Mari Mulai Hari dengan Segar!

Judul posting-an ini nggak terasa aneh, ‘kan? :mrgreen:

Apapun judulnya, saya merasa hari ini akan menyenangkan.  🙂 Mulai pagi tadi, habis sholat subuh, saya makan roti secukupnya lalu menyeduh kopi (belum saya minum), dan langsung menjemput adik saya di kosan temannya. Setelah sampai kembali di rumah, saya minum kopi saya dan sedikit makan pempek Palembang sisa semalam. Pukul 06.30 saya mengantar adik saya ke kampus, lalu saya lanjut lari pagi di Saraga (sarana olahraga ganesha). 🙂

Lari jogging

Setelah sebulan lebih hampir dua bulan saya biasa lari saat sore hari, akhirnya kesampaian juga lari pagi. Kebiasaan yang dulu saya praktekkan kembali saya coba. Berkat doping kopi yang tadi saya minum dan udara segar pagi hari, lari 5 kilometer saya jadi nggak terasa melelahkan, malah menyenangkan. 😀 Terkena terpaan cahaya matahari pagi, bermandikan keringat, sungguh membuat badan segar.

Setelah pendinginan, badan rileks, tubuh tak mengeluarkan keringat lagi, baru saya pulang. Tak lama sampai rumah, saya mandi, sarapan (yang sebenarnya), dan siap berangkat ke lab tempat menguras otak. 😀

Nah, asalkan pemanasan dengan benar (sebelum lari) dan pendinginan dengan baik (setelah lari), insya Allah tubuh nggak akan lelah di saat beraktivitas nantinya. Malah, bisa menambah semangat! 🙂

Pagi-pagi, apa yang narablog rutin lakukan setelah sholat subuh? 🙂

——————————————————————————————————————————————

Gambar orang jogging diambil dari sini. Terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

184 Comments

  1. lari terasa asyik juga loh, saya pulang dari masjid ke rumah sambil lari, dan ini saya coba rutin, hasilnya saya jadi lebih segar alhamdulillah

    *kalau tak punya waktu buat lari, maka carilah kesempatan disaat terjepit seperti saya ini he he

    **efeknya mulai terasa saat saya berpikir untuk berlari lebih jauh, mungkin mutarin komplek dulu sepulang dari masjid

    Reply

  2. Setelah sholat saya nonton berita, kadang sampai ketiduran. Bangun-bangun saya masak. Kalau lagi puasa, biasanya saya bangun agak siangan 😀
    Pengen deh kayak kamu Sop, tapi saya sering ngantuk kalau abis Subuh. Kayaknya saya harus tidur lebih cepat lagi deh.

    Reply

  3. setelah shalat shubuh kalo lagi waras sih ngaji/tadarusan sampe jam 8 (maklum lagi nganggur) abis tu shalat dhuha deh, hihi kalo lagi ngga waras abis shalat shubuh tidur lagi.. hadeeh -__-

    Reply

  4. Sebenarnya dalam diri ini iri pada kalian 😦

    kayanya cuma saya aja nih yang menamakan “shubuh” itu jam 9 pagi.

    Pengen sih bangun shubuh. .!
    Kangen nuansanya,kangen sejuknya and kangen sholat shubuhnya.

    TAPI MALAH KESIANGAN TERUSS! 😥

    Reply

    1. Wah wah… udara subuh baik sekali untuk paru-paru lho. 😦
      Ayo dong usaha bangun pagi…
      Apa Goesti tidurnya malem banget ya? Karena ada kerjaan atau karena kebiasaan? Sebaiknya jangan tidur terlalu malam. Akibatnya ya ini, bangun siang terus. 😦

      Reply

  5. pengen banget bisa olahraga kek asop gitu tapi yah gitu rasanya koq tidur gak cukup2 yaaah hehehhee
    kalo abis subuh aku langsung siap2 buat mandi dan mandiin si kecil mau berangkat sekolah dan akunya kerja

    Reply

        1. Iya, gak semua kok. 🙂
          Coba lihat anak yang sekolah di sekolah Taruna Nusantara (tarnus) yang katanya dididik semi-militer. Badannya bagus-bagus. 😀 Semua teman saya yang saya kenal dari Tarnus, tubuhnya kekar semua. 😉

          Jujur aja saya baru mulai rutinitas jogging tahun ini, bulan januari. 😀
          Jangan tanya gimana saya saat SMA atau waktu awal kuliah dulu. Olahraga bisa dibilang NOL tidak sama sekali. 😳
          Sekarang saya ingin berubah, 😉

          Reply

  6. dooh makin melambung aja nih jadi selebblog :mrgreen:

    saya, habis subuh biasanya tergantung mood saja. Hari kerja ya siap -siap buat berangkat kerja, karena mesti pagi2. Hari libur, kalau sedang rajin ya lari pagi. kalau sedang malas ya bobo lagi :mrgreen:

    asooop, tengok fesbuk yah, suka maher zain ga? ada yang saya bagi di situ!!!

    Reply

    1. Eh, nggak, nggak sama. 🙂
      Saya nggak bilang saya baru masuk kuliah. Kampus saya udah masuk kuliah sejak agustus, saat puasa. Libur dua minggu aja saat lebaran, dan sudah masuk tanggal 8 sept lalu. 🙂

      Reply

  7. Wah, saya mah cuman bisa hari sabtu aja deh kalau mau olahraga. itu juga enga rutin :mrgreen:
    Sebelum subuh jadi kakak rumah tangga dulu dgn ke pasar pagi. Terus sholat, terus bikin makan kucing, baru deh ke GOR dengan jogging. Disana paling cuman 10 putaran. Gak tau deh kalau dihitung jadi berapa kilo. Soalnya satu putaran lapangan bola itu berapa meter saya enga tahu. Enga bawa meteran sih :mrgreen: tapi serius sop 5km? Itu jogging lari apa jalan santai ❓

    Reply

    1. Woooooow saya paling suka dengan rutinitas bikin makanan kucing, Bang! 😳

      Itu cuma kira-kira sih Bang.. jadi saya memutari jogging track di luar lapangan bola. Saya lari di track nomor 6 dari dalam alias nomor 3 dari luar. Perkiraan saya, sekali putaran itu 400 meter. Panjang lapangan bola minimun ‘kan 100 meter. Saya anggap panjang lintasan busur juga kurang lebih 100 meter. 🙂
      Saya lari waktu itu antara 12 setengah – 13 putaran. Sekitar 5 kilo kan? 🙂

      Saya cuma jogging, Bang, bukan lari kayak orang lagi marathon. 😀 Jadi 12 setengah putaran saya lalui dengan waktu (seingat saya) 34 menit. 🙂

      Reply

  8. iya sop aku udah mulai rutin lagi lari pagi nih setelah kemarin bulan puasa gak jogging & beban beban nan 😀

    kapan-kapan kalau lagi pulang ke bandung ikut joging di sabuga donk sop. minggu pagi gitu ikut soalna gak ada temen ane 😦

    Reply

  9. kalo dulu waktu masih jaman keemasan [baca:masa muda gemilang] suka ngaji terus tidur lagi..Kalo sekarang tinggal tidurnya lagi yang kesisa.. 😦 olahraga gak enak..gak ada sarana, dan lokasi yang nyaman

    Reply

  10. Setelah subuh saya langsung tancap mengisi artikel untuk 5 blog lowongan kerja mas. Maklum lowongan kerja kan artikelnya harus terkini terus.

    Olahraga penting lho, harus rutin seminggu 4x, 30-60 menit cukup.

    Salam hangat dari Surabaya

    Reply

    1. Wah, olahraga apa yang sampai 60 menit?
      Kalo jogging saya rasa cukup antara 20-45 menit. Kalau lebih dari itu, nanti kayak pelari marathon. 🙂

      Reply

  11. habis shalat subuh ak tidur lagi 😛 enggak ding bercanda #tapi kalo libur bener 😛
    habis shalat siap2 ngampus jadi gg ada acara lari pagi, kecuali kalo dirumah 😀
    ramadhan selesai, mulai lagi olahraganya mulai lagi juga ya minum kopinya 😀 ak juga mulai lagi minum sodanya, sebulan kemarin puasa soda juga dong B)

    ecieee foto yang disebelah ganti lagi tuh, udah mulai banyak ya bang rambutnya :O ngegemukin ya bang ? lebih keren, ganteng bang d(>_<)b

    Reply

    1. Hahahaha mulai minum soda lagi nih. 😆
      Awas ah jangan banyak-banyak, gak baik buat gigi. Jangan lupa sikat gigi ya. 🙂

      Bobot saya tetep lho, sekitar 61-62 kg. 🙂

      Aih, rasanya beda ya, antara dipuji cewek dan dipuji cowok. 😳

      Reply

  12. setelah sholat subuh langsung masak menyiapkan bekal untuk anak & suami,sambil nyuci dan beres2 rumah. jam 7.30 berangkat antar anak deh 🙂

    Reply

  13. Hiks,masih terkalahkan rasa malas untuk olahraga pagi2 Sop, biz sholat biasanya masak, setelah suami berangkat kantor malah bobo lg deh eike, coz ngantor bs siang2an huhuhuhu

    Reply

  14. Di Belanda ini kalau mau olahraga juga lebih enak, hehe 😀 Praktis bisa dimana aja sebenarnya karena memang ada trotoar-nya dan segala macam (nggak enak cuma pas hujan ato bersalju aja, wkwkwkw). Btw, kalau aku sih olahraga seringnya sore dan kadang malam (jam 9an) waktu musim panas, karena jam segitu masih terang sih jadi cocok buat olahraga, hehe 😀

    Reply

    1. Lho. Meski jam 9 malam masih terang kayak sore, tapi jam biologis tubuh manusia tetap, Bang. Jadi saya rasa tetap jam 9 saat itu sebaiknya jangan olahraga. Malam-malam adalah saatnya tubuh istirahat. 😐

      Reply

  15. dah 2 bulan gak pernah olahraga nie semenjak pindah ke jakarta…parah2…jika bisa berkata maka tubuh ini pasti sudah berteriak…wkwkkk…thnx to remind me…

    Reply

    1. Hmm hmm *manggut-manggut*
      Tak apa, jangan dipaksakan. 🙂
      Memang butuh motivasi dan tujuan akhir untuk membangkitkan semangat ber-olahraga. 🙂

      Reply

  16. biasanya gua juga 3 kali seminggu selalu mulai hari dengan pergi fitness. rasanya badan lebih seger dan siap menghadapi hari itu.
    tapi belakangan ini masih struggling nih dengan adanya bayi. jadi susah mau pergi fitnes. hehehe.

    Reply

  17. sitenya ganti template ya? lebih seger emang yang sekarang. walopun lebih riweuh dikit liatinnya. Eh, udah cobain fotografer.net blum. Lumayan biar foto kita bisa dikritik sama profesional ato sesama newbie fotografi

    Reply

    1. Oh, Rizky yang lupa, sejak dulu tahun 2008 theme saya ya ini terus. :mrgreen:
      Saya suka yang gelap-gelap sih, lebih enak dipandng mata. 🙂
      Ah saya gak mau gabung ke FN, ada alasan saya gak mau gabung ke sana. 😛

      Reply

  18. Pagi ini sy juga lari pagi. Tapi berhubung gk biasa lari pagi, jadi 1 putaran taman sudah ngos2an. Putaran kedua cuma jalan semangat. Di jalan pulang ketemu kepiting. Ya..ya…sy memang sengaja bawa kamera, mau motret sunrise ceritanya pas joging tadi. E tnyt ketemu Mr. Crab juga. Jadi segarnya dobel. Segar di badan, di mata, juga di jiwa. Besok lari pagi lagi ah… ^^

    E, btw, itu kopinya jadi udah dingin donk. Enak gitu minum kopi dingin?

    Reply

  19. Asyik jadi komentator ke 99, kan angka cantik … #narsis mode on
    Wah, jadi ngiri … joging sdh lama saya tidak melakukannya, ayo semangat … setelah shaum Syawal kelar mulai olahraga lagi ah 🙂

    Reply

  20. saya sampai lupa kapan terakhr berolahraga..rasanya2 memang harus olahraga.kebanyakan depan laptop bisa berakibat fatal nih sama tulang belakang yang lama kelamaan tambah membungkuk..
    ahh diingetin .thx yah 🙂

    btw suka baca2 manga juga yah ? hha gak nyangka suka hikaru go dan semua komik takeshi obata.emang art nya beda dari yang lain 😀

    Reply

  21. kalau dah emak2 sepuh kayak bunda ginih ,
    abis sholat subuh , terus jalan kaki aja Sop
    paling juga cuma 30 menit , dah balik lagi kerumah, krn cuma keliling kompleks dowang 🙂
    setelah itu , baru deh, mengerjakan pekerjaan2 rumah tangga lainnya 🙂
    salam

    Reply

  22. pengennya sih (masih pengen lho ya, belum dilakukan tapi, hahahah..) kalo habis sholat subuh, mancal sepeda dulu kira2 30-60 menit… tapi sampe sekarang masih belum keturutan, gara2 tidur kemalaman terus..

    Reply

  23. hai mas,..maaf lahir batin dulu ya!
    maaf baru mampir setelah lama ga jalan2..hehehe
    wah baru tau nih aku, kalo kopi sebelum lari pagi bisa bikin semangat dan berkeringat!
    selalu semangat ya mas!

    Reply

  24. buseng dah..ngupi dulu baru lari…
    kalo saya ngopi pasti jantung bisa berdegap lebih banyak dari biasanya…
    hehehe…
    bicara lari pagi kok saya malas banget menjalaninya yah?..gimana biar rajin nih…

    Reply

    1. Nah, supaya jantung gak berdebar, harusnya tubuh dipakai olahraga. Jantung berdegup kencang itu cocoknya dilampiaskan untuk olahraga. 🙂

      Reply

  25. Olahraga bentar (tapi rutin), sarapan, nyapu halaman & nyiram bunga, kadang-kadang ke pasar, mandi, masak, baru deh berkomputer. 🙂

    Reply

  26. Walah meskipun rutin 3 s.d 4 kali seminggu (futsal, tenis, badminton) olahraga disore hari, selepas pulang kerja, perut saya masih belum sisa ‘sispek’, Sop! 😦

    Reply

  27. Saya iri melihat mas rutinitas mas asop yang dimulai dari bangun kemudian dilanjutkan dengan shalat subuh…yah berharap saya bisa bangun pagi untuk mengawali kegiatan rutin dengan kewajiban shalat subuh *hiks 😦

    Reply

    1. Yah, memang harus ada motivasi sih, Mas. 🙂
      Kalo saya dulu memulai kebiasaan jogging (sore atau pagi) ya karena pengen nurunin berat badan. Sekarang bobot badan saya udah jadi normal (menurut saya), malah jadi kebiasaan.

      Reply

  28. Saya ke kampus pulang pergi jalan kaki setiap hari. Kira-kira dari kost ke kampus jika jalan santai sekitar 15 menit. Kadang dalam sehari sampai berkali-kali bolak-balik jika jarak antara satu matakuliah dengan matakuliah lainnya lumayan lama. Alhamdulillah, dengan ini saya mampu untuk mengontrol berat badan, hehe. Saya rutin minum susu dan alhamdulillah sekarag dah semester 7 kaki saya masih kuat melangkah 😀

    Reply

  29. Kalo saya habis subuh buka kompi terus ngintip2 berita olahraga terutama sepak bola,kalo lagi gak males lari pagi keliling komplexs.Tapi, kalo begadang habis subuh ya tidur.

    Reply

  30. wah selamat buat gaya hidup sehatnya yah dek…olahraga teratur..semoga lanjut terus 🙂
    mohon maaf lahir batin yah 🙂
    gimana cerita mudik ke Surabayanya nya..:) menikmati masakan mama banget yah…:)

    Reply

  31. oh ini ya cerita lari paginya 🙂 salut deh, bisa lari sampai 5km. aku bener2 nggak kuat lari. ngos2an pasti, dan kumat sesak napasnya… hehe. tapi olahraga di pagi hari itu asyik ya!

    Reply

    1. Hmmm sebenernya gak bisa dibilang lari juga sih Mbak… saya cuma jogging. 😀
      Satu putaran kira2 400 meter, bisa lebih gak mungkin kurang, saya lalui dengan waktu 2,5 menit. 🙂
      Jadi saya sekali lari sekitar 12 dan 13 putaran. 🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s