Menghubungkan Modem Huawei E220/E270 ke Mac OS X

Akhirnya kesampaian juga saya berlangganan Telkomsel Flash. Selamat tinggal internet kabel di kosan! ^_^

Saya mau berbagi pengalaman nih, mengenai instalasi modem Huawei E270 ke Mac. Mengapa Huawei? Karena modem inilah yang disarankan oleh petugas yang melayani Ayah saya (yang mengurus langganan Flash ini bukan saya…). Katanya sih, modem ini yang paling baik, paling awet, dsb. Kami sebagai orang yang awam dengan dunia per-modem-an, ya terima aja. Akhirnya saya beli modem tipe E270 ini, seharga sekitar Rp. 690.000.

Modem E220 dan E270

Kalo saya search di google.com, apapun itu kata kuncinya, pokoknya intinya mencari cara untuk pemasangan/instalasi modem Huawei E270 ke Mac, yang keluar bakalan “cara menghubungkan modem E220 ke Mac”, bukan tipe E270. Entah apa sayanya aja yang kurang teliti dan tekun mencarinya, tapi yang pasti saya sempat kesusahan menghubungkan E270 ke Mac. Kalo instalasi ke OS Window$ sih gampang banget, tinggal hubungin aja modemnya ke USB port, dan udah langsung meng-install sendiri. Tinggal atur setting-nya.

Akhirnya saya menemukan caranya di suatu blog, di sini. Saya berterima kasih sekali untuk si empunya blog tersebut… ^_^

Sebelumnya, saya katakan bahwa awalnya modem E270 yang saya beli tidak bisa terdeteksi oleh Mac OS X. Di suatu webforum (lupa alamatnya) saya temukan bahwa saya harus meng-update firmware-nya terlebih dahulu. Saya donlot dari sini: http://www.huawei.com/mobileweb/en/file/download.do?f=19681&ctype=1. Itu file kompres, setelah didonlot, buka dengan WinRAR ato (mungkin bisa juga) WinZIP. Lakukan ini semua di OS Window$, bukan di Mac OS X, karena file-nya berekstensi .exe.

Setelah itu, sambungkan modem ke komputer/laptop, jangan di-connect ke Flash dulu, biarkan idle. Keluarkan juga aplikasi Mobile Partner, aplikasi bawaan dari tipe E270. Baru klik dua kali file .exe-nya. Setelah proses ini, modem E270 akan bisa terdeteksi oleh Mac OS X.

Jadi caranya:

1. Donlot driver dari sini: http://blog.evandavey.com/wp-content/uploads/2008/12/huawei-usb-modem-osx-drivers.zip Di dalam file zip itu ada dua file .pkg. Install-kan ke Mac dua-duanya. Kalo kata si penulis file yang pertama ga bekerja, install-kan file yang kedua. Tapi saya ga ngerti yang mana yang pertama dan yang mana yang kedua. Jadi saya install dua-duanya.

2. Sambungkan modem E270 ke MacBook sekarang. Tunggu sampe modem berhenti kelap-kelip hijau.

3. Buka Network Preferences dan klik tanda + di bawah kiri layar untuk membuat service baru.

4. Pilih HUAWEI Mobile dari daftar interface dan beri nama service-nya. Klik Create.

5. Masukkan nomor telpon *99#, dan tinggalkan Account name dan password kosong. Lalu klik tombol Advance.

6. Di jendela Advanced, pilih Generic sebagai vendor, dan GPRS (GSM/3G) sebagai model. Untuk layanan Telkomsel Flash simPATI yang prabayar time-based, masukkan di kolom APN “flash”. Kalo pengen volume-based, masukkan “internet”. Tinggalkan kolom CID di angka 1. Untuk layanan Telkomsel Flash kartuHALO, ganti APN dengan “internet”.

7. Tahap terakhir, tinggal klik apply dan klik connect di jendela Network Preferences.

————————– +++++++ ——————————-

Akhirnya, dengan mengikuti tahapan2 di atas, saya bisa menggunakan layanan Flash di Mac OS X… :mrgreen:

Mohon kunjungi situs sumber saya ini ya, di sini.

53 Comments

    1. Lho? Kan udah aku tulis di widget-ku di kanan ini, Ded… “Saya pakai Mac” :D:D

      Lek pengen nyekel tok nang dealer-e ae, Ded…

      Reply

  1. Telkomsel Flash????
    Awal awalnya memang ‘Flash’
    namun beberapa bulan kedepan, hanya ‘Flash’ Saat baru dibayar 😀

    Haha mungkin komp gw yang error kali ya?

    Reply

    1. Kalo yang paket kartuHALO saya belum coba, kartu saya masih di Bandung.

      Tapi untuk Flash paket simPATI, kenceng lho. Saya pake torrent bisa maksimal mencapai 160 kbps untuk donlotnya.

      Reply

    1. Gampang banget kalo di windows. Cuman tinggal colok aja. Dan katanya flash ini bisa dipakai di luar negeri lho…. *saya kampungan sekali*

      Reply

  2. yup, punyaku pake flash n modem huawei e220. bener seperti kata geulist, awal2nya br pake cepet amat bok, tapi beberapa bulan ini ini flash mulai bermasalah, lambatnya minta ampun dan cepatnya itu waktu kita da pas bayar, dulu waktu baru pake mmg cepattttttttttttt amatttttttttttt tengah malem bisa 200-400kbps 0_o.. sekarang nehi

    Reply

  3. Err…lihat komen-komen di atas kok yaaa 😕

    Awalnya niat mau pake flash,tapi kayaknya ga jadi deh 😀

    Reply

  4. ag pake K. halo flash modem huawei T-1550. dari berlangganan pertama sampai sekarang cuma di kasih kecepatan 53kbps… aslimya untuk pake internetan lambat sekali..mana gak ada cepet -cepetnya padahal aku cuman pake kirim email ama browsing…. cape deh…

    Reply

  5. muzty daftar dulu ke telkomsel ya..? tarif perbln ny brpa? persyartany pa aza? bsok rncna mo ke BEC nyari huawei nya. sori…bnyk nanya he he !

    Reply

    1. Kalo mau pake Flash yang prabayar alias simPATI, ga perlu daftar. Tinggal siapkan pulsa yang cukup, lakukan apa yang saya tulis di atas, dan sambungkan. Nanti langsung terhubung ke halaman utama Flash.

      Kalo mau yang pascabayar alias HALO, harus langganan. Silahkan datang ke GraPARI. Waktu saya daftar di Surabaya, gak repot kok. Saya udah punya kartu pascabayar HALO sebelumnya, jadi tinggal minta daftarkan program Telkomsel Flash aja. Kalo belum punya juga gak apa-apa, bakalan langsung ditanya nanti di GraPARI, udah punya apa belum nomor HALO. Bisa milih nomor juga kok. Dan nomor yang kita dapat itu bisa kita buat telpon juga. Tentu saja nanti biayanya masuk ke dalam tagihan Anda. 😀

      Reply

  6. Mau nambah nambah cerita aja nih saya dulu punya Kartu Halo saya jadiin Flash baru ngorbit dari Juni 09 sampai saat ini melesat kaya Flash kalau dipakai internetan dan pakepaket unlimited 125 ribu /bln pake sampai puas daaah, nih ada berita terbaru kan
    kalau yang Kartu Halo akan dapat porsi lebih dari Simpati & As untuk HSPA+ s/d 21 Mbps lho katanya sekarang speednya msh 7.2 Mbps waah bisa tambah melesat kaya kilat daaaah

    Reply

  7. pengen banget beli modem biar bisa konek internet, tapi masih belum bisa beli, tapi paling tidak udah tau caranya dulu heee, makasih infonya, salam kenal aja

    Reply

  8. itu settingan belum support sama mac osx snow leopard ya ?
    saya udah mengikuti cara2 diatas tapi ga bisa connect juga
    gimana donk yah ?
    mohon dibantu 🙂

    Reply

  9. thanks broo,,,,udh lama bnget gw nyari drive’a ne,,,,,akhir’a aku ckup bawa 1 laptop aj,,,ga prlu bwa IN-domi TEL-or Lagii…

    hahaha

    Reply

  10. mas, tanya dong…

    kalau ngubungin modem huawei yg tipe E156 ke macbook apa sama aja step by step nya…??
    sya pakai telkomselflash kartu halo. udah diikutin step by step nya tp kok ga bisa yah..??
    bisa bantu ga..?? tks yah…

    fitri

    Reply

  11. saya mengalami kesulitan instal huawei e169 ke macbook apple.. bagaimana ya caranya, apa lg cd driversnya g ada. says harus mulai dari mana

    Reply

  12. bro mau tanyan nech…

    gw pake modem huawei e270…. kenapa dari tampilannya connect tapi pas aku coba browsing selalu gagal…..

    apa ada yang salah dengan settingan saya??????

    Reply

    1. Sama ya ama saya…

      Hmmmmm semua cara di atas udah dilakukan dengan benar?
      Coba ke situs aslinya, ke tempat saya menyadur tahapan2 ini.

      Seharusnya sih langsung bisa. Saya nyoba dari sumber yang sama langsung bisa browsing.

      Reply

Leave a comment