Masih Punya Mainan Seperti Ini?

Belum lama ini saya beberes rumah, termasuk kamar tidur saya. Setelah cukup lama bersimbah peluh —padahal saya baru dua tahun mendiami kontrakan yang sekarang tapi sudah amat berantakan—, saya menemukan beberapa “harta karun” yang telah lama hilang, kalau memang benda-benda tersebut bisa disebut “barang berharga”. :mrgreen:  Salah satunya adalah mainan berbentuk burung yang saya bawa dari Surabaya. Entah apa namanya. 😀

Benda ini masih bisa disebut mainan, ‘kan? :mrgreen:

Jadi, burung-burungan ini bisa ditaruh di mana saja, dengan bertumpu pada paruhnya, dan ia bisa seimbang dan berpose seakan-akan sedang terbang. 🙂

Bisa ditaruh di ujung bolpen

Bisa di salah satu ujung pemukul softball

Bisa juga di atas pelantang suara

Dan tentu saja di jari saya! 😀

Saya sendiri tak tahu, apakah mainan semacam ini masih bisa ditemukan di pasaran. Saya ingat sekali ini mainan sudah ada sejak saya masih SD (sekitar tahun 90-an), dan terdiri dari beragam warna. Kalau nggak salah ingat, dulu saya punya tiga buah. Sekarang burung-burungan itu cuma tinggal yang ini…. 😳

Nah, barangkali narablog sekalian ada yang punya juga mainan semacam ini? Atau pernah punya? 😀

———————————————————————————————————————————————————————

Foto di atas adalah hasil jepretan saya sendiri. Seluruh terbitan ini sangat dilindungi oleh hak cipta, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

122 Comments

  1. Mainan burungnya keren uy..
    TAdi pikir kok bisa terbang seimbang gitu sambil di gantung, ternyata hanya bertumpu pada paruhnya saja bisa seimbang ya..
    Boleh di Minta ga Om ASop *kata Olive*

    Reply

    1. Itu kayaknya ada pemberat yang sama beratnya di tiga titik (atau entah berapa titik). Kalo gak salah ada satu di masing-masing sayap. Dengan begitu, keseimbangan terjaga. 🙂 Permainan fisika kayaknya.

      Reply

  2. Huwaaaaa… aku dulu juga pernah punya sop… belinya juga di mamang depan SD… inget harganya 200 atau 2000 yak aku lupa.. warnanya hitem putih…

    klo gak salah seh udh aku buang burung2annya 😦

    Reply

  3. Ahk, dulu saya punya mainan kaya gini, persis sama, beli pas saya jalan-jalan ke Jojgjakarta. Itu udah lama banget, waktu saya masih SD atau SMP kalau ga salah. Mainan-mainan saya ga pernah saya buang, semuanya numpuk di gudang. Ntar saya cari ah! :mrgreen:

    Reply

    1. Kalo sy hanya ga mau ngebuang mainan yg unik. Kalo mainan waktu sy kecil udh hampir semua dihibahkan, kecuali lego. 😀 Eman banget rasanya ngebuang mainan yg unik.

      Reply

  4. wow, kadang2 pencipta mainan yang simple seperti ini bagi saya keren banget, mereka mengikuti hukum fisika yang mungkin emang udah umum diketahui, cuma kita aja yang gak sadar 😀

    anyway, aku gak pernah tau punya mainan itu, walaupun aku hidup di tahun 90an, hahahaha

    Reply

  5. eh mainan jaman jepang tuh…
    dulu punya tapi kuda bukan burung
    seneng juga ngegoyang goyangin biar rubuh walau tetep kembali berdiri

    Reply

  6. Pernah malah sering lihat mainan itu jaman SMA ya itu tahun 90an, tapi gak punya mainan itu, pengen sih punya tp gak ada yg belikan jaman itu.

    Reply

    1. Yap, itu ada pemberat di kedua sayap dan ekornya kalau nggak salah. Berdasarkan hukum fisika, hal itu malah menguatkan keseimbangan burung tersebut. 🙂

      Reply

  7. Loh itu apa ya kok bisa nemplok gitu kayak ada magnetnya…
    Kalau sudah bongkar-bongkar dijamin deh bakal ketemu banyak harta karun hehe….

    Reply

  8. Wah, keren Sop. Nggak punya aku mainan seperti ini, hehehe 😀 (eh, ini mainan atau ‘aksesoris’ gitu ya kategorinya?? Hmmm)

    Reply

  9. Kalau punya saya bentuknya beda, seperti kapsul yang berdiri. Tipe-nya sih sama, balancing dan gravity. Sekarang sudah ngga ada dijual, atau mungkin bentuknya migrasi kali ya 🙂

    Reply

  10. kalo yang bentuk burung gak punya sih, tapi dulu suka buat sendiri pake biji kelapa (yang masih kecil) trus ditusuk pake lidi, dibentuk kayak segitiga, dan bisa balance! *nostalgia 🙄

    Reply

  11. lucu banget deh mainannya. aku orang kampung yang norak deh jadinya, soalnya aku gak nemu mainan begituan waktu kecil. yang aku masih punya itu, mainan kapal-kapalan yang dari kaleng, yang suka dijual di pasar malam. yang ada orang-orangan juga di atasnya! :p

    Reply

    1. Oooooh apakah mainan yang kamu sebut itu adalah mainan yang bisa jalan kalau dinyalakan pakai api?? 😀 Saya juga suka ituuuu! 😳

      Reply

      1. iya, lucu ya. jadi barang berharga, ya. dulu di pasar malam suka ada yang jual. sekarang kok jarang ya. tapi pasti masih ada juga, aku pernah baca di kompas ttg nasib para penjual mainan-mainan kaya gitu. lawannya mainan robot-robot kaya gundam gitu kali ya kalo jaman sekarang. (~_~)

        Reply

        1. Itu kapal2an ada bunyinya ‘kan? “klotak-klotak-klotok” 😆
          Itu asik banget tahuuuu 😳
          Jujur aja, saya juga tertarik ama LEGO. 😆

          Reply

          1. iya Asop, mainan itu. Ohh, lego itu memang mainan yang dibikin orang jenius, ya. terima kasih asop, setelah lebaran sepertinya aku mau coba bongkar lemari, nyari mainan masa lalu yang tersisa :p

          2. Aih, kalo saya ga bisa membongkar mainan lama saya. Mainan saya ditaruh di gudang, ditutup di kotak mainan yang tertutup rapat, dan itu gudang juga udah lama gak dieksplorasi. 😆

  12. aku dulu juga punya nih mainan kaya gini. seingatku ada 2 biji. nggak tahu deh sekarang ke mana. lucu ya. dulu seneng banget main kaya gini, kutaruh di ujung meja belajar. hehehe.

    Reply

  13. Aaah ya tau tau 😀
    Dulu kayaknya sempet punya deh, agak lupa dulu punya sendiri apa pinjem hehe
    wah ternyata kita sama2 generasi 90an, aku kira ka febri lebih tua hehe

    Reply

  14. kayanya ada penyangganya yang dijual bareng burung2an ini deh kayak kerucut gitu? tapi mainan ini emang keren.. kayanya ini yang bkin gw ngeyel pengen masuk IPA *ngarang pol

    Reply

  15. jaman saya SD di serua, pernah beli tapi bukan burung , seinget saya waktu itu badut …jadi badutnya jungkir balik…ada pemberat dikedua tangannya..wah jd inget jaman ngga enak dulu 🙂

    Reply

  16. aaakkk… ini mainan jaman kapan ya mas? hehe. aku paling seneng nih main burung-burungan ini, yg bikin kreatif, dia bisa bikin posisi burung seimbang hanya dengan meletakkan paruh burungnya 😀 masih nyimpen sampe sekarang? 😀

    oia.. mampir blog walking dong mas ke blog pelangi —> ada info seru tentang rumah idaman di sini nih http://pelangiituaku.wordpress.com/2013/07/27/bintaro-jaya-perumahan-terdepan-di-selatan-jakarta/ jangan lupa comment ya 😀 makaciihhhhh….

    Reply

      1. iya nih.. mampir dong kakak 😀
        cek artikelku yang ini dong mas –> bit.ly/bintarojaya 😀
        kalo berkenan bisa di share di blog mas dong dong. hehehe… lagi ikutan lomba nih. hehehe

        Reply

  17. Woah.. pernah punya mainan itu. Kayaknya lucu juga kalo dikasih ke anak. Beli dimana ya mainan kayak gitu jaman sekarang?

    Reply

  18. waah..sy pikir di dunia ini cm sy yg pernah punya. trnyata banyak yg pernah ktmu mainan ini. sy pengen bgt punya lagi. toko mainan se jogja sy ubek2 sdh ga ada. kalo ada yg jual, sy mau beli.

    Reply

  19. saya sekarang nyari mainan ini gan 😀

    dulu waktu saya SD saya punya
    dan yg jadi misteri saya belum pernah tau nama mainan ini

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s