Jerman Kalah, Dukung Italia, dan Kodak DX7630

Rasanya sungguh menyesakkan dada. 😦 Ya, hari jumat ini sungguh menyesakkan dada. Pertama, saya nggak terbangun untuk menonton Jerman, dan kedua, adalah kekalahan Jerman. Rasanya bangun subuh ini saya nggak bersemangat ketika melihat situs livescore.com. Lagi-lagi, Jerman kalah melawan Italia di semifinal sama seperti di Piala Dunia 2006. Skor tipis 2-1. Hanya saja kali ini sedikit lebih baik, karena bukan kalah 2 gol tanpa balas. Sungguh menyesakkan. Menggelikan sekali kalah oleh Italia. 😦

Saya harus akui kehebatan Italia. Saya akui kebengalan Balotelli di lini depan. Tapi saya nggak bisa banyak bercerita di sini, karena saya nggak menonton pertandingannya. Saya akan mendukung Italia nanti di final, karena saya nggak mau Spanyol menang di tiga event besar berturut-turut. Setelah Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010, Spanyol tak boleh sampai memenangkan event tahun ini. Setidaknya saya ingin agar di Euro tahun ini Italia yang menang karena Italia telah mengalahkan Jerman.

Siapapun yang mengalahkan Jerman pantas jadi juara Euro 2012. :mrgreen:

Balotelli, nanti kamu harus menjebol gawang Spanyol, ya! 😀  Dan untuk Jerman, di Piala Dunia Brasil 2014 dan Euro 2016 Perancis nanti, kalian akan berjaya!  🙂

Kamera sebagai pelipur lara…

Alhamdulillah, kamera lama saya, Kodak EasyShare DX7630, sudah “sembuh” kembali. 😳  Dulu, sebelum kamera saya yang Nikon Coolpix L110, saya pakai Kodak DX7630 ini. Setelah sedikit kerusakan terjadi di bagian pengatur mode-nya, saya coba hubungi ke dealer resmi Kodak di Jakarta (karena memang yang bisa servis hanya di Jakarta). Ternyata prosesnya ribet, saya mesti mengirimkan kamera saya ke Jakarta sana. Saya nggak mau ambil risiko kamera nggak balik. Ya sudah, saya telantarkan Kodak itu. 😦

Hati saya masih sedih…

UEFA Euro 2012: Jerman Akan Juara!

Saya tidak muluk-muluk saat menulis judul di atas. Sebagai pendukung Timnas Jerman, saya tentu akan mengharapkan hasil tersebut. Jerman akan juara tahun ini.

Siapa yang nggak senang, semalam (10/6) dini hari Jerman mengalahkan Portugal 1-0. Nggak apa-apa hanya dengan skor tipis, yang penting menang. :mrgreen: Kalau beberapa media cetak dan situs resmi UEFA memuji penampilan bek kanan Jerome Boateng yang mampu menahan Cristiano Ronaldo, saya malah terpesona dengan permainan Mats Hummels sang bek tengah. Pemain berumur 23 tahun tersebut menurut saya mampu bekerja sama dengan Badstuber di bagian tengah.

Awalnya saya sangsi, mampukah dia bermain dengan baik setelah saat uji coba melawan Swiss tanggal 26 mei lalu ia bermain kurang memuaskan. Saat melawan Swiss, Hummels tidak dipasangkan dengan Badstuber. Ia dipasang bersama Per Mertesacker di tengah. Hasilnya, Hummels memang mencetak satu gol saat itu, tapi ia juga mendapat kartu kuning, dan Jerman kalah 3-5 oleh Swiss. Hasil yang buruk bagi Jerman, itu adalah kemasukan 5 gol pertama semenjak tahun 2004 lalu saat kalah dari Rumania 5-1 di sebuah pertandingan persahabatan. 😦

Mats Hummels and Postiga

Mats Hummels (5), beradu dengan Helder Postiga

Tentu saja saya nggak melupakan jasa besar Boateng. Saya terkejut melihat penampilannya. Sepertinya dia bugar sekali saat itu. 😀  Meski saya melihat Boateng sempat beberapa kali dipermainkan oleh dribel Ronaldo, secara umum Boateng mampu menahan aliran operan dari Ronaldo. Salut untuk Boateng, ia mampu bermain baik sebagai bek kanan dan juga bek tengah (saat di klub Bayern Muenchen). 😉

Boateng and Ronaldo

Jerome Boateng (20) berusaha menjaga Ronaldo (7)

Saya berharap penampilan para pemain bertahan Jerman bisa terus membaik. 😳

Inilah Pemain Timnas Jerman untuk Euro 2012

Susunan pemain saat ini sedikit berbeda dengan susunan pemain yang pernah saya tampilkan di posting-an saya tanggal 13 desember tahun lalu. Cacau, Simon Rolfes, dan Christian Trasch tidak dipanggil. Jumlah pemain ada 23 orang, tiga orang kiper, tujuh orang pemain belakang, sebelas orang pemain tengah, dan dua orang pemain depan. Podolski bisa ditempatkan di depan ataupun di tengah.

Ada daftar pemain Jerman dan fotonya, silakan simak di sini…

Tak Sabar Menanti UEFA Euro 2012 dan Mendukung Jerman

Saya membuat posting-an ini terinspirasi dari posting-an narablog Bensdoing yang ini. Sebagai pendukung timnas Jerman, ingin rasanya saya membuat satu posting-an berisi dukungan saya pada mereka. :mrgreen:

Mengapa tentang Euro 2012, Sop?

Yap, saya tiba-tiba ingin menulis mengenai timnas Jerman (dan Euro 2012) karena saya tergugah oleh penampilan para pemain muda U-23 timnas Indonesia di perhelatan SEA Games yang lalu. Hmmm… udah terbilang lama banget ya, SEA Games… :mrgreen: Ah, ya sudahlah, pokoknya karena yang main pemain berusia muda semua, pikiran saya teringat akan pemain-pemain timnas senior Jerman yang juga berisi banyak sekali pemain muda. 😀

Sejak tahun 2000 saya mendukung Jerman. Ada beberapa posting-an saya mengenai timnas Jerman, terutama saat Piala Dunia 2010 yang lalu (lihat arsip bulan juni dan juli 2010). 😀

Para Pemain Timnas Jerman

Terjadi banyak sekali perubahan dalam sususan pemain timnas Jerman yang sekarang dibandingkan dengan susunan pemain yang dulu pernah saya tulis dalam “Tribute to Germany: The Squad” pada akhir Piala Dunia 2010 yang lalu. Banyak pemain baru yang saya sendiri baru ketahui setelah belum lama ini melihat mereka dalam pertandingan persahabatan melawan Ukraina (11/11) dan Belanda (15/11).

Ternyata pelatih jerman, Pak Joachim Löw, masih gemar dan sering mengutak-atik susunan pemainnya. Dia suka memanggil dan mencoba memainkan pemain-pemain muda yang belum pernah masuk ke dalam timnas. Sebaliknya, Pak Löw juga tak ragu untuk mengeluarkan pemain-pemain veteran agar bisa memasukkan pemain muda ke dalam timnya. Pemain lama yang keluar dari timnas tidak hanya pemain yang sudah berumur, tapi juga pemain yang masih terhitung muda. Marcell Jansen, Arne Friedrich, Piotr Trochowski, Marco Marin, Serdar Tasci, dan kiper Hans-Joerg Butt adalah contoh yang lengser.

Silakan lihat di tautan ini, di situs resmi DFB (Deutscher Fußballs-Bund, induk organisasi sepakbola Jerman), ada susunan pemain timnas Jerman terbaru yang digunakan dalam pertandingan persahabatan melawan Ukraina (11/11) dan Belanda (15/11) bulan november lalu. Di sana tidak tampak Bastian Schweinsteiger dan sang kapten Philipp Lahm. Ini bukti bahwa pelatih Löw sering mencoba pemain baru di dalam timnya. Setahu saya memang dulu itu Scheweinsteiger cedera, dan entah apa alasan Lahm nggak masuk ke dalam tim. *Mungkin karena nggak diizinkan klubnya bergabung di timnas?* 😛

Saya yakin, komposisi yang baru ini masih bisa berubah hingga perhelatan Euro 2012 berlangsung, bahkan mungkin juga saat Piala Dunia 2014 di Brasil nanti. Mungkin aja Schweinsteiger dan Lahm nggak akan dipanggil lagi ke timnas. Dan mungkin saja ada pemain muda yang baru ketika nanti Euro 2012 di Ukraina-Polandia —dan tentu saja Piala Dunia 2014 di Brasil— berlangsung. 😀  Hal yang patut dipuji dan ditiru dari pelatih Joachim Löw adalah keberaniannya dalam memasukkan dan memainkan pemain-pemain muda dalam timnya.

Seberapa muda sih, para pemain baru itu? Saya tunjukkan mereka, khusus untuk narablog sekalian. :mrgreen:  Coba simak tanggal lahir dari mereka semua. Ini adalah daftar pemain timnas Jerman yang didaftarkan pada dua pertandingan persahabatan termutakhir, melawan Ukraina dan Belanda. Inginnya sih saya masukkan juga foto mereka masing-masing, tapi nanti jadi kebanyakan gambar. 😉 Silakan klik saja nama pemain untuk langsung menuju situs resmi DFB. Ayo lihat susunan pemain Jerman yang saya kutip!

Menang Tapi Mengecewakan

Singkat saja. Saya mencoba bikin posting-an yang singkat setelah nonton pertandingan Turkmenistan lawan Indonesia. Waktu mengetik ini rasanya masih geregetan, gemas sekali sama permainan timnas kita di akhir-akhir babak kedua. 😡

Saya dan adik saya sepakat mengucapkan, “menang sih menang, tapi mengecewakan.” 😀

Hanya ayah saya yang berkata positif, “Yah, yang penting menang…”  😆

Tapi, kami semua sepakat dalam satu hal, yaitu Ferry Rotinsulu main amat baik di pertandingan kali ini. :mrgreen: Kami sepakat, ketiga gol Turkmenistan karena kesalahan pemain belakang (bek), bukan karena Ferry. Sekadar info, kami bertiga tidak menyukai performa Markus Horison. Kami bertiga adalah pendukung Ferry Rotinsulu. 😆   *kami amat senang ketika Markus tidak jadi pemain starter*   Terbukti, bisa dibilang berkat Ferry-lah gawang Indonesia selama babak pertama dan awal babak kedua nggak kebobolan. Bukan salah Ferry dua bola bersarang di gawangnya dalam kurun waktu lima menit. 😉

Heran deh… bikin jengkel saja barisan pertahanan Indonesia. Kebobolan dua gol dalam lima menit tadi benar-benar kesalahan yang tidak perlu terjadi. 👿 Malah bikin pertandingan yang seharusnya bisa diakhiri dengan bangga, dada membusung setelah menang 4-0, menjadi pertandingan yang menegangkan di akhir-akhir. 😈

Ayo baca lagi lanjutannya!

[Komik Mice] Anjing Menggonggong Nurdin Berlalu

Baru aja saya menerbitkan posting-an hari sabtu lalu (26/2), esoknya hari minggu (27/2) langsung muncul komik strip Mice tentang Nurdin Halid lagi di harian KOMPAS. :mrgreen:

Ini komiknya. 🙂

Klik sini ya kalau mau lihat gambarnya…

[Komik Mice] Tentang Nurdin Halid

Akhirnya, setelah sekian lama nggak nerbitin posting-an baru, kesampaian juga. 😀

Setelah bulan november lalu saat dalam sebulan saya jarang update blog, terjadi lagi bulan februari ini. 😐

Ah, sudahlah, singkat aja, komik strip Mice yang ini saya suka banget. Saya dapatkan dari harian KOMPAS, saya pindai, tapi maap saya lupa nggak mencatat keluaran tanggal berapa. 😥

Mau tahu seperti apa komiknya? Cekidot!

Menikmati Hidup dengan Tubuh yang Sehat dan Bugar

Aaaaaah, saya merasa sebulan terakhir ini sangat bergairah. Entah kenapa, rasanya semangat begitu menggebu-gebu. Semangat apa? Entahlah, berbagai macam, pokoknya saya merasa diri ini bersemangat. 😀 Tubuh ini rasanya fit banget, bugar Bahasa Indonesianya. Yap, punya tubuh sehat rasanya amat menyenangkan. Tunggu… tapi… sehat belum tentu bugar! 🙂

Sehat, menurut KBBI daring, adalah “baik seluruh badan serta bagian-bagiannya (bebas dr sakit)”. Kalo bugar, menurut sumber ini, adalah“….suatu kondisi fisik seseorang yang dapat melakukan aktivitas dengan beban tertentu dan bertingkat tanpa mengalami kelelahan berarti.” Nah, bisa diartikan bahwa seseorang yang sehat belum tentu bugar, karena kebugaran hanya bisa didapat dari kegiatan olahraga yang teratur. Sedangkan kalau seseorang bugar, kemungkinan besar dia sehat. 😆

Awal Mula…

Dulu, awal kuliah, saya mulai kepikiran, saya nggak puas dengan tubuh saya. Pikir saya, “Masa’ tubuh cowok kayak gini sih…” Ya, harus diakui, saya yang dulu jarang berolahraga. Sangat jarang. Setelah ada mata kuliah olahraga di semester 1 dan 2, frekuensi saya olahraga jarang sekali. Bisa dibilang tubuh saya lemah. Stamina nggak begitu bagus. Bodohnya, hal itu saya biarkan sampai kira-kira tahun 2009. Saya lupa saya dapat inspirasi dari mana waktu itu, tiba-tiba saya ingin mulai punya tubuh yang “kuat”, tubuh yang nggak gampang capek. Nggak mudah capek inilah yang saya artikan sebagai “kebugaran”. Setelah saya baca-baca majalah kesehatan dan pikir-pikir, memang benar, saya yang jarang olahraga waktu itu gak bisa berharap punya tubuh bugar. Nah, dengan motivasi ingin punya tubuh kuat dan bugar itulah, sekitar akhir 2009 saya mulai membiasakan diri berolahraga.

Saya sadari juga, saat itu cara makan nggak teratur. Maklum lah, mahasiswa perantauan antarkota, yang pastinya ngekos. :mrgreen:  Jam makan nggak pasti, terutama untuk makan siang. Kalau ada kuliah siang-siang, terpaksa makan siang tertunda. Perut kosong, laper, akhirnya pas dapet waktu makan jadi gelap mata. Nutrisi dari makanan pun juga bisa dibilang gak seimbang. Namanya “porsi mahasiswa” (atau “porsi kuli”), kebanyakan warung atau kantin pasti memberi asupan nasi yang bejibun, tapi nggak pada lauknya. 😆  Kebanyakan karbohidrat, tapi nutrisi lain kurang. Cara makan inilah yang membuat perut saya membuncit. 😐

Massa badan saya sempat mencapai 69 kilogram waktu itu. Bayangkan, bobot badan segitu, dengan tinggi saya (yang diukur menggunakan meteran penjahit) 164 cm, ber-indeks massa tubuh (BMI) 25,654. Indeks Massa Tubuh atau Body Mass Index adalah sebuah perhitungan untuk mengetahui apakah bobot tubuh kita ideal atau tidak. Dengan kata lain, dengan indeks ini, kita bisa tahu apakah bobot tubuh kita ini sudah pas, masih kurang, atau berlebihan (bahkan obesitas). Nilai indeks saya itu menandakan bobot tubuh saya berlebih, karena nilai yang ideal ada di kisaran 18,5 dan 24,9. Pendorong atau motivasi saya bertambah satu lagi, saya ingin punya bobot tubuh ideal! 😆    *kalo mau hitung BMI di sini!*

Nah, semenjak akhir 2009 itulah, saya mencoba menjaga asupan makanan saya dan mengatur kegiatan olahraga. Saya rasakan kebugaran ini berkat tiga hal. Tiga hal dalam versi saya (karena dari beberapa sumber yang pernah saya baca mengatakan bahwa kebugaran hanya ditentukan oleh olahraga aja). Mengatur pola makan, olahraga, dan istirahat yang cukup. Eh, Empat poin sih, kalau tidak merokok diikutsertakan juga. :mrgreen:

Mari lanjut baca tulisan saya…

Selamat Bagi Malaysia, “Busungkan Dada” Bagi Indonesia

Jujur aja, saya berharap keajaiban Liverpool saat mengalahkan AC Milan di final Liga Champions tahun 2005 terjadi malam ini. 😦  Sayangnya tidak terjadi… Gudel si gurita di Seaworld Jakarta dan si Gajah (lupa namanya dan di mana) memang benar ramalannya, kita menang. Tapi agregat tetap tidak mencukupi.

Akhirnya….

Indonesia tetap bisa membusungkan dada. Setidaknya sebutan jago kandang tetap bisa kita kuasai. 🙂

Kesan dan Pesan

Bikin capek hati juga nonton pertandingan ini…

Banyak momen yang bikin kesal, salah satunya tentu saat Firman Utina gagal memasukkan bola saat penalti. Padahal, sebuah gol di babak pertama bisa meningkatkan mental pemain. 😐 Tendangannya nanggung banget, pelan, mbok yo nendang yang keras ke atas pojok…

Firman Utina, sang kapten

Saat gol Malaysia dicetak oleh Safee Sali, adik saya nyeletuk begini:

“Mari kita klaim Mohd Safee Sali. Malaysia pernah ngeklaim batik, ‘kan? Giliran kita yang mengklaim pemainnya…”

Hahahaha, saya langsung ngakak… ide yang bagus. 😀 Ada dasarnya juga, ternyata dia lahir di Aceh Besar. 😉

Silakan lihat lanjutannya di sini!

Liverpool, Jadilah Juara Musim Ini!!

Memalukan. Saya memalukan! Ngakunya seorang liverpudlian1 tapi belum pernah bikin posting-an tentang Liverpool. Payah! 😡

Makanya, izinkan saya mempersembahkan sebuah posting-an untuk mendukung penuh tim favorit saya ini, dan menulis daftar pemain untuk musim ini. 🙂

Saya pendukung fanatik Liverpool lho, ga percaya? Klik sini!