11
Aug
12

Masih Punya Mainan Seperti Ini?

Belum lama ini saya beberes rumah, termasuk kamar tidur saya. Setelah cukup lama bersimbah peluh —padahal saya baru dua tahun mendiami kontrakan yang sekarang tapi sudah amat berantakan—, saya menemukan beberapa “harta karun” yang telah lama hilang, kalau memang benda-benda tersebut bisa disebut “barang berharga”. :mrgreen:  Salah satunya adalah mainan berbentuk burung yang saya bawa dari Surabaya. Entah apa namanya. 😀

Benda ini masih bisa disebut mainan, ‘kan? :mrgreen:

Jadi, burung-burungan ini bisa ditaruh di mana saja, dengan bertumpu pada paruhnya, dan ia bisa seimbang dan berpose seakan-akan sedang terbang. 🙂

Bisa ditaruh di ujung bolpen

Bisa di salah satu ujung pemukul softball

Bisa juga di atas pelantang suara

Dan tentu saja di jari saya! 😀

Saya sendiri tak tahu, apakah mainan semacam ini masih bisa ditemukan di pasaran. Saya ingat sekali ini mainan sudah ada sejak saya masih SD (sekitar tahun 90-an), dan terdiri dari beragam warna. Kalau nggak salah ingat, dulu saya punya tiga buah. Sekarang burung-burungan itu cuma tinggal yang ini…. 😳

Nah, barangkali narablog sekalian ada yang punya juga mainan semacam ini? Atau pernah punya? 😀

———————————————————————————————————————————————————————

Foto di atas adalah hasil jepretan saya sendiri. Seluruh terbitan ini sangat dilindungi oleh hak cipta, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

122 Responses to “Masih Punya Mainan Seperti Ini?”


  1. 11 August 2012 at 07:22

    Mainan burungnya keren uy..
    TAdi pikir kok bisa terbang seimbang gitu sambil di gantung, ternyata hanya bertumpu pada paruhnya saja bisa seimbang ya..
    Boleh di Minta ga Om ASop *kata Olive*

    • 11 August 2012 at 10:39

      Ah Olive ga mau difoto sih, jadi, ogah ah, bukan untuk olive.

  2. 11 August 2012 at 07:48

    lucu banget ya sop. boro2 punya atau pernah punya, liat aja gak pernah lho. baru kali ini tau ada mainan kayak gini. 😀

    • 11 August 2012 at 10:40

      Wah, saya pikir Mas Arman udah tahu. 😯

  3. 11 August 2012 at 07:51

    kok bisa ditaruh dimanapun hanya dengan bertumpu pada paruhnya saja?
    saya masih penasaran…

    • 11 August 2012 at 10:41

      Itu kayaknya ada pemberat yang sama beratnya di tiga titik (atau entah berapa titik). Kalo gak salah ada satu di masing-masing sayap. Dengan begitu, keseimbangan terjaga. 🙂 Permainan fisika kayaknya.

  4. 11 August 2012 at 08:31

    Huwaaaaa… aku dulu juga pernah punya sop… belinya juga di mamang depan SD… inget harganya 200 atau 2000 yak aku lupa.. warnanya hitem putih…

    klo gak salah seh udh aku buang burung2annya 😦

    • 11 August 2012 at 10:50

      Huaduh, kalo saya sih ga berani ngebuang mainan unik macam itu…. 😀

  5. 11 August 2012 at 10:19

    punyaku udah hilang >_<

    • 11 August 2012 at 10:49

      Jaman sekarang masih ada yang jual gak ya?

  6. 11 August 2012 at 10:39

    Sempat punya bang asop, tapi sudah rusak dan dibuang. Jaman2 SMP sempat cari2 ke berbagai toko mainan tapi tidak pernnah ada T.T

    • 11 August 2012 at 12:51

      Waduh, gimana kalo sekarang ya, masih ada gak ya, yang jual…

  7. 11 August 2012 at 11:20

    punya hehe sampe boxnya masih ada.. tp burangnya di gantung trus muter2 gitu.

    • 11 August 2012 at 12:51

      Jiaaaaah itu mainan yang bedaaaaaaa ini gak pake benang!

  8. 11 August 2012 at 11:35

    kira-kira yang buat orang indonesia juga bukan ya 😛

    • 11 August 2012 at 12:52

      Buatan Indonesia? Entahlah.

  9. 17 wibisono
    11 August 2012 at 12:10

    Ini sih mainanku juga waktu kecil. 🙂 sekarng jarang yang ada mainan kayak gini.

    • 11 August 2012 at 12:53

      Ini namanya mainan apa ya Kang? Mainan “keseimbangan”?

  10. 11 August 2012 at 14:18

    saya pernah punya mainan seperti itu, tapi sekarang raib entah kemana..

  11. 20 Ahmad Alkadri
    11 August 2012 at 17:05

    Ahk, dulu saya punya mainan kaya gini, persis sama, beli pas saya jalan-jalan ke Jojgjakarta. Itu udah lama banget, waktu saya masih SD atau SMP kalau ga salah. Mainan-mainan saya ga pernah saya buang, semuanya numpuk di gudang. Ntar saya cari ah! :mrgreen:

    • 12 August 2012 at 23:15

      Kalo sy hanya ga mau ngebuang mainan yg unik. Kalo mainan waktu sy kecil udh hampir semua dihibahkan, kecuali lego. 😀 Eman banget rasanya ngebuang mainan yg unik.

  12. 11 August 2012 at 20:13

    sudah pasti tidak punya 🙂 dari jaman kecil gak pernah beli maianan kaya gitu

    • 12 August 2012 at 23:10

      Pascal punya, mbak? 🙂

  13. 24 fenty6285
    11 August 2012 at 23:43

    wow, kadang2 pencipta mainan yang simple seperti ini bagi saya keren banget, mereka mengikuti hukum fisika yang mungkin emang udah umum diketahui, cuma kita aja yang gak sadar 😀

    anyway, aku gak pernah tau punya mainan itu, walaupun aku hidup di tahun 90an, hahahaha

    • 12 August 2012 at 23:10

      Lho iya ya, kok mbak fenty ga tau ya, padahal kita sama2 tinggal di surabaya. 😛 *gak relevan*

  14. 12 August 2012 at 01:09

    yassalam mainan samacam itu sering saya temukan pas sd dulu
    hahaha

    sekarang mungkin udah ilang entah kemana tuh

    • 12 August 2012 at 23:07

      Prof, bikin motif kaos berdasarkan mainan ini dong. :mrgreen:

  15. 12 August 2012 at 14:15

    waaaah aku dulu punya beberapa tuh mainan itu, tapi udah diwariskan pada anak anak tetangga

    • 12 August 2012 at 23:04

      Baguslah, kalo udah gak dipake emang sebaiknya dihibahkan. 😀

  16. 12 August 2012 at 22:30

    eh mainan jaman jepang tuh…
    dulu punya tapi kuda bukan burung
    seneng juga ngegoyang goyangin biar rubuh walau tetep kembali berdiri

    • 12 August 2012 at 23:03

      Nah itu dia ya, intinya keseimbangan. 🙂

  17. 13 August 2012 at 04:23

    Pernah malah sering lihat mainan itu jaman SMA ya itu tahun 90an, tapi gak punya mainan itu, pengen sih punya tp gak ada yg belikan jaman itu.

    • 14 August 2012 at 04:44

      Jaman sekarang masih ada yg jual nggak ya? 🙂

  18. 13 August 2012 at 08:44

    Yang bikin mainannya keren, musti mikir keseimbangan dengan hukum fisika (kali).
    Aku kok gk punya ya mainan gini. Hiks…

    • 14 August 2012 at 04:43

      Mbak tt! Kopdaaaaar! 😀

  19. 13 August 2012 at 09:40

    Wah,,cukup unik,,hanya mengandalkan paruh?? Kok bisa ya 😆

    • 14 August 2012 at 04:42

      Yap, itu ada pemberat di kedua sayap dan ekornya kalau nggak salah. Berdasarkan hukum fisika, hal itu malah menguatkan keseimbangan burung tersebut. 🙂

  20. 13 August 2012 at 10:54

    hahahaha…. itu disebut mainan bukan ya?! huahahah…
    ternyata masih ada ya… jaman kapan tau kayaknya sekarang udah jarang

    • 14 August 2012 at 04:34

      Kalo ada yg jual, saya pengen tahu apa bentuknya dan mungkin sy akan tertarik untuk membeli yg baru.

  21. 13 August 2012 at 10:58

    duh saya baru tahu dari mas Asop mah, 😐

    • 14 August 2012 at 04:32

      Ternyata masih ada yg baru tahu mainan ini ya. 😀

      • 14 August 2012 at 10:37

        ho oh mas Asop… :))

  22. 43 Zee
    13 August 2012 at 16:05

    Loh itu apa ya kok bisa nemplok gitu kayak ada magnetnya…
    Kalau sudah bongkar-bongkar dijamin deh bakal ketemu banyak harta karun hehe….

    • 14 August 2012 at 04:28

      Itu dia mbak, ini salah satu peninggalan saya sewaktu masih kecil. 😀

  23. 13 August 2012 at 16:10

    Wah, keren Sop. Nggak punya aku mainan seperti ini, hehehe 😀 (eh, ini mainan atau ‘aksesoris’ gitu ya kategorinya?? Hmmm)

    • 14 August 2012 at 04:27

      Nah, saya bingung juga sebenarnya, bang, apa ya enaknya ini disebut? Kalo saya cenderung ke mainan. 😀

  24. 14 August 2012 at 00:48

    Kalau punya saya bentuknya beda, seperti kapsul yang berdiri. Tipe-nya sih sama, balancing dan gravity. Sekarang sudah ngga ada dijual, atau mungkin bentuknya migrasi kali ya 🙂

    • 14 August 2012 at 04:17

      Nah, itu dia, masih ada nggak ya yang ngejual? 😀

  25. 14 August 2012 at 10:16

    kalo yang bentuk burung gak punya sih, tapi dulu suka buat sendiri pake biji kelapa (yang masih kecil) trus ditusuk pake lidi, dibentuk kayak segitiga, dan bisa balance! *nostalgia 🙄

    • 15 August 2012 at 04:58

      Wooooow malah sy yg penasaran seperti apa bentuk mainan yg kamu buat itu. ^_^

  26. 14 August 2012 at 10:59

    waktu di SD ku dulu ada yang jual seperti itu. tapi aku ga minat. SD aku mainannya tamagochi, sop #gaya #dikeplak. 😆

    • 15 August 2012 at 04:57

      Nah, generasi digital nih. 😀

  27. 14 August 2012 at 16:48

    pernah liat sih Sop, tapi aku ga pernah punya mainan ini 😀

    • 15 August 2012 at 04:56

      Apakah sekarang masih tertarik memiliki? 🙂

  28. 55 AL
    15 August 2012 at 19:31

    Et, dah. Baru tau itu mainan kayak gitu. Tapi kalo cuman ditaro-taro giitu, gak asik banget perasaan maininnya :p

    • 17 August 2012 at 22:29

      Makanya itu saya nanya, kalo bukan mainan, kita nyebutnya itu apa ya? 😆

  29. 16 August 2012 at 09:27

    pernah punya juga..jaman SD perasaan harganya cm 500-1000 deh.. 😀
    Lucu..suka..dimaininnya cm diputer2in doank :mrgreen:

    • 17 August 2012 at 22:29

      Diputer-puter? Oh, kalo saya gak berani muter2in itu burung. Ntar jatuh rusak dah… 😛

  30. 16 August 2012 at 12:07

    masih kok mas… mainan seperti itu masih banyak di jual. 🙂

    BTW mainanku seperti itu udah pada hilang entah kemana. 😀

    • 17 August 2012 at 22:28

      Hehe, kalau ada bentuk burung lain, mungkin saya mau. :mrgreen:

      • 18 August 2012 at 04:59

        hahaha… paling warnanya aja mas yang berbeda. 😀

  31. 17 August 2012 at 15:40

    lucu banget deh mainannya. aku orang kampung yang norak deh jadinya, soalnya aku gak nemu mainan begituan waktu kecil. yang aku masih punya itu, mainan kapal-kapalan yang dari kaleng, yang suka dijual di pasar malam. yang ada orang-orangan juga di atasnya! :p

    • 17 August 2012 at 22:24

      Oooooh apakah mainan yang kamu sebut itu adalah mainan yang bisa jalan kalau dinyalakan pakai api?? 😀 Saya juga suka ituuuu! 😳

      • 17 August 2012 at 22:32

        iya, lucu ya. jadi barang berharga, ya. dulu di pasar malam suka ada yang jual. sekarang kok jarang ya. tapi pasti masih ada juga, aku pernah baca di kompas ttg nasib para penjual mainan-mainan kaya gitu. lawannya mainan robot-robot kaya gundam gitu kali ya kalo jaman sekarang. (~_~)

        • 17 August 2012 at 22:35

          Itu kapal2an ada bunyinya ‘kan? “klotak-klotak-klotok” 😆
          Itu asik banget tahuuuu 😳
          Jujur aja, saya juga tertarik ama LEGO. 😆

          • 17 August 2012 at 23:01

            iya Asop, mainan itu. Ohh, lego itu memang mainan yang dibikin orang jenius, ya. terima kasih asop, setelah lebaran sepertinya aku mau coba bongkar lemari, nyari mainan masa lalu yang tersisa :p

          • 17 August 2012 at 23:21

            Aih, kalo saya ga bisa membongkar mainan lama saya. Mainan saya ditaruh di gudang, ditutup di kotak mainan yang tertutup rapat, dan itu gudang juga udah lama gak dieksplorasi. 😆

  32. 27 August 2012 at 16:02

    Punya Om, dan saya dulu bingung, kok bisa nggak jatuh ya itu burung. Gile… udah lama sekali saya punya maenan kayak gitu.

    • 6 August 2013 at 23:29

      Inilah hebatnya burung. :mrgreen:

  33. 31 August 2012 at 14:55

    aku dulu juga punya nih mainan kaya gini. seingatku ada 2 biji. nggak tahu deh sekarang ke mana. lucu ya. dulu seneng banget main kaya gini, kutaruh di ujung meja belajar. hehehe.

    • 6 August 2013 at 23:41

      Waduh, kesenggol, jatuh, rusak deh…. 😈

  34. 9 September 2012 at 07:54

    Wow mejiiiiik….
    Kok bs gak jatoh yaa??

    • 7 August 2013 at 04:45

      Di kedua sayapnya ada pemberat. 🙂

  35. 7 October 2012 at 19:48

    mantap Mas Asoop
    kalau main kesini saya bisa selalu menemukan bahasa Indonesia baru.
    waktu saya masih sd sih ga tau ada mainan begitu
    itu di jari sakit ga sih? kok kayak neken banget

    • 7 August 2013 at 04:39

      Wah, saya senang… 😳
      Nggak sama sekali. Gak sakit. 🙂 Itu mainan enteng banget.

  36. 25 October 2012 at 19:51

    Saya pernah punya mainan seperti burung ituuuu dimana yah sekarang?? hehehe

    • 7 August 2013 at 04:27

      Barangkali burung beneran…? 🙂

  37. 26 October 2012 at 14:17

    Aaah ya tau tau 😀
    Dulu kayaknya sempet punya deh, agak lupa dulu punya sendiri apa pinjem hehe
    wah ternyata kita sama2 generasi 90an, aku kira ka febri lebih tua hehe

    • 7 August 2013 at 04:26

      Lhoooo saya lahir tahun 1990 lhoo 😆

      • 8 September 2013 at 18:55

        loh beda setaun dong 🙂

        • 7 March 2014 at 11:51

          Iyap. Hahaha. 😆

  38. 26 October 2012 at 15:40

    wah iyo iki, podo. masih punya maenan kayak gitu, dulu pas sd iseng-iseng mbongkar tu burung, ternyata ada kayak besi magnet gitu di kedua sayapnya, iseng2 di lepas, tak taruh diujung jari, kok ga mau nempel lagi, heu

    • 7 August 2013 at 04:24

      Rusak dong! 😆

  39. 10 December 2012 at 12:27

    wahahahahaaa…iya masih inget ada maenan kayak gitu…sekarang udah ga musim lagi yah…boomingnya dulu pas saya masih SD…

    • 7 August 2013 at 03:45

      Tahun 1900-an kan? 😛

  40. 30 December 2012 at 23:14

    kayanya ada penyangganya yang dijual bareng burung2an ini deh kayak kerucut gitu? tapi mainan ini emang keren.. kayanya ini yang bkin gw ngeyel pengen masuk IPA *ngarang pol

    • 7 August 2013 at 03:26

      *manggut2* *ngarang puol*

      🙂

  41. 17 January 2013 at 18:43

    I have one long time ago 🙂
    It has been broken as I remembered

    • 7 August 2013 at 00:43

      Woooow, Bang Kojack. 😀

  42. 90 duber
    31 January 2013 at 15:00

    wah nostalgia nih, masih ada ga yah yang jual? 😦 keren tuh mainan, saya biasanya di taro di dagu, jadi kaya atraksi. haha

    GPS Tracker Mobil

    • 7 August 2013 at 00:53

      …..ditaruh di dagu? Situ sambil tiduran? 😀

  43. 17 February 2013 at 15:33

    Ga ‘ punya soBB..

    COz saya tidak pernah punya maenan sperti itu bROWWWwww…

  44. 5 March 2013 at 21:35

    koq gw ga tahu ada mainan kayak gitu yah?? *beda generasi nih kayaknya?*

    • 7 August 2013 at 00:48

      Ini mainan tahun 90-an, Om Necky. 😆

  45. 17 March 2013 at 09:31

    wah.. ane nggak punya deh

  46. 2 April 2013 at 18:40

    aaaakkkk asoppp…nostalgia masa cilik 😀

    aku punya juga dulu, tapi entah dimana rimbanya sekarang 😀

    • 7 August 2013 at 00:38

      Huhuhu, mainan semacam ini udah langka sekarang. 😀

  47. 6 April 2013 at 13:48

    itu dulu kakaku punya deh bang…hehhehe jaman dahulu kala tapi
    mampir blogku bang 🙂

    • 7 August 2013 at 00:32

      Hai hai, maap udah lama banget gak BW ke blog kamu. 😀

  48. 25 April 2013 at 15:56

    jaman saya SD di serua, pernah beli tapi bukan burung , seinget saya waktu itu badut …jadi badutnya jungkir balik…ada pemberat dikedua tangannya..wah jd inget jaman ngga enak dulu 🙂

    • 7 August 2013 at 00:39

      Jaman gak enak….? 😕

  49. 20 June 2013 at 16:34

    dulu waktu SD saya sempat punya mainan tersebut..zaman sekarang masih ada yang menjual ga ya?

    • 7 August 2013 at 00:01

      Coba cari di pasar loak. 😀

  50. 28 July 2013 at 21:26

    pernah punya mainan ini, sayang hilang entah kemana sekarang 😉 sudah dimakan usia kali ya

    • 7 August 2013 at 00:15

      Waaaah Mas Yamin nih, udah lama saya gak BW ke blog Mas Yamin. 😀

  51. 29 July 2013 at 15:18

    aaakkk… ini mainan jaman kapan ya mas? hehe. aku paling seneng nih main burung-burungan ini, yg bikin kreatif, dia bisa bikin posisi burung seimbang hanya dengan meletakkan paruh burungnya 😀 masih nyimpen sampe sekarang? 😀

    oia.. mampir blog walking dong mas ke blog pelangi —> ada info seru tentang rumah idaman di sini nih http://pelangiituaku.wordpress.com/2013/07/27/bintaro-jaya-perumahan-terdepan-di-selatan-jakarta/ jangan lupa comment ya 😀 makaciihhhhh….

    • 7 August 2013 at 00:13

      Wah, udah lama gak ke blog Beta, nih. 🙂

      • 7 August 2013 at 23:58

        iya nih.. mampir dong kakak 😀
        cek artikelku yang ini dong mas –> bit.ly/bintarojaya 😀
        kalo berkenan bisa di share di blog mas dong dong. hehehe… lagi ikutan lomba nih. hehehe

        • 8 March 2014 at 10:18

          Wuih kamu rajin banget ya ikut lomba.. 😯

  52. 110 nuynuynuy
    21 August 2013 at 14:29

    Woah.. pernah punya mainan itu. Kayaknya lucu juga kalo dikasih ke anak. Beli dimana ya mainan kayak gitu jaman sekarang?

    • 8 March 2014 at 09:57

      Jaman sekarang mungkin sudah jarang yang ngejual… 😦

  53. 112 aga
    15 September 2013 at 06:34

    waah..sy pikir di dunia ini cm sy yg pernah punya. trnyata banyak yg pernah ktmu mainan ini. sy pengen bgt punya lagi. toko mainan se jogja sy ubek2 sdh ga ada. kalo ada yg jual, sy mau beli.

    • 7 March 2014 at 11:49

      Wani piro? :mrgreen:

  54. 4 April 2014 at 16:10

    jadi inget jaman dulu liat mainannya, pernah punya ane juga dlu mh hehehe

  55. 115 MsAnwar
    16 April 2014 at 18:04

    saya sekarang nyari mainan ini gan 😀

    dulu waktu saya SD saya punya
    dan yg jadi misteri saya belum pernah tau nama mainan ini

    • 19 November 2015 at 11:41

      Sama saya juga nggak tahu apa nama mainan ini. Saya nyebutnya mainan keseimbangan. 😀

  56. 117 ajituelegi
    8 July 2014 at 23:52

    Saya minat mas, tolong inbox ke ajituelegi@gmail.com ya

    • 19 November 2015 at 11:38

      Wah saya nggak menjualnya hehehe 😀

  57. 26 July 2016 at 14:47

    pengen beli lagi, tapi ntah beli dimana?????

  58. 120 Edu
    24 September 2016 at 22:00

    Udah lama gue cari mainan ini
    Di jual gax gan?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 976 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: