    lagi jatuh cinta nih kayaknya #elus-elus jenggot 😛

    klo ak seneng malem, tenang soalnya, waktu tidur pula hhohho

    • 3 February 2012 at 16:40

      Nggak lah, ini ‘kan bukan puisi cinta….

      Malem ya… itu ga bisa disamakan dengan subuh. 😀

  58. 1 February 2012 at 23:12

    Wahh… bagus sekali puisi plus gambarnya…
    Kunjungan malam gan asop..

    • 3 February 2012 at 16:35

      Gambarnya bukan punya saya…

  59. 2 February 2012 at 00:09

    wah mantap
    subuh transisi dari malam ke pagi ya.
    berarti subuh hampir sama dengan RA Kartini Habis Gelap terbitlah terang
    hehehe

    • 3 February 2012 at 16:34

      Hahaha jangan dihubung-hubungkan dong

  60. 2 February 2012 at 03:03

    Saya juga merasa tergugah dan ingin berpuisi, namun apa daya setelah di depan komputer seakan tak satu katapun yang dapat dituliskan

    • 3 February 2012 at 16:30

      Aduh….. saya aja bikin ini berapa menit, Mas…

  61. 2 February 2012 at 03:07

    Gambar bukan punya saya, lihat disclaimer

    Hehe. Masih sempat ingat juga mengingatkan disklaimer. Ya susah memang, habis kisruh SOPA kemarin. Soal hak cipta itu kalau tak awas-awas, bisa kena libas. Tapi biasanya aku pakai link saja di gambarnya merujuk ke situs dimana gambar aslinya berada 😀

    • 3 February 2012 at 16:29

      Hmmm itu sih kurang lengkap. Harusnya selengkap-lengkapnya.

  62. 2 February 2012 at 05:22

    Ketika subuh menyingsing, ada perasaan damai menyongsong hari untuk berkarya dan berkreatifitas.
    Semoga selalu semangat menyambut hari yang terindah bersama-sama.

    • 3 February 2012 at 16:27

      Luar biasa, kata-kata motivasi dari Bli Tusuda sungguh luar biasa.

  63. 2 February 2012 at 06:02

    Saya suka Subuh (Fajar) tapi juga suka Maghrib (Senja), karena Allah menciptakannya berpasangan 🙂

    Buat Asop yang masih muda (single) bagusan kalo suka Subuh, ntar juga kalo sudah dewasa (double) bakalan suka Maghrib 😀

    • 3 February 2012 at 16:25

      Jawaban nyontek di buku mana, Mas?

  64. 2 February 2012 at 07:21

    Subuh atau senja, pikiran saya sama: mengantuk.
    Hehehe….

    • 3 February 2012 at 16:23

      Ngantuk itu siang hari kalo saya…

  65. 2 February 2012 at 08:29

    dua2 sama bagus, transisi dari terang ke gelap dan sebaliknya, kata orang ini waktu2 mistis 😀
    tapi saya sukanya kalau malem liat bulan, bulan sabit, bulan purnama sama cantiknya, apalagi liatnya ditemani satu bintang yang paling bersinar di muka bumi ini, suamiku hahaha #eaaaaaa

    • 3 February 2012 at 16:20

      Ee Ciiieeeeeeee ada yang lagi panas-panasnya niiih

  66. 2 February 2012 at 09:31

    ya memang benar suasana subuh memang indah dan tenang sangat menyenangkan

    • 3 February 2012 at 16:41

      Alhamdulillah…

  67. 2 February 2012 at 09:49

    saya suka semua, subuh maupun senja 😀 dan itu waktu-waktu yang susah untuk beribadah, kecuali untuk orang-orang yang sudah biasa 😀

    • 3 February 2012 at 16:40

      Benar juga sih…

  68. 2 February 2012 at 09:54

    Subuh ya…mmm….mmm….*mikir subuh masih tidur* 😛

    • 3 February 2012 at 16:40

      Aduh olahraga dong, Mbak…

  69. 2 February 2012 at 09:54

    Saya juga suka subuh, teringat dengan perkataan orang tua, “orang yang sehat adalah orang yang rajin bangun tidur di waktu subuh”

    • 3 February 2012 at 16:38

      Toss dulu, Mas Azis!

  70. 2 February 2012 at 10:34

    bagus bgt gambarnya 😀

    sop, dapat award nih. cek –> http://goo.gl/VLeJk

    • 3 February 2012 at 16:37

      Gambarnya bukan punya saya…

      Oke, dapat award lagi nih! Tenkgyu ya! 😀

  71. 2 February 2012 at 11:11

    waaah, Asop buat puisi. Mantap! 😀

    • 3 February 2012 at 16:35

      Jarang-jarang nih saya bikin ginian…

  72. 2 February 2012 at 11:28

    Suasana subuh hari sungguh nikmat & luar biasa.. mengawali semangat hari ini utk jadi lebih baik utk kehidupan dunia & akhirat..

    • 3 February 2012 at 16:34

      Betul sekali!

  73. 2 February 2012 at 11:30

    subuh ataupun senja sama-sama ada harapan baru di hari esok

    • 3 February 2012 at 16:34

      Hmmmm bagi saya senja adalah waktu beristirahat

      Harapan? Saya tak melihat di senja.

  74. 2 February 2012 at 11:30

    Saya suka kedua ya Sop, sinar matahari selalu cantik di saat itu.

    • 3 February 2012 at 16:30

      Iya, Bu…

  75. 2 February 2012 at 11:38

    Keduanya saya suka Sop

  76. 2 February 2012 at 11:38

    Aya-aya wae.saya sangat suka suasana subuh. udaranya sangat dingin tapi menyehatkan.

    • 3 February 2012 at 16:29

      Bukan “tapi” lagi, memang menyehatkan!

  77. 2 February 2012 at 11:40

    its cool mas bro,

    • 3 February 2012 at 16:28

      Yeah of course

  78. 2 February 2012 at 12:30

    hahahahha. . . . bang asop klo lagi nglindur lucu juga ya. . . . udah subuh bangun wueee….

    • 3 February 2012 at 16:28

      Ngawur aku udah bangun ini

  79. 2 February 2012 at 13:42

    kalo Mush’ab lebih suka subuh ka, soalx Mush’ab lahirnya pas subuh..hehehe
    btw makasih ya ka dh berkunjung ke blog Mush’ab n rapelan komentarx, Mush’ab seneng deh.. 😀

    • 3 February 2012 at 16:27

      Alhamdulillah, semoga Mush’ab jadi lelaki pecinta subuh nantinya ya. 😳

  80. 2 February 2012 at 15:10

    lihat gambarnya kirain habis naik haji atau umroh…

    • 3 February 2012 at 16:22

      Aamiin, lain kali ya Mas.

  81. 2 February 2012 at 17:04

    mantaf. puisinya optimis banget 🙂

    • 3 February 2012 at 16:54

      Nah, itu yang saya inginkan, sebuah keoptimisan.

  82. 168 dhebu
    2 February 2012 at 17:43

    lebih suka subuh,,soalnya awal dimulainya hari..
    abis sholat subuh berasa lebih segeran 🙂

    • 3 February 2012 at 16:50

      Toss dulu! 😀

      Habis itu ayo olahraga!

  83. 2 February 2012 at 17:48

    Saya suka kedua waktu itu … keduanya punya kesan tersendiri … tapi saya lebih senang subuh, karena ada semangat buat mewujudkan mimpi-mimpi … sebaliknya, saat senja, saya siap menyambut mimpi-mimpi baru 😀

    • 3 February 2012 at 16:49

      Nah, itu yang saya maksud, ada harapannya.

  84. 172 Ely Meyer
    2 February 2012 at 18:05

    suka 2 2 nya Sop … aku suka berburu sunrise, juga sunset, walau suhunya minus no problem 😀

    • 3 February 2012 at 16:49

      Kalo dari segi keindahan mataharinya sih, dua2nya saya yakin sama2 indahnya.

  85. 2 February 2012 at 18:16

    suka… dua-dua nya deh…

    • 3 February 2012 at 12:03

      oh iya, makasih setuju saling follow sob 🙂

      • 3 February 2012 at 16:50

        Saya emang nge-follow blogger wordpress yang aktif ngeblog.

    • 3 February 2012 at 16:48

      Jawaban diplomatis. 😀

  86. 2 February 2012 at 18:34

    subuh itu tenang ya , kalau mau ada rencana kegiatan masih segerrrrrr

    • 3 February 2012 at 17:10

      Iya, makanya itu saya suka…

  87. 2 February 2012 at 19:30

    subuh yang bikin galao ^^

    • 3 February 2012 at 17:08

      Bagi saya nggak.

  88. 2 February 2012 at 20:05

    Subhanallah keren mas Asoppp…dua-duanyya enak..soalnya subuh and maghrib adalah waktu yang dianjurkan buat membaca AL Matsurat

    Keep blogwalking

    Salam kenall

    Cak Pimen

    • 3 February 2012 at 17:03

      Oke, keep blogwalking.

  89. 2 February 2012 at 20:06

    weeiss.. skg Kang Asop jago berpuisi jg nih, 😀
    saya kekeh suka senja Sop.. hehe.. meski harus terang terbitlah gelap (lho?)

    • 3 February 2012 at 17:02

      Hahaha kita masing2 punya alasan masing-masing ya…

  90. 186 Rio
    2 February 2012 at 21:53

    klotek-klotek,,
    permisi mas2 mbak2,, salam kenal orang baru pengen gabung nih,,,
    Jempol buat anda mas admin untuk puisinya,, manteb deh,, semangat pagi.

    • 3 February 2012 at 17:01

      Jangan puji saya. 😐

      Semangat dan selamat sore!

  91. 2 February 2012 at 21:55

    Asooooopppppppppppppppp….how are youuu???kangen neh baca sluruh notes mu yang tertinggal tak terbaca akhir-akhir ini, tapi apa daya kocek tak sampai….hahahhaa

    *aku suka senja dan subuh, tapi lebih suka senja Sop…. bikin aQ ngantuk….hahahaha *

    • 3 February 2012 at 17:00

      Iya nih, Debby, ke mana aja Debby?

      Bentar ya, sebisa mungkin saya BW ke blog Debby.

  92. 2 February 2012 at 22:00

    subuh dan senja keduanya suka. krn bisa melihat burung-burung gereja yang terbang beramai ramai dan juga menikmati perubahan di langit

    • 3 February 2012 at 16:59

      Burung gereja… hehe, itu burung yang “common” banget ya, burung yang populasinya terbanyak saya kira…

  93. 2 February 2012 at 22:18

    mengenai senja, gak juga atuh kang Asop ….
    kalo bagi saya itu menuju ketenangan dan damai
    kalau kuliah pagi mah siap menyambut materi dan segala macam itulah belum lagi dapat tugas
    hahahaha
    😀

    Tapi suka ibarat subuhnya—>> mantap—>>keren

    eh eh …link udah terpasang 😉 coba cek ya…hehehe
    tukar link ya kang… :P*padahal seumuran 😛

    • 3 February 2012 at 16:57

      Iya nih, kita ‘kan beda setahun, udah gak usah pake “kang” deh…

      Oke, gak masalah, kamu punya alasan tersendiri.
      Bagi saya, senja itu kelam.

  94. 2 February 2012 at 22:31

    subuh atau senja gak masalah…
    yang penting ada hujan

    hehehehe

    • 3 February 2012 at 16:55

      Biasa deh, sang penyuka hujan….

  95. 2 February 2012 at 23:28

    Suka SUBUH, mas broo… Sejuk plus masih fresh rasanya, 😀

    • 3 February 2012 at 16:54

      Okeeee sip!

  96. 3 February 2012 at 00:25

    Subuh itu awal hari,… dan ayam2 lebih suka subuh di banding sore. Soalnya,… pandangannya terang kembali 😀

    • 3 February 2012 at 16:50

      Tuh, subuh itu positif, ‘kan?

  97. 3 February 2012 at 07:36

    Ketika tempat kerja masih jauh menikmati Shubuh adalah sebuah kebiasaan … sekarang terkadang Shubuh harus terlewati … 😦

    • 3 February 2012 at 17:09

      Waduh… semoga saya nantinya tidak begitu…

  98. 3 February 2012 at 08:36

    kalo saya sampai kelewatan subuh, seharian bisa nggak punya semangat! jadi saya suka subuuh 😀
    saking cintanya saya nungguin subuh dari jam 3… nggak bs tidur lagi soalnya. hehehe

    • 3 February 2012 at 17:03

      Luar biasa, wanita subuh!

      Itu enak tuh, bisa solat tahajjud… 😥

  99. 3 February 2012 at 08:48

    betul gan ane setuju tak ada yang seindah di waktu senja..

    • 3 February 2012 at 17:03

      Lho, kebalik, saya gak suka senja.

  100. 3 February 2012 at 09:24

    wah, lama gak mampir, udah nulis puisi-puisian aja yak x))
    saya suka senja, kenapa? gak tau… suka aja 😀

    • 3 February 2012 at 17:00

      Hahahaha ini pertama kalinya saya nulis puisi setelah terakhir kali bertahun-tahun yang lalu.

  101. 3 February 2012 at 10:14

    aku suka keduanya Sop, baik subuh maupun senja
    subuh selalu membuatku berfikir utk selalu bersyukur krn masih bisa menikmati subuh
    senja pun membuatku tetap juga bersyukur, karena senja datang utk kembali membimbingku pd Sang Khalik
    salam

    • 3 February 2012 at 16:58

      Seperti biasa, Bunda Lily memberi jawaban yang mengena…

  102. 3 February 2012 at 10:37

    kalau pas subuh ngantuk malah g bisa mikir apa-apa mas Asop…. kosong…

    • 3 February 2012 at 16:56

      Lho, itu gak wajar saya rasa…

  103. 3 February 2012 at 10:45

    suka dua-duanya. kalau saja saya punya banyak waktu untuk benar-benar menikmatinya..
    bangun di subuh, buka jendela kamar, dan menghirup udara pagi itu rasanya mungkin seperti surga dunia. bayangkan juga, bisa menikmati matahari pelan-pelan turun pas senja hari. dulu saya suka menonton timing itu dari lantai 26 kantor lama dan menikmati keadaan di atas langit. sungguh indah.
    coba aja sop, kalau bisa berhenti dari aktivitas dan sekejap ambil waktu untuk menikmati keadaan sekitar. kita pasti bisa belajar mensyukuri nikmat Tuhan, apapun ituu.. betapa Tuhan Maha Kuasa.

    • 3 February 2012 at 16:55

      Hiks… luar biasa… makasih atas pengingatnya, Mbak Oktin..

  104. 3 February 2012 at 12:19

    Oke, aku paham jika kau suka subuh daripada senja… aku juga bisa memahami alasannya.
    Tapi tetap saja, pemandangan senja sangat cantik.. 🙂

    • 3 February 2012 at 16:49

      Lho, sunrise juga cantik lho, Mbak…

  105. 3 February 2012 at 12:39

    wew jadi penyair skarang om… 😛

    • 3 February 2012 at 20:57

      Nggak, cuma mencoba hal baru.

  106. 3 February 2012 at 15:36

    Hahaha.. Mantap, semoga nurani kita semua terbuka.. yeah

    • 3 February 2012 at 21:05

      Saya sendiri ga ngerti apa yang saya buat ini…

  107. 3 February 2012 at 20:00

    sya juga menyukai Shubuh sob….lebih sejuk dan lebih menentramkan dihati…

    • 3 February 2012 at 21:44

      Toss dulu!

  108. 4 February 2012 at 17:02

    kereennn..
    ^_^

    • 4 February 2012 at 20:29

      Situ juga keren.

  109. 5 February 2012 at 15:44

    semenjak di Bogor saya jatuh cinta sama matahari terbit.. apalagi setiap berangkat kuliah pagi2 ketemu pemandangan Gunung Salak yang beda2 🙂

    • 7 February 2012 at 15:16

      Bogor oh Bogor, indahkah dikau?

      • 8 February 2012 at 15:15

        indah. cukup indah. kapan ada waktu ke bogor? biar ngopi2 kita :mrgreen:

        • 9 February 2012 at 23:43

          Kopdar juga dong. :mrgreen:

      • 9 February 2012 at 23:45

        Masihkah kota sejuta angkot?

  110. 8 February 2012 at 09:43

    Aku lebih suka senja. Karena jingga-nya senja itu jingga terindah menurutku,
    sangat berbeda dengan pagi hari, saat semakin lama memandang sang mentari, bukan nyaman yang didapat, melainkan silau karena cahayanya yang makin kuat 😀

    • 9 February 2012 at 23:51

      Hmmmm selera kita berbeda. 😀

  111. 9 February 2012 at 02:53

    saya suka banget fotonya..itu pasti di madinah deh T_T

  112. 9 February 2012 at 02:54

    eh bener ga ya? *sotoy* :mrgreen:

    • 9 February 2012 at 23:17

      Ehh gilaaa bener banget! 😀

  113. 1 March 2012 at 09:46

    saya suka dengan dua – dua nya…
    saya suka shubuh dengan ketenangannya…
    saya suka shubuh dengan kesejukannya yang membawa tentram
    shubuh dengan semangat pagi, harapan baru untuk hari itu..

    saya suka senja dengan langitnya yang menawan…
    saya suka senja dengan langitnya yang kemerah – merahan
    saat menatap langit sanja, membuat saya tak henti – hentinya menyanjung kebesaran Nya…
    takjub, menawan, indah itulah yang suka dari senja…

    • 2 March 2012 at 15:01

      Saya tetap suka subuh. 😉

  114. 20 March 2012 at 14:55

    memang subuh itu indah ada harapan baru


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: