Mitos: Kuliah Itu Lebih Nyantai Dari Pada SMA

Duh…

Sungguh semakin berat kuliah saya ini…. 😦

Saya hanya mau tekankan di sini, untuk anak2 SMA, bahwa setelah kalian lulus SMA nanti, kalian akan memasuki suatu tahap yang “mengerikan” dan “tidak akan bisa santai”. Bohong kalo orang bilang bahwa kuliah itu banyak waktu kosongnya, dan kuliah itu lebih nyantai.  Jangan percaya. Oke, ada benernya kalo kuliah itu banyak waktu kosongnya. TAPI, itu hanya selang waktu jadwal kuliahnya. Jadwal kuliah itu emang fleksibel, semau dosen (dengan persetujuan mahasiswa tentunya). Apa yang tertera di awal kuliah, pengumuman bahwa kuliah ini waktunya jam segini hari ini, itu bisa berubah sewaktu-waktu. Kadang ada satu hari yang jadwalnya full, hari lain bener2 kosong alias libur. Nah, yang membuat mahasiswa menjadi “tidak santai” dan sibuk itu adalah tugasnya yang banyak banget! Bersyukur banget kalo yang dapet dosen baik, udah tugas cuman dikit, waktu pengumpulan juga bisa sedikit diundur. Hmmm…. Tapi jarang deh ada dosen kayak gitu di ITBTekanannya besar lho, tekanan oleh deadline tugas, yang biasanya di akhir semester, ditambah tekanan dari adanya UAS dan UTS. Belom kalo dosennya suka ngadain quiz setiap kali pertemuan…. Waktu kosong antar jadwal kuliah itu pasti dipakai untuk ngerjain tugas. Apalagi kalo kita ikutan unit kegiatan mahasiswa (semacam ekskul), bakalan kepake semua tuh waktu kosong. Tapi unit kegiatan mahasiswa itu asik kok, justru itu ajang untuk membebaskan penat kuliah… :mrgreen:

Ada yang ngomong bahwa kuliah itu nyantai. Ini juga saya tekankan bahwa ini tidak benar. Justru aneh kalo kuliah itu ga repot, karena “kerepotan”nya itu adalah salah satu nikmatnya kuliah… 😀 Kalo udah baca paragraf yang di atas, pasti ga bakalan lagi mikir kalo kuliah itu santai. Santai itu cuman berlaku untuk di awal semester, di mana ujian, tugas, dan quiz masih jarang. Kalo udah habisnya UTS, itu udah jangan harap lagi minta “ketenangan”. Tugas pastinya udah menumpuk untuk dikerjakan dan dikumpul di akhir semester.

Manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya bagi yang masih SMA. Masa2 SMA itu emang paling menyenangkan. Kecuali kalian pengen lulus kuliah muda, saya gak menyarankan ikutan kelas akselerasi. 😀

Bagi yang masih semester awal, antara semester 1 – 4, nikmati juga waktu2 kosong nan indah. Kalo udah di atas semester itu bakalan susah punya waktu kosong. Boro2 waktu kosong, waktu untuk ngerjain tugas aja udah kurang…. Harus pinter2 ngatur waktu.

So, kalo punya waktu kosong dan merasa nyantai, manfaatkanlah sebaik mungkin buat istirahat, istirahat otak dan badan. Jangan sampe menyesal karena kita ga sampet istirahat, jangan sampe menyesal kenapa kok tugas ini gak dikerjakan dari kemaren, dan jangan menyesal yang macem2.

Kesimpulannya:

1. Kuliah itu banyak waktu kosong pas awal semester aja, pas belom banyak tugas dan ujian.

2. Kuliah itu nyantai pas awal semester aja, kalo udah pertengahn dan akhir, ga bisa nyantai lagi. Apalagi yang udah semester atas, dapet tekanan untuk Kerja Praktek (KP) dan Tugas Akhir (TA)

3. Walau bagaimanapun, kuliah tetep harus dinikmati, kuliah dengan segudang kegiatan2 sampingannya amat berharga buat pengalaman hidup dan buat kerja nanti.

4. Belajar mengatur waktu, antara ngerjain tugas, untuk kegiatan luar kuliah, dan untuk bersantai.

28 Comments

  1. ya,,,,kuliah emang nyantai kali..tapi lihat jurusan nya dulu…kalo jurusan yang kejam mah…KAGA ada kata NYANTAI KALEEEEEE…he22222

    Reply

  2. Oi, udah pernah tanya belum sama jurusan / prodi lain?

    Sama gak kayak di PL?

    Pastikanlah dulu…., kalau udah pasti, baru beritahu aku lagi..

    Reply

  3. kuliah. . kehidupan yang akan kumasuki.. bismillah..

    v(^^) hm.. pelajaran yang bagus nie.. pean mbagi waktunya gmana dung? masih sempet2nya ngeblog euy..

    Reply

  4. @ Adik Asop

    Semuaya sama Fan…. Apalagi anak TI….

    @ Nisa

    Semoga kamu bisa sukses menjalani hidup sbg mahasiswa nantinya… amin! ^_^
    Nge-blog? Itu mah suatu keharusan buat saya… huehehehehe… :mrgreen:
    Ngatur waktunya gimana? Hmmm… ga ada yg spesial sih, cuman memanfaatkan waktu kosong sebaik mungkin… 🙂

    @ GPH

    Saya kuliah jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota… Kamu sendiri di mana? 😀
    ‘Lam kenal juga! 😀

    @ deHill

    Sama2..

    Amin… ^_^

    Reply

  5. hooo…satu kandang toh kita…haha…
    kuliah sibuk apa ngga sih tergantung jurusan dan universitasnya loh…
    ada juga tuh yg kuliahnya santai2 aja, serius…
    kalo di kandang gajah sih wajar aja kali ya…hehe…

    Reply

    1. Hmmm…. iya sih, tergantung tempat juga kuliah di mana… 😦

      Tapi secara umum bisa dikatakan kuliah itu ga ada yg nyantai…

      Kandang gajah? Hohoho…. jangan ditanya lagi… TT_TT

      Reply

  6. Hooo kuliah yah, sudah dua tahun yang lalu saya lewati…. 🙂

    Tapi memang benar sih, kuliah memang lebih repot, lebih sibuk. Harus bisa mengatur waktu dengan baik, kalau nggak bisa keteteran. Apalagi kalau kuliah di kandang gajah, kalau nggak pintar-pintar mengatur waktu bisa-bisa kebalap sama gajah-gajah yang lain :mrgreen:

    Reply

  7. haluuu….berkunjung saya ke blog kamu..hehehe^^
    apa kabar kawan??
    hmm..kuliah nyantai??hmm..nggak juga tuh..kulaih itu hectic menurut aku..tapi nggak berlaku bagi yang KUPU” kuliah pulang kuliah pulang..soalnya aku dikampus selain kuliah juga ikutan lomba n organisasi..jadi begitulah..hectic..
    trus dulu mitos kuliah itu bisa bawa (kalo cewek) tas mini..tas buat jalan” karena bukunya sedikit itu mah nggak terbukti di aku..soalnya aku masih tetep pake ransel…hehehehe^^bawaannya juga banyak..hehehe^^

    mampir iah ke blog aku..

    http://pelangiituaku.wordpress.com

    Reply

    1. kuliah itu sebenernya mengasyikkan…. kalo diasikin…

      Kuliah itu sebenernya nikmat….. kalo dinikmati….

      😀

      Reply

  8. hm, klo menurut saya sih.. tergantung kuliahnya dmn dan SMAnya dimana juga, hehe..
    oh ya, belum tentu jg smt 1-4 banyak waktu kosongnya… klo sya, smt 4 yg ngerasa kekurangan waktu malah..huhu..
    tp alhamdulillah,, skrg udh slesai smt 4-nya..yeay! *lah, ko jd curhat?

    Reply

    1. Heee… apa hubungannya kuliah dengan masa SMA??

      Yang banyak waktu kosongnya itu sebenernya semester 1-2 aja sih… Untung-untungan juga kalo semester 3-4 banyak waktu kosongnya… ^^

      Reply

  9. bener SOp… kamu beruntung cm fokus kuliah, saya dah dapet tugas dari kantor masih dapet dr dosen
    but tetep slalu menikmati ^^

    Reply

  10. Setuju mas,kp sudah lewat tinggal perang TA smester dpn+praktek dan laporan2 prakteknya,asistens,kuis,uas,uts,terus??buanyak dehh…
    Lg nggak pingin mikirin itu,refreshing otak dulu biar bisa tempur smester depan,doakan ya,hehehe…

    Salam persahabatan ,-

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s