21
Jun
12

Rawon dan Dagingnya

Jadi ceritanya, hari minggu lalu saat ada ibu saya di Bandung, beliau akan memasak rawon untuk saya dan adik saya. Sungguh nikmat, itu salah satu makanan kesukaan saya. 😳  Sebagai orang yang tumbuh besar hingga SMA di Surabaya, dahulu rawon cukup sering saya nikmati.

Narablog sekalian tahu rawon, ‘kan? Itu lho, makanan yang kuahnya hitam akibat kluwek, dan bahannya pakai daging sapi. :mrgreen: Ada yang bilang rawon ini makanan khas jawa timur, tapi saya nggak tahu secara pasti. Satu hal yang saya tahu pasti, di Bandung sini restoran yang menjual rawon bisa dihitung dengan jari satu tangan saja. Inipun saya sotoy, asal ngomong, bahkan saya sendiri nggak yakin ada restoran yang menjual rawon. Kalau warung, itu lain soal, pasti ada banyak warung pinggir jalan yang menjual rawon, dan kalau berminat bertanya ke penjualnya, pasti mereka orang perantauan dari jawa tengah atau jawa timur. :mrgreen:

Dan coba tanyakan soal rawon ke orang sunda, kemungkinan besar mereka nggak tahu… 😆

*saya jadi ngiler pengen makan rawon lagi*

Rawon itu memang enaknya dimakan bersama tauge atau kecambah. Kuahnya yang banyak. Kalau ada sambal, lebih nikmat lagi. 😳

Saya jadi ingat sesuatu…

Nah, saya jadi ingat pengalaman saya beberapa bulan lalu, saat saya mencoba beli daging di sebuah supermarket. Saat itu tidak ada ibu saya, dan saya memang beli daging karena ingin coba-coba masak sendiri. Niatnya saya waktu itu ingin beli bagian daging yang untuk rawon. Karena saya nggak tahu apa nama bagian dagingnya, saya asal tanya aja ke pegawainya (di bagian daging). Kira-kira secara garis besar percakapannya seperti ini.

Saya: “Mas, yang biasanya buat daging rawon mana ya?”
Pegawai: “Hah? Rawon?”
Saya: “Iya, rawon.”
Pegawai: “Daging apa ya namanya?”
Saya: “Saya lupa namanya, pokoknya yang buat rawon….”          <garuk-garuk kepala>
Pegawai: “……”

Pegawainya diam seribu bahasa. 😆

Pada akhirnya saya menelepon ibu saya untuk tanya apa nama bagian dagingnya… 😎   Ternyata orang sunda masih ada yang nggak kenal rawon, lho.

*****

Narablog sekalian suka rawon? Apa nama rawon kalau di daerah narablog?

———————————————————————————————————————————————————————

Foto adalah hasil jepretan saya sendiri. Jika ingin mendapatkan foto dengan resolusi lebih besar, silakan hubungi saya. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

196 Responses to “Rawon dan Dagingnya”


  1. 21 June 2012 at 03:16

    iya rawon mah makanan orang surabaya sop…
    kalo kita sukanya makan rawon pake krupuk. either krupuk udang atau krupuk putih. enak dah…. 🙂

    • 21 June 2012 at 11:49

      Duuuuh enaknya pake kerupuk udang, Mas Arman, sempurna sekali! 😀 😀

      • 21 June 2012 at 20:23

        saya setuju, krupuk udang dicampur rawon dengan kuah yang melimpah. masih ngebul dan sambalnya terlihat menyenangkan sekali untuk digoyang oleh lidah. hadeh hadeh, ngilerrrr

        • 23 June 2012 at 03:05

          Malam2 sambil nonton Jerman makan rawon enak banget….

  2. 5 tobytall
    21 June 2012 at 04:34

    Dagingnya namanya sandung lamur kan? Aku doyan rawon. Tp krn ga makan daging, aku pake telur puyuh dan tahu **sapa yg tanya?** wahahahah terus, pake toge yg gendut2 itu *bukan toge yg kayak difotomu* apa ya nama togenya. Kl di rumahku, kebiasaannya rawon plus telur asin dan sambel. Aku lagi masak rawon, pake tahu dan telur. Yummmm

    • 21 June 2012 at 07:26

      Di Jogja dagingnya pakai daging kambing atau jamur kuping #eh :).

      • 21 June 2012 at 11:55

        Waduh, saya gak tahu rawon model begitu. Beneran, Mas Cahya? ❓

        • 21 June 2012 at 13:24

          Saya malah ndak tahu kalau dibuat selain dari itu. Di seputaran UGM malah banyak, kadang bahannya malah daging ayam – tapi ini jarang.

          • 21 June 2012 at 14:48

            Wah, variatif sekali. 🙂

    • 21 June 2012 at 08:50

      iya, taoge e pake yang pendek2..kalo yang ekornya panjang kayak di foto tuh, biasae dipake buat soto
      tapi yo terserah yg masak ae seh.hehe

      • 21 June 2012 at 11:58

        Yoi Emon, yang enak emang baby toge, cuma itu karena kesukaannya ibu saya aja, dan ibu saya ga suka baby toge… :mrgreen:

    • 21 June 2012 at 11:50

      Iya Mbak, enaknya sebenernya pake toge yang kecil2 itu, baby toge ya istilahnya? Cuma kecambah jenis yang ada pada gambar adalah kecambah kesukaan ibu saya, makanya kami makannya pake itu. :mrgreen: Saya sih sukanya baby toge… 😀

      Wuiiih, iya saya lupa, pake kerupuk dan telur asin! Wah itu nikmat sekaliiiiii 😳

  3. 21 June 2012 at 04:51

    Loalah. Jadi teringat akan niat hati kemaren untuk beli rawon di kantin sekolah kita. Inget gak? Yg ibu gemuk itu loh. Rawon ama Soto masakannya dia kan enak banget. Sip. Brarti pagi ini aku sarapan rawon aja disanah 😀

    • 21 June 2012 at 11:51

      Ibu yang istrinya pak pengurus sekolah? Aku lupa namanya…. >.<"

      • 21 June 2012 at 20:52

        Iku lak Mami… Lain. Dulu kantinnya tuh di pojokan, deket ama kelas yg bawahnya perpus.

        • 23 June 2012 at 03:11

          Oh iya Mami ya…

  4. 21 June 2012 at 05:16

    makanan enak… lapeeeerrr!!! -_-

    • 21 June 2012 at 11:51

      Saya juga laper… 😦

  5. 21 June 2012 at 06:18

    tauuuu dong! makanan enakkkkk~~ terakhir kali aku ke Sagoo di PVJ ada menu rawon deh.. cm ya rasanya seadanya sih, kurang begitu nendang kaya klo buatan rumah gitu.. 😀

    • 21 June 2012 at 11:52

      Justru biasanya buatan rumah lebih nendang rasanya, pake sambel, baby toge, kerupuk atau kerupuk udang, dan pake telur asin. Dahsyaaaaaat! 😳

  6. 21 June 2012 at 06:41

    wah keliatannya nikmat banget. jadi ngecessss aaaaa

    • 21 June 2012 at 11:52

      Enak lho kalo pake telur asin… 😀

  7. 21 June 2012 at 06:50

    kebetulan saya gak bisa makan daging, trus kenapa?
    jadi saya gak akan berkomentar 😆

    • 21 June 2012 at 11:57

      Ouch… okay, karena apa gak bisa makan daging, Puch? Karena vegetarian, atau memang masalah kesehatan?

  8. 21 June 2012 at 06:56

    suka banget mas sama rawon, saya ga tinggal di surabaya sih, tapi saya ketagihan rawon gara2 makan rawon di stasiun semut surabaya, mantap jaya mas haha

    • 21 June 2012 at 11:57

      Ooh ya? Mas Agung pernah ke Surabaya? Horeeee 😀 😀

  9. 21 June 2012 at 07:00

    rawon malang enak bgt gan hehehehhehehe………………

    • 21 June 2012 at 08:47

      rawon dimana saja tetap enak (kecuali sing masak gak enak)
      sayange di jakarta (tempatku, tepatnya) jarang yang jualan rawon,,sik akehan soto

      • 21 June 2012 at 11:58

        Wah, kalo soto sih udah makanan sejuta umat ya, bahkan sudah jadi masakan yang selalu dihubung-hubungkan dengan Indoensia. 🙂

    • 21 June 2012 at 11:56

      Sip, saya belom pernah nyobain. 😀

  10. 21 June 2012 at 07:39

    daging rawon itu sama kayak daging tetelan, wah, kalo ditempatku disini kalo ada jual soto pasti temennya rawon, makannya pake kecap manis sambal dan jeruk nipis dan kerupuk….wuah…kalo ngga ingat kolesterol, maunya nambah terus, Sop. Dan rawon itu paling enak kalo sudah ke esokan harinya dipanasi lagi…:)

    • 21 June 2012 at 11:55

      Iya, ibu saya juga sekali bikin lumayan banyak, jadi masukin kulkas kalo gak habis, buat besok masih enak. 😳

      Walah, saya makan rawon gak pernah pake kecap, malah gak enak. Cukup pake sambel, kerupuk, dan telur asin jangan lupa. 😳

  11. 21 June 2012 at 07:46

    Aha..Aha…
    Aku suka Rawoon ..
    ASop mau ngirim?

    • 21 June 2012 at 11:53

      Teh Nchie aja yang ngirim… 🙂

  12. 21 June 2012 at 08:10

    Saya tau rawon.. hahaha 😀 tapi belum pernah bikin sendiri…
    gara-gara baca ini jadi pengen rawon… hm…

    • 21 June 2012 at 11:59

      Yul, tahu gak di mana di Bandung sini yang jual rawon?

      • 21 June 2012 at 13:47

        di sebrang salman juga ada kok kang.. ato di daerah dago..

        mau dianterin kang?? tapi traktir… hehehehe

        • 21 June 2012 at 14:21

          Seberang Salman…. kampus ITB dong! 😆
          Seberang Salman itu berarti gelap nyawang? 😛

          Saya jadi punya ide, nanti kalo kopdar gimana kalo di tempat yang ada rawonnya…? :mrgreen:

          • 21 June 2012 at 19:22

            tah gelap nyawang… di kantin madiunnya kang…

            boleh.. boleh… asal ditraktir…. :mrgreen:

          • 21 June 2012 at 19:26

            Astaga, traktir lagi…. *tepok jidat* 😆

  13. 21 June 2012 at 09:16

    udah lama ngak makan rawon saya 😀

    • 21 June 2012 at 11:56

      Wah, saya pun pengen lagi makan rawon…. 😦

  14. 21 June 2012 at 09:47

    Aduh Asop…pagi2 udah bikin gua kelaperaannnn…aaaaaaaaaaaaa

    • 21 June 2012 at 11:56

      Maap Bang, barangkali di depan Maranatha ada warung yang jual? 😀

  15. 21 June 2012 at 10:18

    sukaaaaaaaaaaaaaa…………..tapi, kok pic rawonmu kuahnya dikit bangets ya? bukannya kau bilang kau suka yang banyak kuah? 😕

    • 21 June 2012 at 11:55

      Hahahaha iya, itu kan hanya ilustrasi. 😆

  16. 21 June 2012 at 10:24

    rawon?
    kalau tempatku rawon itu kukus kang asop. .. 😉
    nasi yang di kukus tanpa ada lauk pauk disekelilingnya. ^_*

    #hanya nasi. 🙂

    • 21 June 2012 at 11:54

      Oh, begitu? 😯 Wow, syukurlah saya menanyakannya di akhir posting-an. 🙂

      Jadi, kalo makanan seperti yang saya ceritakan di atas, yang dibuat dengan kluwek, apa namanya?

      • 21 June 2012 at 12:05

        Di Banjar kagak ada yang seperti itu. . . 🙂
        mungkin kanga asop bisa bereksperimen Rawon itu di Banjar. wkwkwkwkwkw

        • 21 June 2012 at 14:49

          Wah, luar biasa, saya baru tahu di Banjar tidak ada… 🙂

  17. 21 June 2012 at 10:26

    gue udeh pernah nyoba, waktu ke Surabaya 🙂
    rasanya suerrr…maknyuuussssss… nikmat bangeetttt 😀

    • 21 June 2012 at 11:53

      Pake telur asin, sambel, dan kerupuk? 🙂

  18. 21 June 2012 at 10:36

    sukaaa 😀
    di daerah saya namanya rawon juga lho *iyalah wong di surabaya juga 😆
    iya enak kuahnya yg banyak sampe nasinya berenang2 😀

    • 21 June 2012 at 11:52

      Toss dulu! 😀

  19. 21 June 2012 at 10:38

    RAwon kalau di Kudus disebut Nasi Pindang

    • 21 June 2012 at 11:51

      Wah, ternyata berbeda nama. 😀

      Tapi tampilan dan rasa sama ‘kan, Pak?

  20. 57 jenderal
    21 June 2012 at 10:48

    enak tuh… he

    • 21 June 2012 at 11:51

      Pasti dong. 😉

  21. 59 jayireng
    21 June 2012 at 11:13

    Itu pelayan Bego mungkin, gak tau nama dagin kebo.
    Klo ane jadi pelyan tinggal kasih aje daging kebo repot amat itu bocah 😎

    • 21 June 2012 at 11:47

      Daging kebo?? Gak ada yang jual di supermarket! 😛

  22. 21 June 2012 at 11:25

    dulu pernah ngira kalau rawon itu yg kaya serangga itu 😀
    sampai sekarang belum pernah makan rawon 😦

    • 21 June 2012 at 11:44

      Eh itu mah tawon. 😛

  23. 21 June 2012 at 11:52

    aku pernah nyobain rawon di warteg di jakarta dek tapi karena kurasa hitam kali gitu trus rasanya gak enak jadi sejak itu aku ga pernah mau lagi makan rawon xixi

    • 21 June 2012 at 12:01

      Waaaah Mbak Jul, coba dulu baru rasakan nikmatnyaaaaa 😛

  24. 65 hidausagi
    21 June 2012 at 12:31

    seems delicioooo…. *liurmenetes*

    • 21 June 2012 at 14:49

      Awas jangan mengotori keyboard. 😆

      • 67 hidausagi
        24 June 2012 at 17:52

        rawon yang enak itu yang asli. pake buah kluwak itu.. yang bikin item tapi sedep.
        tapi sekarang rada susah nyari kluwaknya..

        • 29 June 2012 at 09:43

          Bukan rawon namanya kalo tanpa kluwek.

          • 69 hidausagi
            2 July 2012 at 20:18

            ea ealahh… kalo pake kecap namanya bukan rawon tapi semur.. hehehe

          • 7 July 2012 at 22:18

            Naaah itu tahu! 😆

          • 71 hidausagi
            4 July 2012 at 14:53

            iyalahh.. kalo ngaku jual rawon tapi pakenya kecap namanya bukan rawon, tapi semur 🙂

          • 7 July 2012 at 22:29

            Nah gitu tahu! 😛

  25. 21 June 2012 at 12:46

    Apalagi digorontalo…. Susyahh cari rawon *pengen pulang T_T

    • 21 June 2012 at 14:48

      Lho, Nophi asli mana? 🙂

  26. 21 June 2012 at 12:53

    Salam hangat mas, apa kabar? Sudah lama tidak main kesini… Kalau di Malang, rawon banyak juga 🙂

    • 21 June 2012 at 14:48

      Pastinya, Mbah. 😉

  27. 21 June 2012 at 13:52

    Di Jakarta banyak Sop rawon. Kesini dech 😛

    • 21 June 2012 at 14:47

      Hah? Sop rawon? Sop ya sop, rawon ya rawon. hahahaha 😆

      *bercanda*

  28. 21 June 2012 at 14:05

    Wleh” enak bnget tch gambar nya (Ngiler) Komentar baliknya gan

  29. 21 June 2012 at 14:07

    heeemm… yummmi… jadi pengen nyoba, thanks ya…
    join juga yuk di http://www.cybercityindonesia.com
    jejaring sosialnya indonesia, milik anak bangsa

    dinda
    http://cybercityindonesia.com/profile/44838

  30. 21 June 2012 at 14:30

    Saya juga gak hapal nama bagian daging Sop. Secara saya dan suami bukan penggemar daging, kami penggemar ikan …

    Iya, rawon itu kayaknya memang makanan khas Jawa TImur deh. Tetanggaku ada yang piawai bikin rawon, orang suka beli sama dia, orang Jawa TImur.

    • 21 June 2012 at 14:47

      Kami sekeluarga tidak pilih pilih, ada daging ya kami makan, ada ikan, kami makan. 😀

  31. 21 June 2012 at 14:59

    aku suka rawon. makannya dicampur toge yang kecil-kecil. sambalnya juga harus ada. plus, emping. *laper*

  32. 21 June 2012 at 16:04

    Tapi kok Ibu saya tau Rawon, ya? Padahal dia dari Jawa Barat. Hahahaha…

    • 21 June 2012 at 17:13

      Jangan remehkan pengetahuan seorang ibu. :mrgreen:
      Jaman sekarang dari mulut ke mulut, perbincangan ibu rumah tangga, atau dari buku masakan. 🙂

  33. 21 June 2012 at 16:12

    Ya bener lha mas, lain ladag lain belalang. Apa orang surabaya juga tau docang, empal gentong, tahu gejrot? xixixi

    • 21 June 2012 at 17:14

      Tahu gejrot? Saya tahu. 😀

      Docang? Saya ga tahu. :mrgreen:

      Empal gentong? Kok saya samar2 inget dari masa SMP, tahunya istilah itu istilah jorok ya… 😦

  34. 21 June 2012 at 16:52

    pernah makan sih.. tapi jarang… kalau tahu tempe sering :mrgreen:

    • 21 June 2012 at 17:15

      Ada lho yg makan rawon pake tempe. 😉

  35. 21 June 2012 at 17:45

    aku tau rawon, tapi ya belum pernah coba. pertama karena itu makannya pake nasi, kedua karena katanya dagingnya yang dipake itu jeroan ya ? aku gg suka jeroan sih

    • 21 June 2012 at 18:12

      Huaaaaaaaaa sejak kapan rawon pake jeroaaaan 😥 *nangis*
      Kalo rawon pake jeroan, ibuku ga mau bikin, kami ‘kan keluarga sehat, seumur-umur ga pernah masak jeroan. 😀

      Eh tapi soto jeroan itu enak lho… :mrgreen:

      Di Semarang masa’ gak ada rawon, Tir?

  36. 21 June 2012 at 18:22

    Udah pernah nyobain rawon di Sagoo Kitchen Riau? Menurut saya, rasa rawon Sagoo Kitchen juara banget! Selama ini nyobain rawon-rawon yang lain, tapi belum ada yang seenak Sagoo Kitchen.

    Btw, Asop punya twitter? Katanya waktu itu, ga mau bikin twitter 😛

    • 21 June 2012 at 18:35

      Lah itu ada komentar di atas yang bilang kalo rawon sagoo biasa2 aja, gak nendang rasanya. 😆 Coba cari di atas. 😀
      Pokoke rawon restoran harusnya ga bisa disamain ama bikinan rumah, lebih enak di lidah. 😳

      Iyap, bikinnya sih udah lama, cuman baru aktif baru2 ini. 🙂 Saya ga bilang ga mau bikin twitter, hanya gak/belum tertarik. Soalnya, hape saya hape jadul, ga enak untuk internetan. Jadi, pikir saya, masa’ main twitter via komputer? Yah, meskipun sekarangpun saya masih belom punya smartphone, saya akhrnya nyoba twitter juga di kompi. :mrgreen:

      • 22 June 2012 at 18:02

        udah baca kok, tapi kan selera itu relatif, hehe
        soalnya udah nyobain rawon dimana-mana, ga ada yang enak kaya sagoo

        • 23 June 2012 at 03:32

          Enakan buatan rumah…

  37. 21 June 2012 at 19:34

    kalo dilihat dari gambarnya.. sepertinya rawon kita beda versi..
    saya suka yang kuahnya banyak… 😀

    • 23 June 2012 at 02:58

      Saya juga suka yang kuahnya banyak, itu hanya ilustrasi aja…

  38. 21 June 2012 at 19:43

    Orang Sunda itu bilang rawon ‘angeun hideung’, Sop…terjemahan bebasnya sih kira-kira ‘sayur hitam’ gitu deh…mungkin karena kuahnya berwarna hitam akibat campuran kluwek, jadilah sang rawon itu dinamakan angeun hideung…*ssst, bacanya nggak boleh salah lo*
    😀

    Selain ditambah tauge kecil-kecil, sambel terasi dan kerupuk, saya juga suka banget kalo rawon itu dilengkapi dengan telur asin dan tempe goreng…hehe…maruk abis lah pokoknya…

    • 23 June 2012 at 02:59

      Waduh, Bu, kalo mbacanya salah, memang jadi apa artinya? ❓

      Yap, benar sekali, telur asin.

  39. 21 June 2012 at 21:58

    dibandung ternyata dingin ‘sop.. skr lg di lembang.. emang enaknya makan yg anget2 kaya tuh rawon

    • 23 June 2012 at 03:43

      Maap Mas Koes, saya gak sempat balas SMS yang kemarin….

  40. 21 June 2012 at 23:23

    nggak pernah ngerasain… T.T kalo gak salah kuah rawon itu warnanya item… (liat di tv)

    • 23 June 2012 at 03:47

      Yap, kuahnya memang hitam. 🙂

  41. 22 June 2012 at 08:57

    Setauku sih rawon itu khas malang, dan di bandung ini belum pernah ngerasain rawon yang lebih enak daripada rawon-rawon di malang.

    • 23 June 2012 at 03:48

      Wuih, di Malang juga banyak bakso lho ya…

  42. 22 June 2012 at 10:12

    rawon tu saudaranya gulai, daging dan kuahnya hampir mirip, kaldu+santan, begitu sih… cuma belum pernah nyoba rawon pakainya daging kambing, mau traktir?

    • 23 June 2012 at 03:48

      Oooh, saya baru tahu ada rawon pakai santan…

  43. 22 June 2012 at 10:28

    daripada rawon aku malah lebih kangen tahu campur ala lamongan. belum pernah nemu sekalipun selama tinggal di bandung 😦

    • 23 June 2012 at 03:49

      Saya malah kanget pecel…

      • 23 June 2012 at 04:23

        di kantin salman ITB ada pecel loh…

        • 23 June 2012 at 06:07

          ….enak gak? :mrgreen:

          • 24 June 2012 at 00:36

            mayan lah daripada lu manyun

  44. 113 fenty6285
    22 June 2012 at 10:51

    rawon setan, rawon kalkulator, di surabaya mah banyak kan jualan rawon, tapi aku lebih kangen rawon buatan budeku :p

    • 23 June 2012 at 03:49

      Huahahaha serius Mbak ya ada rawon kalkulator?

  45. 22 June 2012 at 11:07

    aku jg suka rawonnn, tp kayaknya jd pengen nyobain bikinan ibu kamu nih 😀

    • 23 June 2012 at 03:49

      Buatan ibu saya kurang telur asin, sambal, dan baby toge. 😳

  46. 22 June 2012 at 12:40

    aku gak begitu suka rawon..soalnya kuahnya item2 hehee

    • 23 June 2012 at 03:50

      Lho, yang hitam2 itu nikmat…

  47. 22 June 2012 at 12:58

    Susah gak mas nyari kluwek di Bandung.. Katanya sih susah, harus ke jawa dulu biar dapet. makanya penjualnya sedikit di sana

    • 23 June 2012 at 03:50

      Nah itu dia, mungkin saja ya…

  48. 22 June 2012 at 13:08

    aku suka sop.. pake banget. dan emang paling mantep kalau makan rawon pake sambal tauge..
    ah asop, tuh kan jadi pengen rawon.. di sini rawonnya ga semantep kalau beli di jawa timur

    • 23 June 2012 at 03:52

      Yah setidaknya di Baubau ada rawon…

  49. 123 Ely Meyer
    22 June 2012 at 18:00

    sudah lama aku nggak makan rawon Sop
    jadi laper lihat foto di atas

    • 23 June 2012 at 03:35

      Hmmmm barangkali di Jerman sana ada restoran Indonesia yang jual rawon…

  50. 22 June 2012 at 19:01

    sukaa sama rawon,
    di Betawi sini ada makanan pakai kluwek, namanya pucung gabus, isinya ya ikan gabus,
    rasanya tapi nggak terlalu mirip rawon

    • 23 June 2012 at 03:29

      Wooow, ada juga masakan yang pakai kluwek selain rawon yaaa

  51. 22 June 2012 at 20:26

    serius saya lapar langsung.. permisi pamit ke warung dulu ya..

    • 23 June 2012 at 03:06

      Saya juga lapaaaaaar malam2 beginiiiii

  52. 129 Zee
    22 June 2012 at 21:11

    Kalau di supermarket, justru daging rawon terpisah sendiri ya, jadi pembeli gak perlu bingung lagi bertanya….. tinggal tunjuk….

    • 23 June 2012 at 03:00

      Lah di tempat saya gak ada bedanya….

  53. 22 June 2012 at 21:20

    belom pernah makan rawon nih mas hehe, enak mana ya rawon jogja apa rawon surabaya ? 😀

    • 23 June 2012 at 02:58

      Hmmmmm entahlah ya…

  54. 22 June 2012 at 21:31

    walah belom makan juga ini malah ada posting tentang makanan hehe 😀

    • 23 June 2012 at 02:57

      Hehehe maap kalo posting-an ini bikin Kenny pengen makan…

  55. 23 June 2012 at 03:19

    Ibu saya juga lumayan suka buat rawon di rumah, makyuss 😀

    • 23 June 2012 at 03:59

      Enaknya….

      • 27 June 2012 at 08:11

        alhamdulillah mas asop, punya Ibu yg pintar dan suka masak :D, anak2nya juga jadi doyan makan semua hehehe

        • 29 June 2012 at 09:46

          Tapi kami tetap harus menjaga pola makan, kami gak mau gendut.

  56. 23 June 2012 at 07:03

    kalo di pasar tradisional, mau beli daging itu ada bedanya.. daging yang buat soto atau daging yg buat rawon

    • 29 June 2012 at 09:37

      ….saya belinya di supermarket…

  57. 23 June 2012 at 14:21

    waaaaaaaaaah jadi kangenrawon buatan bibiku gan,,,,,,,

    • 29 June 2012 at 09:40

      Rawon buatan rumah memang paling enak.

      • 29 June 2012 at 09:51

        bener gan….
        warung rawon mana yg ngasih daging sebanyak daging di foto agan tu???

        • 7 July 2012 at 22:47

          Ada, rawon setan di Surabaya.

          • 7 July 2012 at 23:38

            hmmmmmm

            kl itu bukan dagingnya gan… tapi cabenya yg segitu….

            emonya lucu parampaa.

          • 8 July 2012 at 20:36

            Hehehe saya make Parampaa 😀

  58. 23 June 2012 at 16:34

    Aduuuh enak banget Mas, apalagi siang2, dikasih sambel, makannya sampai keringetan. Tapi saya kurang suka kalau terlalu manis. Maklum lidah sunda 😀

    • 29 June 2012 at 09:37

      Iya, kalo rawon terlalu manis gak enak rasanya…

  59. 24 June 2012 at 06:13

    Aku juga suka rawon. Bumbu kluweknya yang bikin enak apalagi ditambah emping ya 🙂

    • 29 June 2012 at 09:39

      Emping? Itu enak juga dimakan bareng rawon.

  60. 24 June 2012 at 09:12

    pernah sih aku makan rawon pas dapet jatah makan siang di kantor… tapi kok aneh ya ternyata rasanya

    • 29 June 2012 at 09:40

      Itu rawon katering sih…

  61. 24 June 2012 at 19:26

    aku orang sunda tapi tau rawon. dan suka sekali sama rawon! sepertinya satu-satunya masakan jawa yang aku suka. hehehe

    • 29 June 2012 at 09:44

      Masih ada ketoprak lho. 😀

  62. 24 June 2012 at 20:49

    kalau kemarin aku makan empal gentong 😀

    • 29 June 2012 at 09:44

      Di mana?

  63. 25 June 2012 at 09:40

    Kalo orang Sunda aku gak tau Asop, mereka tau rawon ato gak. Tapi aku pernah ajak temen yg dari Jakarta makan rawon, dan ternyata si temen ini gak pernah tau masakan itu.
    Awalnya dia gak mau coba, mikirnya pasti rasanya aneh karena warnanya hitam. Tapi setelah nyoba, barulah mereka tau kalo rawon itu ternyata enak. Katanya, rasa ama penampilannya beda bangettt. Hahaha

    • 29 June 2012 at 09:45

      Masa’ segala sesuatu yang warnanya hitam dianggap gak enak… Itu cumi kuah hitam enak lho, pake kuahnya yang berwarna hitam.

  64. 25 June 2012 at 13:52

    Rawon itu masakan khas Jawa Timur. (Sok tahu :D)
    Di Malang sendiri banyak sekali warung rawon yang terkenal, “rawon tessy” ini ada di deket stasiun kota baru sangat terkenal dan yummy, yang jual cowok-cowok cakep tapi *maaf bencong

    yang sekelas resto juga ada “Rawon Nguling” ada di Jalan Agus Salim (jaga-jaga kalo Asop ke Malang ya, heee)

    Kalau menurut aku sih Rawon adalah soto yang hitam karena bumbunya ditambah jintan dan kluek, paling siip dimakan pake telur asin sama kecambah (kacang ijo) yang pendek2 itu…

    • 29 June 2012 at 09:46

      Wah, rawon nguling ada juga di Surabaya.

      Di Surabaya ada Rawon Setan. Dagingnya besar-besar. 😆

  65. 25 June 2012 at 14:48

    Pernah makan rawon sekali, di salah satu restoran di Medan, tapi aku nggak sukaaaa… Aneh gitu rasanya. Tapi ntah juga kalo orang jawa timurnya sendiri yang masakin… mungkin beda kali ya rasanya…

    • 29 June 2012 at 09:47

      Nah, itu dia, cita rasa rawon yang sebenanrya enak banget…

  66. 25 June 2012 at 16:36

    saya kenal rawon tapi tak akrab, jadi masih tak bisa menjelaskan seperti apa pastinya. sepertinya banyak jenis makanan dari daging cincang dengan nama berbeda. kalo di rumah makan padang cincang saya suka itu.

    • 29 June 2012 at 09:47

      Bukan, rawon tidak pakai daging cincang…

  67. 25 June 2012 at 16:58

    hai asop , lama tak jumpa

    nyam nyam 😀

    • 29 June 2012 at 09:48

      Salam nyam nyam, Kang Yamin! 😀

  68. 26 June 2012 at 09:35

    Rawon pernah makan, terlalu manis.. nggak suka.. langsung kapok. Salah nggak ya? Apa seharusnya malah hunting rawon yang enak, ya? Hehehehe..

    • 29 June 2012 at 09:48

      Itu salah Mbak, salah banget, rawon itu gak manis. Harusnya sedap!

  69. 26 June 2012 at 10:43

    makanan favorit saya
    beri saya 2 porsi rawon setiap hari
    pasti saya habisin
    wkkkk

    di jatim bejibun mah rumah makan dengan menu nasi rawon
    hehehe

    • 29 June 2012 at 09:48

      Haduh sama dong, Ga.

  70. 26 June 2012 at 11:59

    Permisi temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh – PUTRA LANGIT ONLINE – dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG “LEGENDA PUTRA LANGIT” yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo

    • 29 June 2012 at 09:49

      Terima kasih.

  71. 27 June 2012 at 20:39

    Tauge atau kecambah itu mah…bikin saya nafsu makan kang…

    • 29 June 2012 at 09:45

      Iya, tauge. 🙂

  72. 27 June 2012 at 21:28

    kangen rawonnn nyam nyam

    • 29 June 2012 at 09:44

      Biasanya makan apa?

  73. 28 June 2012 at 05:54

    Hmmm…. #jadilaper

    Kalau di daerahku namanya juga masih Rawon 😀

  74. 30 June 2012 at 07:50

    ahahahaha…. saya baru tau kalo orang sunda banyak yang kagak tau sm rawon…. >,<

    berarti rawon yg dibuat ibu saya itu resepnya dari keluarga ayah saya…. hwhwhw

    • 7 July 2012 at 22:35

      Ibu Anis orang sunda?

      • 8 July 2012 at 13:47

        iyaa… hehe

        #tasikmalaya

        • 8 July 2012 at 20:30

          Ooooh orang Tasik! 😀

  75. 2 July 2012 at 19:13

    walah,, masak orang sunda banyak gak kenal sama rawon seh? Aku aja orang Pontianak tahu loh rawon, tapi masih belum bisa menikmati seh,, kalau dikasih biasanya aku lebih suka nolak.. habis bentuknya kelihatan aneh.. hehehehehe….

    • 7 July 2012 at 22:21

      Enaaaak lho Mbak!

  76. 3 July 2012 at 16:59

    saya belum ernah makan rawon, 🙂

    • 7 July 2012 at 22:44

      Lhooo belum pernah ke jawa timur, Mas? 😀

  77. 4 July 2012 at 15:55

    banyak ilmu yang saya dapatkan disini, khususnya yang aku baca saat ini tentang masakan, terimakasih dan salam ukhuwah wahai sauadaraku.

  78. 6 July 2012 at 23:07

    seger banget, apalagi togenya

    • 7 July 2012 at 22:14

      Yup!

  79. 7 July 2012 at 16:18

    Aduh… bikin ngiler rawon nih…. aaah pengin…. >.<
    eh masak sih ada yg ga tau rawon… stauku rawon kan makanan khas dan cukup terkenal… klo pegawainya ga tau sih brati bkn orang Indonesia kali ya…. hahaha *dikeplak *sotoy

    • 7 July 2012 at 22:15

      Itu dia, mungkin penetrasi rawon di Bandung kurang. *bahasanya*

  80. 11 July 2012 at 14:33

    mantap tuch rawon,
    apa lagi kalo pedes,
    mantaaaaappppzzzz……………

    (^_^)

  81. 16 July 2012 at 08:40

    =)) ngakak2 baca percakapan sm pegawai supermarketnya. perasaan pke daging sapi ya mas, trus minta dipotongin kotak2 aja. cmiiw. jadi intinyaaa, itu rawon buatan Mas Asop jadi dibuat nggaaak?

    • 10 August 2012 at 22:52

      Saya bukan pengen bikin rawon sih, saya cuma pengen beli dagingnya aja, tapi saya rebus biasa di rumah.

  82. 12 October 2012 at 15:14

    gua ngak koment dah,, udah laperrrrrrrrrrrrrr… 😀

  83. 195 Bevin
    9 November 2012 at 09:08

    Barusan saya tanya tmn saya… Jual rawon di bndung.. Di jalan belimbing… Namanya cafe belimbing.. 1porsi 20 25 rb an.. Maklum harga cafe… Tapi sy sendiri blm pernah nyoba.. Siang ini baru mau hunting… Katanya sih enak.. kuah kluweknya berasa…Hehehehehe…

    • 6 August 2013 at 23:41

      Okeeee makasih infonyaaaa 😉


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: