01
Aug
13

Akhirnya Saya Kembali… dan Sebuah Berita Kopdar!

Saya kembali…. Saya kembali…. Saya kembali….

Aaaaaaaaaah sudah lama nggak posting! Luar biasa! Dengan begini, saya sudah hampir setahun hiatus! 😀  Lihat, posting-an terakhir saya bertanggal 12 agustus 2012! Pas banget sekarang sudah bulan Agustus. Sama sekali tidak bisa dibanggakan. Jangan tiru saya ya, para narablog sekalian, terutama para narablog baru. :mrgreen:  Jangan sampai seperti saya yang menggunakan alasan kerja di luar kota sebagai alat untuk hiatus. 😛  *padahal kerjanya cuma dari Bandung ke Jakarta*

Ngapain aja selama ini, Sop?

Cukup banyak hal yang terjadi selama setahun ini. Salah satunya perihal pekerjaan. Semenjak saya lulus kuliah tahun lalu, saya bekerja di Jakarta. Hanya sekitar enam bulan, lalu diselingi bekerja di Bandung hingga saat ini. Dulu, waktu masih di Jakarta, saya nggak pulang ke Bandung setiap minggu. Rasanya capek kalau mesti ke Bandung setiap minggu. Saya merasa lelah sekali bekerja di Jakarta waktu awal-awal “mendarat” di sana.  Jakarta macet. Udaranya terasa berat. Berdebu. Kira-kira bahasa kerennya culture shock kali ya… semacam itulah.

jakarta 1

Tempo bekerja yang cepat bukan masalah, hanya lingkungan saja yang menjadi ganjalan. Seumur-umur belum pernah dalam tempo dua bulan kena tiga kali bintitan. Ya, saya mengalami hal itu. 😆 Debu dan asap kendaraan membuat bintit betah berkunjung ke mata saya. Lalu, belum dua minggu saya di Jakarta, saya pilek parah. Entah apa penyebabnya, bisa jadi daya tahan tubuh saya kebetulan lagi turun, atau badan saya yang shock menerima perubahan lingkungan yang drastis. Selama di Bandung—jujur saja—saya jarang berjalan kaki dan naik angkot dari rumah untuk ke kampus. Selalu naik sepeda motor. Begitu di Jakarta, mau nggak mau harus jalan dan ber-bus ria. Tubuh saya mencoba terbiasa dengan udara Jakarta, dan salah satunya mungkin dengan kena pilek terlebih dahulu. 😆

Begitu kontrak kerja saya berakhir, saya nyari kerja di Bandung. Dan entah mengapa ada rasa sedih juga meninggalkan Jakarta. “Sial!” pikir saya. 👿 Kok bisa-bisanya saya berpikir begitu. Ada sesuatu yang mengganjal karena belum sempat menjelajahi seluruh Jakarta. Selama enam bulan itu saya hanya berkutat di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Rasanya sayang sekali selama enam bulan itu nggak bisa saya pakai untuk jalan-jalan. Tiga bulan pertama capek fisik untuk membiasakan diri, tiga bulan terakhir capek mental karena dikejar deadline. 😆  Hari sabtu dan minggu saya pakai untuk leyeh-leyeh di rumah saudara saya sebagai pembalasan kerja penuh lima hari kemarin. Malas kalau harus bermacet-macet dan “berasap-asap” juga di hari sabtu dan minggu. Hari yang amat berharga untuk recharge energi. 😳

Jadi, selama di Jakarta, saya nggak pernah ngeblog karena saya nggak (atau belum) menemukan ritme yang pas. Tiga bulan pertama ritme itu belum saya temukan. Pas tiga bulan terakhir—terutama sebulan terakhir—malah nggak ada waktu buat nge-post dan blogwalking, padahal “ritme hidup” sudah saya temukan. 😆  Rasanya sedih melewatkan setahun ini tanpa blogwalking. Saya jadi nggak tahu perkembangan blogosphere. Saya nggak tahu perkembangan para narablog yang dulu sering saya sambangi. Saya nggak tahu bagaimana perkembangan para narablog baru. Dan the last but not least, saya jadi kehilangan waktu kebersamaan dengan para narablog Bandung. Teh Nchie, Bang Aswi, Teh Erry, Kang Ade, Bang Edo, Teh Dey, Kang Yayat, Mbak Titi, Mbak Meti, Bang Hahn, Bang Keven, dan para narablog lain yang—maap—nggak saya sebut.  Bahkan jangan-jangan blog mereka sudah ganti domain saya juga nggak tahu. 😥

293698_440829849282017_1148276169_nRindu rasanya kopdar banyakan seperti ini lagi…

Sekarang akan rutin posting lagi, Sop?

Yap, tekad saya sih begitu. Saya sudah di Bandung lagi untuk mempersiapkan studi lanjutan saya di sini. Rasanya saya optimis bisa rutin posting lagi. Kalau idealnya sih, tetap seperti dulu inginnya, tiga hari sekali posting. Nggak kurang, nggak lebih. Saya sudah nggak tahu lagi deh berapa Google Pagerank dan peringkat Alexa saya. Atau jangan-jangan dua hal itu sudah gak berlaku lagi ya sekarang? 😆 Aaaargh betapa banyak blog yang ingin saya kunjungi! 👿

Katanya kemarin rabu kamu kopdar, Sop?

Iyap, betul sekali. Salah satu alasan saya posting saat ini ya karena kopdar ini. :mrgreen:  *jadi pemicu*

Hari rabu (31/7) kemarin saya ketemu Gita, pemilik blog “Ah! Deen”. Barangkali narablog sekalian sudah pernah blogwalking ke blog-nya? 🙂 Gita sudah sebulan ini di Bandung, kampung halamannya. Kuliahnya lagi libur. Well, sebenarnya, kata dia sih dia lagi cuti semester. Saya nggak ngerti sistemnya, maklum, dia kuliah di SEGi University, di Malaysia sono. 😀

Sebenarnya pas awal puasa, saya, Gita, dan Intan (yang punya blog “Orange Kusuka”) sudah pengen kopdar-an. Tapi nyatanya baru kesampaian sekarang. :mrgreen:  Intan—yang asal Palembang—sekarang sedang sekolah lagi di FSRD ITB. Saya kurang tahu di program studi apa. Saat kopdar kemarin, Intan lagi mau pulang ke Palembang. 😦  Sayang banget waktunya bertepatan….

Bagaimana kopdar-nya, Sop?

Yah, yang namanya kopdar pasti seru dong. :mrgreen:  Kami bertemu di ITB, tempat yang menurut saya paling enak saat puasa-puasa begini. Lagipula ITB masih liburan sekarang, jadi kampus nggak terlalu ramai. 😛  Bisa lesehan di manapun, asalkan ada tempat colokan listrik untuk laptop. 😆

Kopdar kemarin mengingatkan saya akan kopdar saya dulu dengan Mbak Isma, pernah saya tulis di sini, dengan judul Kopdar Penggila Film. 😀  Sesuai dengan judulnya, salah satu tujuan kopdar saat itu buat tuker-tukeran film. Saya bawa harddisk, Mbak Isma juga bawa harddisk-nya. Eh kemarin hal itu terulang lagi. Cuma bedanya kemarin tukeran anime sama Gita. :mrgreen:

Kopdar 31juli13 1

Peralatan perang yang saya bawa kemarin.

Gita ternyata adalah seorang penyuka jejepangan. Serial dorama-nya, anime-nya, dan juga aktor-aktornya. Dan dia agak malu mengakui hal itu. 😆 Hadeeuh, kenapa mesti malu? :mrgreen:

Kopdar 31juli13 3Lesehan adalah salah satu cara termudah di kampus ini untuk bersantai…

Alumnus SMAN 2 Bandung ini sebenarnya kuliah di bawah naungan Upper Iowa University, Amerika, lho. Keren. 😀 Jadi intinya dia cuma “numpang” tempat kuliah di SEGi University di Kota Damansara, sejam perjalanan dari Kuala Lumpur kalau naik bus. Nggak tahu deh kenapa bisa begitu. :mrgreen:

Kopdar 31juli13 2

Nyetel kamera dulu sebelum foto bareng….

Kopdar 31juli13 4

Lumayan asik juga beberapa jam ngobrolin tentang jejepangan dan sedikit kehidupan di Malaysia sana. 😀 Sudah lama nggak kopdar, berkat kopdar kemarin jadi ingin lebih sering lagi ketemuan dengan para narablog lain. 😳

******

Ah, sekarang sudah mau lebaran ya. Bulan Ramadhan sudah mau berakhir. Tahun ini saya akan berlebaran di Jakarta, nggak seperti tahun lalu di Palembang. Jakarta bukan kampung halaman saya. *Surabaya tercinta adalah kampung halamanku* Saya sih ngikut aja apa kata keluarga besar ibu saya. :mrgreen:

Rasa-rasanya penutup kali ini mirip dengan penutup posting-an terakhir saya. 😆 Waktu itu sama-sama bulan puasa dan sudah mendekati akhir bulan Ramadhan. Lucu ya… :mrgreen:

Jadi, berlebaran di mana nih, narablog sekalian? Dan…. kopdar yuk!

———————————————————————————————————————————————————————

Gambar anime di awal diambil dari cuplikan anime “Chuunibyo demo Koi ga Shitai!” Seluruh terbitan ini sangat dilindungi oleh hak cipta, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
90 Responses to “Akhirnya Saya Kembali… dan Sebuah Berita Kopdar!”


  1. 1 August 2013 at 01:34

    Pertamax-kah saya?
    Welcome back Sop.Moga masih ingat sama saya.
    Pernah dengar dari mbak Lidya, Asop sudah gak ngeblog lagi.
    Tadi liat list, eh ada postingan baru Asop makanya langsung ke mari.
    Moga2 eksis lagi yaa 🙂

    • 7 August 2013 at 00:11

      Masih dong, Mbak Mug, yang dari Makassar kan? 😀 😀

      Asik asik, setidaknya saya masih dirindu dan dicari. 😳

  2. 1 August 2013 at 01:56

    welcome back asop 😀
    kayanya seru tuh kopdarnya hehehe

    • 7 August 2013 at 00:10

      Yoi, maap yak, belom bisa BW ke blog Fanz… 😀

  3. 1 August 2013 at 02:54

    Jakarta emang ngangenin di luar segala kekurangannya ya…

    Welcome back to blogsphere ya…

    • 7 August 2013 at 00:09

      Kekurangannya bejibun, tapi segala ada di Jakarta. :mrgreen:

  4. 1 August 2013 at 03:35

    saya sering mampir kesini, tapi gak ada postingan baru. dikirain udah nikah trus repot punya anak gitu, semacam itulah (?)

    welcome back bang! 🙂

    • 7 August 2013 at 00:08

      Wuuuah itu harapan saya! :mrgreen:

      • 12 August 2013 at 18:57

        Kalo nikah ane di undang ya bang… Kan lumayan makan gratis ._. #mahasiswakere

        • 8 March 2014 at 10:16

          Saya gak janji sih ngundang Angga, takutnya lupa. :mrgreen:

  5. 11 dey
    1 August 2013 at 04:04

    Asoppp, akhirnya …

    yuk..yuk kopdar, besok sabtu ya sekalian buka puasa. Coba tanya Nchie.

  6. 1 August 2013 at 04:42

    Selamat datang kembali. Wah, berarti mau lanjut S2 ya? Bagus… bagus… 😀

    • 1 August 2013 at 08:38

      masbro juga mau S2 ? 😀

      • 6 August 2013 at 23:59

        Ayo sama2 sekolah lagi di Bandung. :mrgreen:

    • 7 August 2013 at 00:08

      Yah, pokoknya melanjutkan studi…. :mrgreen:

  7. 1 August 2013 at 04:43

    Aih, Asop udah kembali 🙂
    #ngadainselamatan

    • 7 August 2013 at 00:07

      Hehe, semoga aku bisa kembali BW. :mrgreen:

  8. 1 August 2013 at 05:31

    Selamat datang kembali bro..

    • 7 August 2013 at 00:07

      Makasih atas sambutan Angga. 😀

  9. 1 August 2013 at 05:49

    asop…..hedeh…hiatusnya lama amat yakkkkkkk….hiatus untuk sesuatu yang lebih baik…wah mau ambil s2 lagi yah….semoga sukses dan lancar….
    wah nggak mudik suroboyo yo…Ngacung nieh…salah satu mudikers juga ke surabaya…
    well, welcome back yah..selamat balik ngeblog..semoga lebih rajin posting berbagi banyak hal lewat blogging..:)
    happy ramadhan kareem..mohon maaf lahir dan batin 🙂

    • 7 August 2013 at 00:06

      Aamiin, makasih doanya, Mbak. :mrgreen:

      Lebaran tahun ini saya di Jakarta. Ngikut aja keluarga besar ibu saya. 😆

      Maap lahir batin juga ya Mbak. 😳

  10. 1 August 2013 at 08:15

    oalah le.. le.. nang ndi ae… 😆 kelas aksel saiki wes gak onok lho btw…. (ga nyambung amat pengumuman gw ama isi postingan)

    • 7 August 2013 at 00:01

      Waduh, makasih udah ngasih tahu saya, Mbak Tyke. 😦 Ini kabar menyedihkan. Bahkan temen2 saya di Surabaya gak tahu kalo aksel udah bubar. 😦 Alasannya apa tho ya?

      • 7 August 2013 at 08:20

        kurikulum 2013 tidak mensuport kelas Akselerasi.

        • 8 March 2014 at 10:22

          Jujur aja aku kecewa… 😦

  11. 1 August 2013 at 08:36

    tanggal 3 agustus besok kopdar di resto alas daun, syukuran pembukaan kantor barunya kang argun dan teh nchie, datang masbro? 😀

    • 6 August 2013 at 23:59

      Ke mana Bang Ed kemariiiiin? 😛

  12. 1 August 2013 at 08:58

    akhirnya ada yang baru disini..jangan diulangi lagi ya hiatus yang kelamaannya itu.. :mrgreen:

    • 6 August 2013 at 23:58

      Iyap, saya kapok. 😦

  13. 1 August 2013 at 09:00

    Welcome Back 😀

    • 6 August 2013 at 23:58

      Maap ya, Ares, aku belom bisa BW ke blogmu…. 😐

  14. 1 August 2013 at 09:29

    wah… sama saya juga jarang apdet.. hhehehhe… welcome back sir! 😀

    • 6 August 2013 at 23:57

      Oceeee! 😀

      Yuk ah mari kita sama2 semangat ngeblog lagi! 😀

  15. 1 August 2013 at 09:54

    Wah segitu kejamnya kah Jakarta. 😯

    • 6 August 2013 at 23:56

      Iya. Sangat. Setidaknya bagi tubuh saya.

  16. 1 August 2013 at 10:13

    Welcome back Soooop!
    Ooo udah gak kerja di daerah Gambir lagi toh? Kita aja belum sempat ketemu di Jkt, eh Asop udah balik lagi ke Bandung 😐

    • 6 August 2013 at 23:54

      Iya nih, ga sempet kopdar aja ama Mbak Depa…. 😦

  17. 1 August 2013 at 11:07

    met kembaliiiiiiiiii………….
    wuih, ada kaka, ada lagi deh bacaan seru…..

    • 6 August 2013 at 23:54

      Saya blom ada rencana nerbitin ulasan novel, nih…. 😐

  18. 1 August 2013 at 11:17

    Welkom back kang Asop hehe.. lah sama aku juga udah lama ga bw ke blog ini hihi.. baca2 ttg review buku novelnya biasanya hihi.. eh pas pengen BW dan keinget blog asopusitemus, eh pas banget pemiliknya mau aktif lagi.. horeee 😀 😀

    • 6 August 2013 at 23:53

      Siplah, Mas Unggul. Semoga saya bisa konsisten ngeblog lagi. 🙂

  19. 1 August 2013 at 12:48

    Asop is back…yeeeah…*gw jg jarang ngeblog kok ;p

    • 6 August 2013 at 23:52

      Hwaaaa udah lama gak BW ke blog Mbak Bel! 😥

  20. 1 August 2013 at 12:51

    Welkombek bro *kecup-kecup*

    • 6 August 2013 at 23:52

      *jauhin diri* Ogah ah dikecup cowok. 😆

  21. 1 August 2013 at 14:52

    akhirnya kelluar lagi Asop 🙂

    • 6 August 2013 at 23:51

      Keluar dari masa hiatusnya. :mrgreen:

  22. 1 August 2013 at 15:15

    hebat sop bisa hiatus setahun penuh! selamat! *eh
    😀
    selamat datang kembali di hutan belantara blog 😀

    • 6 August 2013 at 23:51

      Halaaaaaah jangan goda saya, Bang Hahn. 😆

  23. 1 August 2013 at 17:04

    wah untung wiken ga balik Bandung, macet euy ama plat B hehe
    eniwe, Okaeri 😀

    • 6 August 2013 at 23:51

      Asik, ketemu Bang Tama lagi. 😀

  24. 2 August 2013 at 02:10

    Jadi sekarang sudah beredar lagi di blog ya, Sop?

    Iyah.

    Wah! Selamat ya! *jabat tangan*

    :mrgreen:

    • 6 August 2013 at 23:51

      *jabat tangan* :mrgreen:

      Makasih atas dukungannya. 😀

  25. 2 August 2013 at 02:54

    akhirnya kak kembali di dashboard saya hehe. sering ngecek kesini tapi postingan terakhir masih yg itu aja 😀

    • 6 August 2013 at 23:50

      Hihihi makasih ya udah nunggu2 saya. :mrgreen: Sekarang saatnya saya kembali BW. 😀

  26. 2 August 2013 at 08:07

    Selamat ngeblog lagi Mas…

    • 6 August 2013 at 23:50

      Iya, Pak Mars, dukung saya ya. 😛

  27. 2 August 2013 at 10:04

    ihiwww kang asop kembali muncul kembali…

    Welcome kang…

    Baca postingan ini jadi kangen sama Bandung…

    jadi pengen balik lagi ke Bandung.. 😥

    • 6 August 2013 at 23:50

      Ayo ayo cari kerja di Bandung. 😆

  28. 3 August 2013 at 07:26

    welcome back Asop

    • 6 August 2013 at 23:49

      Iyaaaa Bu Mondaaaaa 😀

  29. 62 fenty6285
    3 August 2013 at 12:38

    panjang ya update-nya setelah sekian lama 😀

    welcome to your blog again, sop 😀

    • 6 August 2013 at 23:48

      Asik asik, ketemu Mbak Fenty lagi. 😆

  30. 4 August 2013 at 00:58

    Setahun kurang sebelas hari ya Mas… 🙂
    Perlu di tiru. 🙂

    • 6 August 2013 at 23:47

      Hush jangan ditiru. 😆

  31. 5 August 2013 at 07:32

    Yah wajar sih yah, udah kebiasa sama udara sejuk Bandung, eh ke Jakarta yang sumpek… Hahaaha….. Sama kayak gue dulu waktu ke Bandung… Belum terbiasa sama dinginnya Bandung, Mas… Pagi2 mandi, kedinginannya itu laksana di Kutub… Hahaha

    • 6 August 2013 at 23:42

      Nah, sama kayak saya dulu waktu pertama kali kuliah di Bandung sini. 😀 Gak bisa BAB berhari-hari karena airnya dingin. Air yang dingin mengganggu pencernaan saya. 😆

  32. 5 August 2013 at 09:17

    haaa….akhirnya kembali mampir ke blogny bang asop… Q juga baru balik dari hiatus bang, haha….
    Ayo kopdar…. seru juga kayaknya *nggakpernahkopdarkarenaasyiksamadunialuar

    mampir ke blog Q yang ini juga ya… http://nutrisicantik.blogspot.com/2013/08/menjaga-pola-makan-sehat-di-hari.html

    • 6 August 2013 at 23:39

      Ayo kopdaaaar! Pasti seru dong! 😀

      Kalo inget saya nanti ke blogmu, oke? ^__^

  33. 6 August 2013 at 14:54

    Eh, akhirnya balik setelah sekian lama 😀

    Saya lebaran di kampung halaman, Bireuen (Aceh) 🙂 . Hmm, asyik ya bisa kopdar. Semoga suatu saat bisa kopdar sama bang Asop heheh

    • 6 August 2013 at 23:33

      Iyaaaaaa 😀

      Waaah, jauuuh. 😀 Nitip kopi Aceh Gayo dooong! 😳

      Ayo ayo sini, kopdaran kita. 😳

      • 7 August 2013 at 10:13

        Semoga suatu hari bisa kopdaran kita ya, sesama blogger lainnya juga, amin 🙂

        Suka kopi Gayo ya 😀

        • 8 March 2014 at 10:21

          Aamiin, mari kopdar. 🙂

          Kopi sih saya belom nyoba Aceh Gayo, saya pengen nyobain semua kopi! 😳

  34. 19 August 2013 at 13:15

    duh telat nih baru tau bang asop udah comeback,,ahahahay
    selama ini kepo mau tau bang asop sibuk apa sih ampe gak ngeblog sama sekali… hihihihi.

    • 8 March 2014 at 09:58

      Kalo ngekepoin orang jangan setengah2. :mrgreen:

  35. 22 August 2013 at 11:09

    akhirnya akmu balik, sop. aku pikir kamu bakalan ngilang selamanya. hiks … hiks ….
    aku dari dulu nguin lo. ke mana kok gak nongol-nongol.
    sekarang winterwing ganti lo. gak tahu kan? winterwing berubah jadi khusus cerpen. usianya baru 6 bulan.

    • 8 March 2014 at 09:57

      Huaaaaa saya gak mau hilang dari jagat blog. 😥
      Nanti kalo saya udah aktif lagi ngeblog, saya samperin blognya ya. 🙂

  36. 25 August 2013 at 10:23

    oooh.. kang asop sempet di jakarta ya?… kerj di daeerah mana?… karena ada alumni siswa saya bilang ada lulusan itb kerja dikantornya dan sudah tidak bekerja lagi.. jangan2 kang asop orangnya.

    • 8 March 2014 at 09:56

      Oooh bukan saya itu tampaknya, Mas Koes. 🙂
      Saya dulu di PLN Disjaya, deketnya DUbes Amrik itu. :mrgreen:

  37. 27 August 2013 at 14:11

    welcome back asop…

  38. 5 September 2013 at 14:12

    Aku kapan diajak kopdaran ya …. he he he

    • 7 March 2014 at 11:53

      Sini Om, ke Bandung. 😀

  39. 6 September 2013 at 11:28

    wah asikk banget bang. kapan kapan kopdar lgi yah yahh… 😀

    • 7 March 2014 at 11:52

      Kita gedungnya sebelahan tapi ga pernah papasan. 😆

  40. 1 October 2013 at 20:41

    Kirain udah pensi dari ngeblog. Soalnya dari awal tahun belum ada postingan baru

    Welcome back deh kalau begitu, sop. Semoga bisa konsisten lagi ngeblognya 😀

    • 7 March 2014 at 11:46

      Semoga ya. 🙂

  41. 29 October 2013 at 21:14

    Wow, udah lama nggak mampir ke blog ini sm blog fotonya, pas ngecek, blog ini ternyata udah pernah hiatus jg ya seperti blog saya :D, tapi bedanya, saya udah pindah kesini dgn tulisan yg beda juga. disini : cumacoretmenyoret.blogspot.com (kalo masih inget sih sama saya) 😀

    • 6 March 2014 at 22:43

      Walah ya masih inget dooong Mas. :mrgreen: nanti saya main ke sana ya kalo udah bener2 balik ngeblog lagi. 😀

  42. 29 October 2013 at 21:42

    Asop telah kembali…… 😆

    Walah koq aku malah baru tahu sih 😎

    • 6 March 2014 at 22:42

      Kembali yang bukan untuk kembali… 😥


Leave a Reply

Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



