23
Oct
11

Kerapian Sajadah dan Keinginan Salat

Sebagai awalan, sudah tahukah narablog sekalian bahwa bentuk baku dari sholat adalah salat? :mrgreen:  Kalau sudah tahu dan terbiasa menggunakan salat, syukurlah. Jika belum, mari membiasakan diri menggunakan salat mulai sekarang. 🙂

Kerapian dan Mood

Kerapian dan mood itu berhubungan. Entah itu kerapian meja belajar di rumah, meja kerja di kantor, hingga kerapian tempat sajadah dan sarungpun berpengaruh ke semangat kita untuk beraktivitas. Saya rasa, jika diri kita masing-masing hidup dengan “rapi”, mood kita akan senantiasa baik.  🙂

Bagi saya, meja belajar/kerja di kamar tidak rapi tak masalah. :mrgreen:  *Toh saya hanya menggunakan meja saya untuk ber-laptop ria, bukan untuk menulis (dengan pensil atau bolpen)*  Tapi, cara menyimpan sajadah dan sarung berpengaruh langsung ke hati saya saat salat. 😀

Coba lihat. Ketika sajadah dan sarung terlipat rapi seperti pada gambar berikut, rasanya hati itu enak saat akan salat (dan tentunya saat salat juga). Jadi, kalau melihat peralatan salat yang tertata rapi, bawaannya nggak malas untuk salat, begitu. Apakah narablog sekalian juga merasakan hal yang sama? 🙂

sajadah dan sarung yang rapi

Sajadah dan sarung terlipat di lantai

Ada banyak cara menyimpan dan merapikan sajadah saat setelah salat. Bisa ditaruh begitu saja di lantai dengan keadaan terlipat rapi, bisa juga dilipat lalu ditaruh di atas ranjang, atau sajadah dibiarkan tergelar di lantai dengan sarung terlipat di atasnya. 🙂 

sajadah dan sarung terlipat rapi

Sajadah dan sarung terlipat di kasur

sajadah san sarung terlipat rapi

Sajadah tergelar di lantai, sarung di atasnya

Kalau melihat peralatan salat berantakan….

Sekarang lihat gambar berikut, bagaimana kalau sajadah dan sarung berantakan. Agak menjengkelkan melihatnya. Aneh sih sebenarnya, mengingat “kekacauan” itu dibuat oleh saya sendiri. :mrgreen:

sajadah dan sarung berantakan

Sarung tak terlipat

sarung dan sajadah berantakan

Sajadah kacau, sarung tak terlipat

Bukan berarti saya malas salat…

Nah, tak berarti saya malas salat kalau peralatan salat saya berantakan. 😆  Saya tak menjadikan kekacauan tersebut sebagai alasan untuk tidak salat. 😀  Kalau saya malas salat di rumah, saya biasa salat di masjid dekat tempat saya tinggal. Saya bersyukur sekali tinggal di tempat saya saat ini, tak sampai 100 meter ada masjid (terlalu besar untuk disebut langgar atau surau).

Dan lagi, salat di masjid itu lebih enak. Bagi saya, saya bisa lebih khusyuk jika salat di masjid berjamaah dengan orang-orang. 😳    Walau bagaimanapun, salat di masjid tetap yang terbaik. 🙂

Sebagai pengingat saja, kita hidup jangan mau dikendalikan oleh mood. Seharusnya, mood-lah yang kita kendalikan, karena mood berasal dari akal (pikiran) kita sendiri. 🙂

Bagaimana, setujukah narablog sekalian dengan posting-an ini? :mrgreen:

—————————————————————————————————————————————

Seluruh foto adalah hasil jepretan saya. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

193 Responses to “Kerapian Sajadah dan Keinginan Salat”


  1. 23 October 2011 at 20:56

    kalau mukena aku biasanya digantung, supaya gak bau apalagi kalau sudah selesai digunakan salat (bener kan tulisannya):)

    • 23 October 2011 at 21:51

      Sama mbak.. aku juga digantung mukenanya.. terus sajadah sama sarungnya dilipat dan.diketakkan diatas lemari.. ya lumayan rapi deh *menurut aku.. hehehe..

      Sampai.skrg seh gak pernah juga ya meninggalkan perlengkapan salat dalam keadaan amburadul..

      • 24 October 2011 at 09:43

        Kalo saya, sarung apa cocok digantung ya? 😳

  2. 4 wahyu asyari m
    23 October 2011 at 21:02

    yang gambar terakhir anak kos banget tuh sop.

    • 24 October 2011 at 09:50

      Yoi, Mas. 😆

  3. 23 October 2011 at 21:08

    xixixixi kalo aq sih pasti ta lipat sarungnya, cuman kadang2 sajadahnya masih ta gelar di lantai 🙂

    • 24 October 2011 at 09:50

      Sama kayak saya. 😀

  4. 23 October 2011 at 21:21

    Dari artikel diatas saya merasa di tegur,
    karena kebiasaan saya meninggalkan peralatan salat seadanya,
    semoga kedepannya ga lagi.
    makasih Sob Artikelnya…

    • 24 October 2011 at 09:49

      Aamiin, jangan lagi ya. 🙂

  5. 23 October 2011 at 21:24

    kebiasaan saya sekeluarga sih, sajadah & yang lain langsung di lipat dan di simpan di rak. Biar rapi aja ..

    • 24 October 2011 at 09:48

      Hebat, Teh! 😀

  6. 23 October 2011 at 21:28

    klo sholat bahasa arab ya ? aku pake sholat aja ah #dikasih tau ngeyel ya ckckck

    gg ada pilihannya nih, mukenaku digantung, sajadahnya disampirin ke kursi.

    Posting-an ini niat banget 😀 kalimat terakhir menginspirasi 🙂 terima kasih ^^

    • 24 October 2011 at 09:47

      Yap, itu ejaan yang langsung ditulis dari ejaan arab. 🙂
      Memang salat kelihatannya aneh sih… :mrgreen:

      Ah, ini cuma posting-an cepat seperti biasa. :mrgreen:

  7. 23 October 2011 at 21:49

    Bagaimanapun posisi sarung dan sajadahnya, yg penting salatnya gak bolong…

    • 24 October 2011 at 07:09

      bener mas… *alibi yang suka berantakan*

      • 24 October 2011 at 10:00

        Gak apa2, itu benar, Mel, tanda bahwa kita jangan mau terbawa perasaan atau mood kalo udah masuk urusan salat. 🙂

    • 24 October 2011 at 09:46

      Nah, ini baru bagus, gak boleh kita dikendalikan mood. 🙂

  8. 23 October 2011 at 22:12

    Saya malah sering kali membiarkan sajadah tergelatak di lantai setelah habis sholat.
    Hehehehe:)

    • 24 October 2011 at 05:45

      Sajadah tak apa tergeletak, tapi sarung gimana, Mas Ali? 🙂

  9. 23 October 2011 at 22:14

    Pada dasarnya semua manusia suka dengan kerapihan dan kebersihan. Islam juga mengajarkan untuk bersih dan rapi.

    • 24 October 2011 at 05:43

      Benar sekali. 🙂

  10. 23 October 2011 at 22:31

    Seorang laki-laki sudah seharusnya salat fardhu di masjid tidak ada lasaan apapun. Dan saya sudah berusaha untuk bisa menjalankan nya meskipun tidak 5 waktu bisa hadir disana. Salah satu alasan nya adalah waktu kerja di kantor yang tidak bisa salat di masjid. Meskipun begitu saya berusaha menjalankan dengan berjamaah di musholla kantor.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • 23 October 2011 at 22:52

      Betul sekali, Pak. Sangat setuju. Tak ada istilah malas salat di rumah bagi laki-laki. 😀

      • 24 October 2011 at 05:41

        ….errrrr iya, lalu?

    • 24 October 2011 at 05:42

      Luar biasa, Mas Sugeng. 😥

  11. 23 October 2011 at 22:47

    Terlalu kecil untuk disebut langgar atau surau? Bukankah biasanya masjid itu lebih besar, ya, Bung? 😀

    • 24 October 2011 at 05:39

      Eh, oh… iya, hahaha saya salah tulis. 😀 😀
      Udah saya benerin sekarang. 😀

  12. 23 October 2011 at 23:46

    kebetulan saya non muslim..
    saya selalu salut dengan teman-teman muslim yang tak pernah lepas dari salat 5 waktu..
    bahkan sejak saya kuliah di bdg dan dekat dgn bbrp teman yg muslim, saya jadi terbiasa turut serta mengingatkan teman2 untuk salat jika waktu adzan tiba.. 🙂

    setuju sama urusan mood.. cm kadang2 moodnya susah nurut tuh.. gimana dong ya? 😀

    • 24 October 2011 at 09:53

      Aaaaah indahnyaaaa hidup bersama umat beragama yang lain… 😳

      Inilah indahnya tolerasi beragama… 😳

      Nah, kalo sudah nurut ama mood… yaaaaa gimana ya… hahaha saya bukan motivator juga sih…. 😆

  13. 24 October 2011 at 06:34

    setuju banget sama kata-kata terakhir,,,

    “kita hidup jangan mau dikendalikan oleh mood. Seharusnya, mood-lah yang kita kendalikan, karena mood berasal dari akal (pikiran) kita sendiri. 🙂 ”

    kebersihan sebagian dari iman…
    kerapihan sebagian dari kebersihan…
    So, rapi = sebagian dari iman juga… 😀

    • 24 October 2011 at 09:59

      Benaaaaar! Tepaaat! 😀 😀

  14. 32 Sayyidah 'Ali
    24 October 2011 at 08:06

    aku kasih senyum aja..🙂 bertanda ????
    artikel yang bagus sop..

    • 24 October 2011 at 09:59

      Entahlah , tandanya apa? :mrgreen:

  15. 34 wibisono
    24 October 2011 at 08:59

    Kalo sarung biasanya malas melipat, saya taruh langsung digantungan baju di kamar.. hehhehee

    • 24 October 2011 at 09:59

      Nah, itu dia, saya sempat berpikir untuk naruh di gantungan baju (biasanya di pintu), tapi apakah pantas? 😆

      • 28 October 2011 at 10:48

        asal ga keliatan orang ya pantas saja hehehe. tp diliat ga sedep

      • 28 October 2011 at 17:17

        Jadi sarang nyamuk. 😦

  16. 24 October 2011 at 09:14

    Pgn bilang sholat aja ah Sop, lebih enak he he

    Biasanya, kalo kebelet pipis ga lgsg diberesin, ngacir dulu gituh ke toil 😛 Tapi biz itu ya lgsg dirapikan, ga enak kalo berantakan ngeliatnya

    • 24 October 2011 at 09:58

      Yah, memang butuh waktu untuk menyesuaikan diri. :mrgreen:

      Iyap, gak enak kalo melihatnya Mbak… 🙂

  17. 24 October 2011 at 09:43

    nice post mas bro!
    aku kalo abis sholat, terbiasa ngelipet peralatan salat-nya lagi dgn rapi dan meletakkannya di tpt khusus, jadi udah default gitu.. gak ku tinggal di lantai krn ntar keinjek penghuni kamar yg lalu lalang. soalnya waktu masih SMP, dikasih tau mamah: “Non km klo habis salat, dilipet yg rapi ya, trus jangan ditinggal di lantai. nanti mukenah-mu dirambati kecoak…….”

    aku kan takut sama kecoak, hihihi. jadi nasehat itu kupegang s.d sekarang.

    • 24 October 2011 at 09:57

      Oh, kalo saya takut sarung dirambati laba-laba… 😦

      • 24 October 2011 at 11:14

        kalo sempet dirambati laba2 berarti dibiarin dalam waktu lama dong.. selama sarungnya masih dipake terus, aku rasa gak bakal dirambatin laba2.. 😀

        • 25 October 2011 at 10:18

          Huahahahaha cuma bercanda kaleeee 😛

  18. 24 October 2011 at 10:03

    itu namanya psikologi kerapian.. hhehee

    • 25 October 2011 at 10:16

      Bukan psikologi kematian? :mrgreen:

  19. 24 October 2011 at 10:53

    Kalau magrib biasanya alat salat saya geletakin gitu aja, karena waktu isya jg sebentar lagi.
    tp klo abis shubuh baru saya beresin,sekalian beresin tempat tidur 😀

    tergantung mood jg sih, klo lagi males rapi yah biarin aja..hehe
    tp saya suka kerapian.

    • 25 October 2011 at 10:17

      Nah, perihal membereskan tempat tidur, itu juga penting. 😆

  20. 24 October 2011 at 11:41

    ohh gitu yah. lah aku sih rapih gak rapih yo namae solat moso mau ditinggal ae gara gara mukena aku berantakan hahahahaha.
    btw maap yo baru bisa main main kesini. blognya rame buanget mas

    • 25 October 2011 at 10:19

      Aih, saya juga minta maap jarang BW ke blog Inggit lagi… 🙂

  21. 50 jarwadi
    24 October 2011 at 12:19

    sajadah di tempat shalat di rumah kami, hanya sedikit digulung, biar tidak kejatuhan kotoran dari langit-langit, jadi kalau mau shalat tinggal tarik dikit dan kemudian digulung lagi 🙂

    • 25 October 2011 at 10:20

      Digulung ya, bukan dilipat…?

  22. 24 October 2011 at 12:19

    Alhamdulillah…
    Sekarang mah, kalo sejadahnya berantakan, ada yang beresin sop ahaha.. 😆

    • 25 October 2011 at 10:20

      Iya nih yang udah nikah… 😳

  23. 24 October 2011 at 13:10

    kalo sajadah terlipat, nggak pernah tersentuh.. masih rapi di lemari itu gimana ya?

    • 25 October 2011 at 10:21

      Ya gak salat dong. 😦

  24. 56 Darmanto Muat
    24 October 2011 at 13:35

    saya pun tersenyum..

    tetap menginspirasi mas..!!

    salam,

    • 25 October 2011 at 10:23

      Kenapa mbaca ini malah tersenyum? 😕

  25. 58 riez
    24 October 2011 at 13:40

    Alhamdulilah saya tidak lupa cara melipat sarung.

    • 25 October 2011 at 10:24

      Syukurlah 😆

  26. 24 October 2011 at 13:45

    gan…itu cara melipat sajadah sama sarungnya usahakan jgn bagian luar sajadah terlipat ke dalam yak, dikhawatirkan kotor dibagian luarnya, jadi takutnya sholatnya kang asop jd ngga afdol deh…

    • 25 October 2011 at 10:25

      Apakah kalau berdebu saja membuat salat saya tak afdol? ❓

  27. 62 hidausagi
    24 October 2011 at 14:53

    saya emang orangnya gak rapi rapi banget, kalo misal lagi buru buru gitu, saya cuma lipet sekadarnya ato digantungin di gantungin baju gitu..

    tapi si kalo saya pribadi mau berantakan apa gak sholat tetep dong. buat saya sholat bukan kewajiban lagi, tapi kebutuhan. (cieileeeehhhhh..) hehehe ^^v

    • 25 October 2011 at 10:16

      Oh jelas, salat itu kebutuhan. 😳

  28. 24 October 2011 at 14:58

    Setuju, sop….

    walaupun… rasanya… *setidaknya sampai saia menuliskan komen ini* saia tidak terlampau dipengaruhi mood kalo untuk mengerjakan sholat… biasanya mood itu mempengaruhi on-time ato tidaknya sholat kita…
    dan saia sepakat dengan asop.. bahwa kita-lah yang berhak mengontol mood kita.. bukan mood yang mengontrol diri kita.. 😀

    terus terang… sajadah yang diletakkan di lantai… *menurut saia*
    lebih bisa mempengaruhi saia untuk sholat tepat waktu.. karena…sajadah yang terbuka terlentang di lantai seolah-olah memanggil2 kita untuk menunaikan kewajiban kita sebagai seorang hamba-Nya… 😀
    IMHO 😀

    • 25 October 2011 at 10:18

      Nah… kalo bagi saya, sajadah yang tergelar di lantai itu rentan terinjak-injak orang lewat. Itu menurut saya mengganggu sekali. 😐

  29. 24 October 2011 at 15:16

    kebersihan sebagian dari iman

  30. 24 October 2011 at 15:37

    kalau bagi aku… selain harus rapi, alat salat (baru tau aku juga ternyata bakunya “salat” ya), terutama mukena juga harus bersih dan wangi… kemana2 hrs bawa mukena,.. krn klo numpang tempat org dan jika dpt mukena buluk… beuuuh…. salatnya bisa cuma utk menggugurkan kewajiban saja…

    nice post, asop..

    • 25 October 2011 at 10:18

      Ke mall pun harus salat dengan mukena sendiri dong ya. 🙂

  31. 24 October 2011 at 16:54

    Kalau buat aku, aku sih males ngelipet mukena… entar kan dipake lagi juga. Ya nggak sih mas? :p

    • 25 October 2011 at 10:20

      Hahahahaha gini nih yang gak rapi 😛

  32. 24 October 2011 at 17:18

    saya juga masih seperti itu mas,, kadanng langsung tek rapiiin,, namun tak jarang juga kadang main lempar aja… 😀

    • 25 October 2011 at 10:21

      Tapi memang kadang main lempar aja itu nikmat. 😆 *tak bertanggungjawab*

  33. 24 October 2011 at 17:29

    setuju sekali.. kalau berantakan, bikin hati kacau. saya kalau liat apa- apa yang berantakan, pasti emosi tinggi. 😦

    • 25 October 2011 at 10:23

      Bagus, kamu berjiwa asisten rumah tangga. 😆

  34. 24 October 2011 at 17:51

    saya pakai mukena yg sepasang, kadang pake mukena dan bawahan sarung sih, biasanya klo pake dgn sarung ya sarungnya dilipat begitu juga sajadahnya, ya biar rapih. klo mukena biasanya setelah Salat tapi klo yg parasut (biasanya dipake saat bepergian/ pas di kantor) yaa langsung dilipat kembali dan masukkan ke kotaknya lagi 😀

  35. 24 October 2011 at 19:24

    ya emang sih, kalo semua berantakan bawaannya malah males ngapa2in

    • 25 October 2011 at 10:24

      Kecuali kalo soal kasur yang berantakan, tetep pengen tidur, kan? :mrgreen:

  36. 24 October 2011 at 22:15

    saya termasuk org yang ga suka berantakan, n low naro sesuatu harus pd tempatnya. dan setiap sy solat sy selalu merapikan mukena n sajadahnya dan di simpan di lemari simpo.

    • 25 October 2011 at 10:25

      Ini baru luar biasa. 😀

  37. 24 October 2011 at 22:45

    Wew.. keren mas kata-kata terakhirnya.. 🙂
    Kalau saya gak pernah pake sarung buat salat, soalnya tiap hari memang selalu pake celana panjang..
    Soal sajadah, cukup di lipat dan di biarkan di lantai. *kebiasaan.. 😆

    • 25 October 2011 at 10:27

      Sebenernya saya juga sama, Mas, saya lebih suka salat dengan memakai celana panjang… 😀

  38. 25 October 2011 at 00:08

    Hmm..bener bener..betul betul betul…jangan mau dikendalikan oleh mood, tapi kok kadang susah banget yah…
    sama aku juga suka rapi, kemarin hari minggu baru beres2 dan merapikan tempat sholat…setelah bersih bener bener berasa nyaman dan lega..sholat rasanya jadi lebih khusyu’ 🙂

    • 25 October 2011 at 10:28

      Iyap, rapi sama dengan khusyuk. 🙂

  39. 25 October 2011 at 01:53

    hmmm, tergantung sih…
    kalo jarak salatnya berdekatan, saia lebih memilih gbr yg paling bwh….hehehe
    kl jauh, ya sajadahnya dilipat rapi trus mukena digantungkan di balik pintu.
    btw, kl sajadah asop terlipat di kasur, sajadahnya gak beralih fungsi jd selimut kan? 😛

    anw, smga tetap istikamah salat berjamaah ya. 🙂

    • 25 October 2011 at 10:36

      Huahahahaha masa’ jadi selimut? 😆 Gak lah.

  40. 25 October 2011 at 08:29

    setuju Sop sama postinganmu kali ini.. dan dhe juga merasakan hal yang sama.. paling BT itu yaa kalo mukena dhe dipinjem sama sodara dhe terus pas udah shalat dibiarin gitu aja, aaaarrrrrggghh serasa mo ngedamprat tau gk, bikin mood shalat jadi kacau.. tapi untungnya kagak sampe ngedamprat gitu, kan shalat bisa bikin kita jauh lebih sabaaarr.. dhe komen pas udah jam setengah 9 Sop, ayoo shalat duha 🙂

    • 25 October 2011 at 10:36

      Iyaaaaa ayo salat dhuha! 😀

  41. 25 October 2011 at 08:54

    subhanallah kita hidup jangan dikendalikan mood. setuju pisan atuh sop.

    kalau sholatnya baik biasanya hidup kita pun akan baik dan rapih sesuatu nya ya 😀
    mudah-mudahan, insyaAllah.

    • 25 October 2011 at 10:38

      Yah, Kang, itu hanya teori aja sih… hehe… saya sendri juga masih sering dikuasai mood. 🙂

  42. 25 October 2011 at 10:00

    Alhamdulillah sayah juga termasuk yang merapikan peralatan salat. kalo udah selesai salat, biar enak dan semangat salat ^^

    • 25 October 2011 at 10:37

      Syukurlah. 😀

  43. 25 October 2011 at 10:34

    Memang harus berjamaah di masjid…lebih mantap..

    • 27 October 2011 at 14:37

      Betul sekali! 🙂

  44. 25 October 2011 at 11:35

    wah baru tahu kalau bentuk bakunya “salat.” kalau rapi, kita memang jadi semangat ya Sop 🙂

    • 27 October 2011 at 14:41

      Yap, cari saja di KBBI kata sholat, gak bakal ada. Adanya salat.

  45. 25 October 2011 at 11:48

    Setuju2, memang lebih nyaman kalau salat di mesjid atau mushala. tapi kalau terpaksa di rumah, saya biasanya langsung merapikannya. soalnya saya tidak suka sesuatu yang berantakan.

    • 27 October 2011 at 14:49

      Bagus, kita sama.

  46. 25 October 2011 at 12:34

    jadi ‘salat’ ya kang Asop??? agak aneh, tapi oke, aku akan berusaha membiasakannya.

    masalah kerapian, sepertinya relatif ya. rapi menurut satu orang, belum tentu rapi menurut orang lain. kalau di keluargaku, kebiasaan menggulung mukenah dan sajadah menjadi satu, itu sudah dikatakan rapi. tapi ada beberapa teman yang tidak setuju, katanya rapi itu kalo mukenah dan sajadahnya dilipat kotak-kotak, bukan digulung seperti yang aku lakukan biasanya.

    • 27 October 2011 at 14:50

      Well, memang aneh. 🙂

      Masalah kerelatifan, tidak saya bahas di sini.

  47. 25 October 2011 at 13:03

    Memang mood kita sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang dapat menjadi cermin bagi kita semua, salam…bozzz…

    • 27 October 2011 at 14:57

      Cermin harus senantiasa dibersihkan agar bisa digunakan secara jelas.

  48. 25 October 2011 at 13:25

    begitu juga klo mukena dan sajadah baunya wangi 🙂

    • 27 October 2011 at 14:56

      Ngasih pelembut pas dicuci terlalu banyak ya? 😀

  49. 25 October 2011 at 13:42

    Aku lebih suka peralatan salat (sajadah, mukena, Quran) ditaruh di meja. Malah karena sekarang ada keranjang dari bambu, ditaruh di situ deh. Dengan keadaan yg rapi, tentunya. Kecuali kalau mukenanya basah, harus digantung dulu sebelum dilipat, supaya nggak bau.

    • 27 October 2011 at 14:53

      Eh, mukena basah kena apa tuh?

  50. 25 October 2011 at 13:46

    Nyasar ke blog ini dari blognya daeng ipul. Pusing! Pusing karena mau baca dari mana, keren semua tulisannya. *jadi malu*

    Eh tadi mau komentar mengenai sarung dan sajadah yah, kopiahnya mana?

    • 27 October 2011 at 14:52

      Eh eh, jangan puji berlebihan begitu, nanti saya jadi sombong…

      Kopiah? Saya nggak pakai kopiah. Maap. 😳

  51. 25 October 2011 at 14:01

    saya gambar ke4 :d

    • 27 October 2011 at 14:39

      Sudah saya duga.

  52. 110 Abed Saragih
    25 October 2011 at 14:22

    Wah…jadi mau ibdah nih..

    gan tukran link yuk.

    • 27 October 2011 at 14:41

      Eh, kita belum tukeran link ya? Ayo ayo kita tukeran link. 🙂

  53. 25 October 2011 at 16:40

    Kalo saya biasanya sih, sajadah dan mukenah terlipat rapi dan di simpan di tempat yang baik dan benar serta wangi ^_________^

    • 27 October 2011 at 14:49

      Hebaaaaat memang pria dan wanita itu dasarnya beda ya…

  54. 25 October 2011 at 16:58

    loh mas, sholat dong yg bener , kan huruf arabnya begitu kalo dijadiin indonesia…kalo salat yah gak pas ma arabnya..iya kan
    #dilempar duit ma kang asop

    alhamdulillah shalat walaupun berantakan,,hehehe

    • 27 October 2011 at 14:51

      Yah, terserah deh, arab ya arab, Indonesia ya Indonesia dong.

  55. 25 October 2011 at 19:17

    Wah bener ya… sajadah kalo berantakan / jelek kadang mbikin malas.
    setuju sekali

    • 27 October 2011 at 14:53

      Tosssss!

  56. 25 October 2011 at 20:16

    Faktor kebersihan juga memengaruhi kayaknya. 😀

    Benar, kalo hidup dikendalikan mood hal apa pun mungkin gak akan pernah terlaksana dengan baik.

    • 27 October 2011 at 14:56

      Kebersihan apa? Lantai? Badan kita? Atau rumah secara keseluruhan?

  57. 25 October 2011 at 23:10

    beuh! rajin euy! bagus bagus *usap usap pake sapu* :mrgreen:

    • 27 October 2011 at 14:55

      Beuh dimana-mana yang namanya ngusap-usap itu ya pake tangan.

  58. 26 October 2011 at 01:55

    Setujuuu pisaan..
    Pinter nya adekku nih..
    Toss ahh..!!

    Mencerminkan kepribadiannya..
    dengan melipat sarung dan sajadah..

  59. 26 October 2011 at 03:38

    tuh punyaku menggantung di kasur tingkatku, sajadah sama sarung, hehe

    btw, sajadahmu bagus yaaa

  60. 26 October 2011 at 05:26

    Beberapa teman saya justru lebih nyaman kalau kamarnya berantakan, malah lebih fokus ketika garap2 kerjaan di kamar. Bagi saya lumayan unik, karena saya justru lebih nyaman bekerja di tempat yg rapi. Yah, itulah perbedaan, hehe….

    Mood itu ada padanannya dlm bahasa Indonesia nggak, ya?

  61. 26 October 2011 at 08:11

    Alhamdulillah, saya termasuk orang yg suka merapihkan alat salat selepas dipake 😀
    tapi bener sih, emang kalo udah dirapihkan tuh rasanya lebih nyaman..

  62. 26 October 2011 at 09:01

    Kalau saya sih melipat semua dan disampirkan di kursi.

  63. 26 October 2011 at 09:06

    waah bagus itu…salam kenal yaaa

  64. 26 October 2011 at 09:21

    setelah sholat semuanya dirapikan, dan ditaruh di rak khusus sajadah, sarung & mukena….
    paling2…emaknya yg ngrapiin py anak2…hehehe

  65. 26 October 2011 at 12:48

    Kalau tiap selesai salat (mengikuti kata-kata Asop), saya melipat sajadah dan mukena, kemudian menngantungnya di gantungan baju. Saya kurang suka membiarkan sajadah terbentang di lantai.

    • 27 October 2011 at 15:22

      Hiks… saya juga inginnya nggantung sarung. Tapi nanti jadi sarang nyamuk. 😦

  66. 26 October 2011 at 13:06

    Assalamualaikum,
    Ngaruh bener. Kebersihan kan bagian dari iman. Ngaku Islam tapi gak bersih, rapi itu ironi sekali ya.
    Terima kasih postingannya/ 🙂

    • 27 October 2011 at 15:23

      Wa’alaikumsalam. 🙂

  67. 26 October 2011 at 14:35

    klo cuma dilipat doank tp gk digunain percuma aja ya kyknya 😀

    • 27 October 2011 at 15:12

      Jangan-jangan Mbak Ayda gitu ya… hehe..

  68. 26 October 2011 at 14:35

    Ha ha ha … kreatif benar bahan tulisannya 😀
    Top deh …

    • 27 October 2011 at 15:08

      Namanya juga Asop. 😉

  69. 26 October 2011 at 14:43

    Maap, ada “hahaha”-nya di atas …
    Bukan bermaksud menertawai isinya yah bukan .. saya angkat jempol buat isinya, kreatif.
    Yang saya geli ituk membayangkan Asop foto2 aneka pose sarung dan sajadah … wah pasti saat itu sibuk banget kesannya. Gak ada yang liat dan komentar? 😀

    • 27 October 2011 at 15:10

      Gak apa2, Mbak, toh kita semua manusia ini pantas ditertawakan. Mbak juga pantas ditertawakan. 😆

      Bagi saya, inilah bukti keseriusan saya dalam ngeblog. Saya ngeblog gak setengah-setengah. Bagi saya, posting-an akan tampak lebih baik jika dilengkapi dengan gambar atau foto. Apalagi kalo fotonya hasil jepretan sendiri. Alangkah membanggakan.

      • 27 October 2011 at 22:33

        Sip 🙂
        Memang di situlah profesionalnya seorang blogger.
        Saya seringkali luput utk hal2 seperti itu. Kemarin saya buat tulisan ttg pengurusan KTP elektronik yang prosesnya sangat menggemaskan tapi saya hanya sempat jepret satu kali (pake kamera HP sederhana) sayangnya waktu masuk ke ruangan tempat orang difoto, saya lupa jepret. Sampai di rumah baru tepok jidat deh … 🙂

        • 28 October 2011 at 17:23

          Hehehe, yang lalu biarlah berlalu. 😉

  70. 26 October 2011 at 15:55

    aku gak pernah sholat dg sajadah 🙂

    • 27 October 2011 at 15:08

      Nah itu dia Mas, saya pernah berpikir begini. Kita ini kan makhluk yang diciptakan dari tanah. Pada akhirnya kita juga nanti akan kembali menjadi tanah juga. Jadi, saya berpikir, untuk apa salat pakai sajadah, toh kita nanti mati akan kembali ke tanah juga. Saya salat untuk mencium tanah yang saya pijak, tanpa alas yang menghalanginya. 🙂

      Kayak gitu bener gak ya? 😀

  71. 26 October 2011 at 16:15

    heeemmm… rapi banget tuch kamarnya… itu kamar kos apa hotel sich ? hehehehe 😆

    • 27 October 2011 at 15:05

      Kamar kontrakan, paviliun saya.

      • 27 October 2011 at 22:39

        Kalo udah nikah nanti istrinya Asop gak susah karena Asopnya sudah senang dengan kerapian. Biasanya cowok2 apalagi yang ngekos, susahnya minta ampun utk rapi.
        Eits .. gak boleh sombong sudah dipuji 😀

        • 28 October 2011 at 17:22

          Makanya jangan puji saya, nanti saya sombong. 😆

  72. 26 October 2011 at 16:53

    Rapi itu indah di pandang mata 🙂
    dan sangat setuju dengan kata2 terakhirnya kang asop.

    • 27 October 2011 at 15:04

      Nah, tapi saya kadang masih dikuasai oleh mood.

  73. 26 October 2011 at 17:32

    kalau sarung sama sajadahku dilipat rapih
    soalnya nenekku suka marah-marah kalo ga rapih
    hehehehehe

    • 27 October 2011 at 15:03

      Syukurlah ada yang mengingatkan.

  74. 26 October 2011 at 17:34

    rumah saya mungil Sop, jadi sajadah dkknya pasti dilipat lagi kalau sudah selesai, kecuali punya anak yang kalau pulang dari masjid, dionggokkan di kursi.
    # saya tetap dengan tulisan sholat ya Sop :D.

    • 27 October 2011 at 15:02

      Hmmmmm terserah sih kalo mau tetap pakai sholat. Saya hanya memberi tahu yang baku.

  75. 26 October 2011 at 22:53

    Wow pengunjung blognya banyak benar. Yang pada komen juga banyak … apa tiips/triknya? Bagi dong … 🙂

    • 27 October 2011 at 15:34

      Ini adalah hasil kerja keras saya blogwalking selama ini, Mbak.

      • 27 October 2011 at 22:41

        Iya yah .. saya kurang kalo blog walking karena ribet nih dengan 3 anak, tanpa asisten rumah tangga. Mana saya sukanya berburu lomba2 menulis, jdi buka internet jarang blog walking. Ke sini ini termasuk blog walking tersering ^_^

        • 28 October 2011 at 17:19

          Wah iya, Mbak sampe borong komentar di sini. 😆

  76. 27 October 2011 at 10:31

    klo sya seumpama sholatnya agak “molor” biasanya sarung+sajadah diletakkan begitu aja 😀
    tapi tetap dirapihkan lho 😀

    • 27 October 2011 at 15:30

      Ooooh karena waktu mulai salat selanjutnya udah sebentar lagi ya, jadi nanggung kalo diberesin, gitu?

  77. 27 October 2011 at 11:45

    Wah benar banget tuh. Nice post, entar aku praktekin.

  78. 27 October 2011 at 12:07

    kalau saya lebih suka sajadahnya sudah terbentang rapi..
    kesannya selalu menantang kita untuk salat..
    😀
    salam kenal…

    • 27 October 2011 at 15:16

      Heeeeee…. 😯 Bener juga sih… 😀

  79. 27 October 2011 at 13:08

    klo saya pribadi udah terbiasa merapikan keduanya sih
    jadi setiap mau solat udah siap tinggal di pake tanpa harus dirapikan terlebih dahulu

    • 27 October 2011 at 15:03

      Hebat, mandiri!

  80. 27 October 2011 at 22:43

    Bagaimana, setujukah narablog sekalian dengan posting-an ini?
    SETUJUH BANGET! rapi itu nikmat rasanya …

  81. 28 October 2011 at 05:17

    iyah benar sop. solat di mesjid itu pahalanya lebih besar. mendingan solat di mesjid ajah

    • 28 October 2011 at 17:14

      Juga lebih bisa khusyuk. 🙂

  82. 28 October 2011 at 09:29

    Yup bener sekali, kita harus dapat mengendalikan mood, bukan kita yang harus kalah dan terkendalikan oleh mood. Apapun masalahnya,, mood harus tetap kita jaga.
    Kadang tak hanya peralatan sholat, kalau saya sedang malas (dikendalikan oleh mood), apapun bisa berantakan termasuk kamar juga. Karena tempat sholatnya tak di dalam kamar, jadi di Mushola dan kamar sama2 berantakannya. Heeemmm… klo dah kayak gitu,, males mau ngapa-ngapain dan hanya pingin berbaring di tempat tidur (tapi kalau sholatnya g’ boleh lupa dunk…..) Hehehe.

    • 28 October 2011 at 17:22

      Salat sih jangan sampe malas! 🙂

  83. 28 October 2011 at 10:15

    baru tau bahasa bakunya hahahhaa

    • 28 October 2011 at 17:18

      Sekarang udah tahu kan? Ayoooo segera berpindah kebiasaan! 🙂

  84. 28 October 2011 at 13:37

    Blognya yang ini dah saya follow yah di link:
    http://www.blogger.com/profile/03437135876993156411

    Happy blogging 😀

    • 28 October 2011 at 17:13

      Oooh, itu sih hanya sekadar follow, bukan “tukar link” seperti yang biasa saya lakukan. 😀

      Kalo follow mem-follow, saya juga udah mem-follow Mbak, silakan lihat di blog saya yang blogspot, asopusitemus.blogspot.com. 🙂

  85. 29 October 2011 at 18:39

    mukenah di gantung, karna biasanya agak lembab karna air wudhu atau basah karena keringet (kalo cuaca panas), sarung dilipat seadanya di atas sejadah trus di gulung kayak dadar gulung xixixixi….

    • 31 October 2011 at 21:50

      Oh, boleh juga tuh digulung, sama rapinya, kok.

  86. 30 October 2011 at 09:06

    baru tahu tulsan yg bener itu salat.

  87. 30 October 2011 at 17:58

    wah betul juga yaaa.. harusnya kita yang mengendalikan mood!! *baru nyadar*

    • 31 October 2011 at 21:52

      #Facepalm

  88. 2 November 2011 at 08:32

    Mood itu apa ya kakak..

    #kabur

    • 2 November 2011 at 23:05

      #Ketangkap

  89. 2 November 2011 at 17:26

    yg sarungnya ga terlipat itu pasti gara2 males ngelipet atau lg buru2..hehe
    gw jg klo lg buru2 kadang suka ga ngelipet mukena *eh ketauan deh :p tp klo ga buru2 mah mukena dan sajadah terlipat dgn rapi di pinggir ranjang :mrgreen:

    • 2 November 2011 at 23:03

      Ini baru anak cewek.

  90. 2 November 2011 at 20:27

    perlengkapan solatku (kayak seserahan kawinan aja ‘perlengakapan solat, eh, salat’ hehe) selalu terlipat, walau nggak begitu rapih, diatas kursi semacam stool dari plastik. Jadi gimanapun setelah dipake harus dilipat cukup kecil, hingga bentuk segiempat, jadi kelihatannya rapih walau sebenarnya nggak rapih2 amat. tapi gak ngaruh juga sih sama mood shalat. paling cuman sarung yang udah bau apek aja yang bikin rada gimana gitu… wekekek 😀

    • 2 November 2011 at 23:00

      Oh iya, bau sarung apek itu gak enak!

  91. 3 November 2011 at 09:25

    sarung … hehe

    • 3 November 2011 at 09:57

      Cuma gini doang?

  92. 3 November 2011 at 15:58

    hemm… menjaga kerapihan peralatan shalat meningkatkan kualitas shalatnya, itu penting

  93. 3 November 2011 at 15:58

    hemm… menjaga kerapihan peralatan shalat dan meningkatkan kualitas shalatnya, itu penting

    • 5 November 2011 at 21:36

      Betul. 😀 😀 😀

  94. 10 November 2011 at 20:22

    kerapihan meja kerja bikin semangat kerja,
    kerapihan tempat tidur bikin semangat buat tidur (biar gak begadang) 😀
    kerapihan peralatan shalat bikin semangat

    Setali tiga uang nih sop… satu tema tiga postingan hehehe..

    Postingan nya juga bikin semangat dan semoga menularkan hal2 positif buat semua, amiiiiiiin….. 😀

    • 15 November 2011 at 08:30

      Waaaah senangnya saya, ada yang mengapresiasi posting-an saya seperti Mbak. 😳

  95. 27 November 2011 at 09:40

    saya tergantung waktunya. kalo dari Dzuhur sampe Isya, saya lipat aja mukena sama sajadahnya, trus geletakin di lantai. Ntar kalo habis subuhan, atau kalo ada sodara datang (terutama anak kecil yg sukanya lari2an) baru lipat di tempat tidur. :mrgreen:
    tapi kalo saya lagi jaga rumah sendiri seharian penuh saya malah pake metode gambar terakhir (klo ketahuan ortu saya biasanya dimarahi slma 10 menit :oops:)

    • 1 December 2011 at 09:40

      Wuiiiih, kamu memang penuh perhitungan. :mrgreen:


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: