08
May
09

Mitos: Kuliah Itu Lebih Nyantai Dari Pada SMA

Duh…

Sungguh semakin berat kuliah saya ini…. 😦

Saya hanya mau tekankan di sini, untuk anak2 SMA, bahwa setelah kalian lulus SMA nanti, kalian akan memasuki suatu tahap yang “mengerikan” dan “tidak akan bisa santai”. Bohong kalo orang bilang bahwa kuliah itu banyak waktu kosongnya, dan kuliah itu lebih nyantai.  Jangan percaya. Oke, ada benernya kalo kuliah itu banyak waktu kosongnya. TAPI, itu hanya selang waktu jadwal kuliahnya. Jadwal kuliah itu emang fleksibel, semau dosen (dengan persetujuan mahasiswa tentunya). Apa yang tertera di awal kuliah, pengumuman bahwa kuliah ini waktunya jam segini hari ini, itu bisa berubah sewaktu-waktu. Kadang ada satu hari yang jadwalnya full, hari lain bener2 kosong alias libur. Nah, yang membuat mahasiswa menjadi “tidak santai” dan sibuk itu adalah tugasnya yang banyak banget! Bersyukur banget kalo yang dapet dosen baik, udah tugas cuman dikit, waktu pengumpulan juga bisa sedikit diundur. Hmmm…. Tapi jarang deh ada dosen kayak gitu di ITBTekanannya besar lho, tekanan oleh deadline tugas, yang biasanya di akhir semester, ditambah tekanan dari adanya UAS dan UTS. Belom kalo dosennya suka ngadain quiz setiap kali pertemuan…. Waktu kosong antar jadwal kuliah itu pasti dipakai untuk ngerjain tugas. Apalagi kalo kita ikutan unit kegiatan mahasiswa (semacam ekskul), bakalan kepake semua tuh waktu kosong. Tapi unit kegiatan mahasiswa itu asik kok, justru itu ajang untuk membebaskan penat kuliah… :mrgreen:

Ada yang ngomong bahwa kuliah itu nyantai. Ini juga saya tekankan bahwa ini tidak benar. Justru aneh kalo kuliah itu ga repot, karena “kerepotan”nya itu adalah salah satu nikmatnya kuliah… 😀 Kalo udah baca paragraf yang di atas, pasti ga bakalan lagi mikir kalo kuliah itu santai. Santai itu cuman berlaku untuk di awal semester, di mana ujian, tugas, dan quiz masih jarang. Kalo udah habisnya UTS, itu udah jangan harap lagi minta “ketenangan”. Tugas pastinya udah menumpuk untuk dikerjakan dan dikumpul di akhir semester.

Manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya bagi yang masih SMA. Masa2 SMA itu emang paling menyenangkan. Kecuali kalian pengen lulus kuliah muda, saya gak menyarankan ikutan kelas akselerasi. 😀

Bagi yang masih semester awal, antara semester 1 – 4, nikmati juga waktu2 kosong nan indah. Kalo udah di atas semester itu bakalan susah punya waktu kosong. Boro2 waktu kosong, waktu untuk ngerjain tugas aja udah kurang…. Harus pinter2 ngatur waktu.

So, kalo punya waktu kosong dan merasa nyantai, manfaatkanlah sebaik mungkin buat istirahat, istirahat otak dan badan. Jangan sampe menyesal karena kita ga sampet istirahat, jangan sampe menyesal kenapa kok tugas ini gak dikerjakan dari kemaren, dan jangan menyesal yang macem2.

Kesimpulannya:

1. Kuliah itu banyak waktu kosong pas awal semester aja, pas belom banyak tugas dan ujian.

2. Kuliah itu nyantai pas awal semester aja, kalo udah pertengahn dan akhir, ga bisa nyantai lagi. Apalagi yang udah semester atas, dapet tekanan untuk Kerja Praktek (KP) dan Tugas Akhir (TA)

3. Walau bagaimanapun, kuliah tetep harus dinikmati, kuliah dengan segudang kegiatan2 sampingannya amat berharga buat pengalaman hidup dan buat kerja nanti.

4. Belajar mengatur waktu, antara ngerjain tugas, untuk kegiatan luar kuliah, dan untuk bersantai.

Advertisements

28 Responses to “Mitos: Kuliah Itu Lebih Nyantai Dari Pada SMA”


  1. 8 May 2009 at 09:43

    ya,,,,kuliah emang nyantai kali..tapi lihat jurusan nya dulu…kalo jurusan yang kejam mah…KAGA ada kata NYANTAI KALEEEEEE…he22222

  2. 8 May 2009 at 12:41

    Semua jurusan sama aja. Aku yakin itu.

  3. 3 Adik Asop
    9 May 2009 at 04:12

    Oi, udah pernah tanya belum sama jurusan / prodi lain?

    Sama gak kayak di PL?

    Pastikanlah dulu…., kalau udah pasti, baru beritahu aku lagi..

  4. 9 May 2009 at 11:40

    kuliah. . kehidupan yang akan kumasuki.. bismillah..

    v(^^) hm.. pelajaran yang bagus nie.. pean mbagi waktunya gmana dung? masih sempet2nya ngeblog euy..

  5. 10 May 2009 at 03:28

    OK mas, saya akan menikmati semester2 awal setjara masksimal :mrgreen:
    btw kuliah jurusan apa mas?
    salam kenal ya 😀

  6. 10 May 2009 at 11:28

    wii..lumayan bwt referensi masug kuliah nanti..
    thankzs..
    muga bisa melewati smua itu..
    hehehehe..

  7. 10 May 2009 at 11:51

    @ Adik Asop

    Semuaya sama Fan…. Apalagi anak TI….

    @ Nisa

    Semoga kamu bisa sukses menjalani hidup sbg mahasiswa nantinya… amin! ^_^
    Nge-blog? Itu mah suatu keharusan buat saya… huehehehehe… :mrgreen:
    Ngatur waktunya gimana? Hmmm… ga ada yg spesial sih, cuman memanfaatkan waktu kosong sebaik mungkin… 🙂

    @ GPH

    Saya kuliah jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota… Kamu sendiri di mana? 😀
    ‘Lam kenal juga! 😀

    @ deHill

    Sama2..

    Amin… ^_^

  8. 8 Felicia
    10 May 2009 at 13:30

    hooo…satu kandang toh kita…haha…
    kuliah sibuk apa ngga sih tergantung jurusan dan universitasnya loh…
    ada juga tuh yg kuliahnya santai2 aja, serius…
    kalo di kandang gajah sih wajar aja kali ya…hehe…

    • 11 May 2009 at 07:53

      Hmmm…. iya sih, tergantung tempat juga kuliah di mana… 😦

      Tapi secara umum bisa dikatakan kuliah itu ga ada yg nyantai…

      Kandang gajah? Hohoho…. jangan ditanya lagi… TT_TT

  9. 10 May 2009 at 17:42

    Uf.. masih 3 taon lagi saya masuk kuliah…

    • 11 May 2009 at 07:55

      Berusahalah untuk berjuang ke jenjang kuliah… ^=^
      Masuk kandang gadjah di Bandung aja… 😀

  10. 12 Sukma
    13 May 2009 at 01:10

    Hooo kuliah yah, sudah dua tahun yang lalu saya lewati…. 🙂

    Tapi memang benar sih, kuliah memang lebih repot, lebih sibuk. Harus bisa mengatur waktu dengan baik, kalau nggak bisa keteteran. Apalagi kalau kuliah di kandang gajah, kalau nggak pintar-pintar mengatur waktu bisa-bisa kebalap sama gajah-gajah yang lain :mrgreen:

    • 14 May 2009 at 12:35

      Benar apa yg dikatakan Mbak Sukma… :mrgreen:

  11. 13 May 2009 at 17:34

    salam kenal……

    • 14 May 2009 at 12:35

      Salam kenal juga! 😀

  12. 15 May 2009 at 07:32

    Tapi kuliah itu memang lebih santai kok! 😆

    • 15 May 2009 at 11:00

      Duh, aneh kalo kuliah lebih santai… 😦

  13. 18 deeedeee
    20 May 2009 at 12:37

    iyah yah,, ternyata kuliah tugasnya lebih membludak… 😦

    • 25 May 2009 at 12:25

      ….. sangat membludak….. 😦

  14. 20 pelangiituaku
    23 May 2009 at 00:42

    haluuu….berkunjung saya ke blog kamu..hehehe^^
    apa kabar kawan??
    hmm..kuliah nyantai??hmm..nggak juga tuh..kulaih itu hectic menurut aku..tapi nggak berlaku bagi yang KUPU” kuliah pulang kuliah pulang..soalnya aku dikampus selain kuliah juga ikutan lomba n organisasi..jadi begitulah..hectic..
    trus dulu mitos kuliah itu bisa bawa (kalo cewek) tas mini..tas buat jalan” karena bukunya sedikit itu mah nggak terbukti di aku..soalnya aku masih tetep pake ransel…hehehehe^^bawaannya juga banyak..hehehe^^

    mampir iah ke blog aku..

    http://pelangiituaku.wordpress.com

    • 25 May 2009 at 12:29

      kuliah itu sebenernya mengasyikkan…. kalo diasikin…

      Kuliah itu sebenernya nikmat….. kalo dinikmati….

      😀

  15. 29 May 2009 at 03:33

    hm, klo menurut saya sih.. tergantung kuliahnya dmn dan SMAnya dimana juga, hehe..
    oh ya, belum tentu jg smt 1-4 banyak waktu kosongnya… klo sya, smt 4 yg ngerasa kekurangan waktu malah..huhu..
    tp alhamdulillah,, skrg udh slesai smt 4-nya..yeay! *lah, ko jd curhat?

    • 1 June 2009 at 04:42

      Heee… apa hubungannya kuliah dengan masa SMA??

      Yang banyak waktu kosongnya itu sebenernya semester 1-2 aja sih… Untung-untungan juga kalo semester 3-4 banyak waktu kosongnya… ^^

  16. 8 July 2010 at 09:44

    bener SOp… kamu beruntung cm fokus kuliah, saya dah dapet tugas dari kantor masih dapet dr dosen
    but tetep slalu menikmati ^^

    • 8 July 2010 at 14:51

      Hebat. 🙂

  17. 8 July 2010 at 16:25

    Setuju mas,kp sudah lewat tinggal perang TA smester dpn+praktek dan laporan2 prakteknya,asistens,kuis,uas,uts,terus??buanyak dehh…
    Lg nggak pingin mikirin itu,refreshing otak dulu biar bisa tempur smester depan,doakan ya,hehehe…

    Salam persahabatan ,-

    • 8 July 2010 at 21:07

      Sip! 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: